Bantuan
Free Tele x

Apa itu diet GM? Manfaat, Menu, Cara dan Tips

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 19 Jul 2022

Bagikan

Apa itu diet GM? Manfaat, Menu, Cara dan Tips

Diet GM adalah singkatan dari diet General Motors yang bertujuan untuk menurunkan berat badan secara drastis (4-17 kg) dalam satu minggu. Diet ini berfokus pada makanan atau kelompok makanan tertentu. Diet GM diklaim dapat mempengaruhi penurunan berat badan dengan membakar kalori tanpa mempengaruhi suasana hati atau tingkat energi.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan diet GM secara lebih rinci, termasuk manfaat, cara, menu dan tips melakukan program diet GM.

Manfaat Diet GM

Bagi anda yang melakukan program rencana diet GM (General Motors) tentu anda akan mendapatkan beberapa manfaat bagi tubuh anda, berikut ini adalah beberapa manfaat diet GM, meliputi: 

  • Detoksifikasi – Buah dan sayuran merupakan makanan kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu membuang racun di tubuh.

  • Meningkatkan Kesehatan – Sayuran dan buah-buahan juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi sel.

  • Mencegah Obesitas – Diet GM ini diharuskan untuk mengurangi gula dan makanan manis sehingga dapat membantu mencegah penambahan berat badan (obesitas).

Baca juga: Diet Keto: Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Menu Diet GM 7 Hari

Diet GM adalah rencana diet penurunan berat badan tujuh hari. Ini melibatkan makan makanan tertentu pada hari-hari tertentu, memotong banyak kelompok makanan dan minuman, dan minum sesuatu yang disebut "GM Wonder Soup" ketika Anda lapar. Asal-usul diet (dan hubungan apapun dengan perusahaan otomotif) tidak diketahui.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Anda Sedang Diet

Hari 1 

Pada hari pertama makan buah saja dan minum 8 hingga 12 gelas air di siang hari. Anda dapat makan buah apapun kecuali pisang dan mangga. Makan buah sebanyak yang Anda suka seperti buah beri, semangka, dan melon direkomendasikan di hari pertama.

Hari 2

Mengkonsumsi sayuran saja, baik itu sayuran mentah atau dimasak, tetapi disarankan untuk tidak menggoreng sayuran. Gunakan minyak zaitun untuk tambahan pada mangkok menu makan Anda dan minumlah 8 sampai 12 gelas air. Anda juga dapat mengonsumsi sedikit kentang untuk makan pagi Anda.

Hari 3

Anda diperbolehkan untuk makan buah dan sayuran apa saja, kecuali pisang dan kentang.

Hari 4

Anda hanya diperbolehkan untuk makan pisang dan susu. Makan hingga 6 pisang besar atau 8 pisang kecil, dan minum tiga gelas susu. Sebaiknya susu yang diminum adalah susu skim.

Hari 5

Di hari ke-5 Anda dapat makan porsi daging sapi, ayam, atau ikan. Selain daging, Anda dapat mengonsumsi hingga enam tomat utuh dan sup.

Hari 6

Anda dapat mengkonsumsi daging, sapi, ayam, atau ikan, ditambah sayuran tanpa batas (tanpa kentang, ubi jalar, jagung, atau kacang polong). Jaga diri Anda tetap terhidrasi dengan air dan/atau jus buah yang disaring (tanpa gula atau pemanis).

Hari 7

Hanya nasi merah, buah, jus buah, dan sayuran. Minum 8 buah gelas air mineral dan 4 gelas jus buah di hari ke-7.

Baca juga: Mengetahui Fakta Mengenai Diet Air Putih yang Saat Ini Sedang Tren

Cara Mempersiapkan Diet dan Tips GM

Pemilihan makanan yang Anda makan dalam Diet GM tidak selalu buruk (semuanya adalah makanan sehat dengan sendirinya). Program diet ini dapat menyebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur jika Anda mengikuti diet lebih lama dari tujuh hari yang dimaksudkan.

Hal menarik dari diet GM adalah tidak menentukan batasan kalori atau batasan kuantitas makanan. Anda bebas makan sebanyak yang Anda mau sesuai dengan menu yang telah disiapkan. Anda mungkin tidak memiliki masalah dengan itu pada program diet GM, karena semua makanan yang diizinkan relatif rendah kalori. Sehingga sebenarnya, Anda dapat memakan lebih banyak makanan tetapi mengkonsumsi lebih sedikit kalori.

Ketika Anda merasa lapar di antara waktu makan, Diet GM mendorong Anda untuk makan “GM Wonder Soup”, yang terbuat dari seledri, tomat, bawang bombay, paprika, dan kubis. Pada setiap hari di mana asupan protein diperlukan, vegetarian dapat mengganti nasi merah atau keju cottage sebagai pengganti ayam, daging sapi, atau ikan. 

Kurangnya penelitian mengenai diet GM membuat para ahli kurang merekomendasikan jenis diet ini. Banyak yang berpikir diet GM dapat menurunkan berat badan secara cepat dan menjadikan solusi jangka panjang. Sayangnya, menurunkan berat badan secara cepat dirasa tidak mungkin untuk menyelesaikan masalah jangka panjang, dan berisiko terjadinya diet yoyo. Maka dari itu, konsultasikan pilihan diet Anda dengan dokter Anda.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Olahraga di Rumah yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi
  1. Healthline. The GM Diet Plan: Lose Fat in Just 7 Days?. Diakses 2022.
  2. Medical news today. 2019. Can you lose weight with the 7-day GM diet?. Diakses 2022.
  3. Verywell fit. 2021. What Is the GM Diet?. Diakses 2022.
  4. Stylecraze. 2022. GM Diet – 7 Day Diet Chart, Foods List, Benefits & Risks. Diakses 2022.
Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang