Bantuan
Free Tele x

Apa itu Anoreksia dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Jul 2022

Bagikan

Apa itu Anoreksia dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Anoreksia adalah penyakit gangguan makan yang biasa terjadi pada wanita, penderita ini beranggapan bahwa kulit dan daging tubuhnya memiliki gumpalan lemak yang harus dilenyapkan. Penderita anoreksia sering kali mengalami penurunan tekanan darah, napas melemah, pada wanita dewasa menstruasi akan terhenti, sedangkan pada anak perempuan yang beranjak dewasa mungkin tidak akan mulai mengalami menstruasi sama sekali atau menstruasi menjadi terganggu, kelenjar tiroid yang mengatur pertumbuhan berangsur angsur akan menghilang.

 

Penderita akan mengalami kulit menjadi kering, rambut, dan kuku menjadi rapuh dan mudah patah. Penderita seharusnya segera ditangani, karena jika sudah berlarut-larut akan lebih sulit untuk sembuh dengan segera. Anoreksia memang cukup sulit untuk dipulihkan, apalagi jika sudah terjadi dalam jangka waktu yang sudah cukup lama. Maka dari itu, sebelum terlambat lakukan pencegahan terjadinya anoreksia. Banyak penderita anoreksia yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi tubuh yang sangat menyedihkan layaknya hanya tulang yang dibalut dengan kulit, namun tetap saja merasa gemuk.

Baca juga: Mengetahui Fakta Mengenai Diet Air Putih yang Saat Ini Sedang Tren

 

Penanganan Bagi Penderita Anoreksia

Dalam menangani permasalahan penyakit anoreksia, pekerja sosial harus memahami kondisi pasien seperti, keadaan biologis, hubungan antara lingkungan keluarga maupun lingkungan sosialnya. Melibatkan penerimaan dari lingkungan merupakan langkah awal penyembuhan kelainan anoreksia. Kebanyakan dari penderita anoreksia selalu berpegang teguh dalam penyangkalan dan menolak untuk ditolong. Langkah lain sebagai penanganan penderita anoreksia adalah dengan melakukan, sebagai berikut ini:

  • Melakukan psikoterapi pada penderita anoreksia, keluarga yang bersangkutan maupun lingkungan tempat penderita berasal.

  • Diet makan yang sehat dan tidak berlebihan.

  • Terapi nutrisi, saat melakukan terapi nutrisi harap diperhatikan dalam 3 aspek yaitu, asupan kalori, zat gizi makro, dan zat gizi mikro.

 

Pencegahan Anoreksia

beberapa saran pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi gangguan makan atau anoreksia yang terjadi khususnya pada remaja wanita, antara lain:

  • Tingkatkan rasa percaya dalam diri. Seseorang yang memiliki percaya diri tinggi akan menerima semua hal yang ada pada diri mereka dengan baik, baik itu dari segi penampilan maupun postur tubuh.

  • Berpikir realistis. Jangan mudah percaya pada apa yang digambarkan media mengenai bentuk dan berat badan ideal karena dapat menurunkan rasa percaya diri. Setiap orang memiliki tinggi dan bentuk yang berbeda sehingga berat badan ideal seseorang juga akan berbeda.

  • Tingkatkan dinamika lingkungan. Usahakan tetap menjalin komunikasi dengan baik di antara keluarga dan teman. Apabila mengalami suatu masalah segera ceritakan kepada orang terdekat.

  • Rajin berkonsultasi pada dokter dan ahli gizi.

 

Cara Menurunkan Berat Badan

Diet adalah salah satu kiat yang banyak dilakukan para wanita remaja hingga dewasa untuk menurunkan berat badan. Ada berbagai cara diet ampuh yang ditawarkan saat ini seperti diet rendah karbohidrat, diet vegan, diet ketogenik, intermittent fasting, dan cara diet lainnya.

Diet harus dilakukan dengan memperhatikan kondisi tubuh dan didampingi oleh profesional seperti ahli gizi. Diet yang berhasil dilakukan oleh satu individu tidak bisa untuk diterapkan pada individu lainnya karena masing-masing individu memiliki bentuk badan dan kebutuhan harian yang berbeda. 

Lalu, cara diet manakah yang aman dan sehat dilakukan untuk menurunkan berat badan serta terhindar dari anoreksia?

Baca juga: Bantu Menurunkan Berat Badan, Ini Rekomendasi Menu Diet Sehat untuk Anda

 

Program Diet Sehat dan Ampuh

Beberapa cara untuk menurunkan banyak kini sudah banyak, namun sangat penting jika program diet yang Anda jalankan diikuti dengan olahraga dan juga harus konsisten dalam menjalankannya. Hindari pemikiran bahwa badan yang kurus adalah badan ideal karena setiap individu akan memiliki berat badan ideal yang berbeda.

 

Program diet yang sehat dan baik adalah dengan menerapkan pengurangan asupan kalori setelah menghitung kebutuhan harian tubuh. Atur porsi makan Anda mengikuti panduan gizi seimbang. Hal ini menerangkan bahwa diet tidak harus menghindari segala jenis makanan, sebab tubuh kita perlu semua jenis zat gizi hanya saja diatur sesuai dengan aturan gizi seimbang.

 

Berikut ini adalah anjuran yang dapat Anda gunakan sebagai program diet sehat dan ampuh, diantaranya:

  • Pilih protein rendah lemak misalnya, ikan, daging putih, telur, dan susu rendah lemak.

  • Mengganti kebutuhan karbohidrat, misalnya dengan bahan pangan lain seperti singkong, ubi, atau beras merah yang mengandung serat. 

  • Memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

  • Mengonsumsi camilan rendah kalori seperti, buah potong atau jus.

  • Membatasi konsumsi makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak agar berat badan tidak melonjak.

  • Olahraga rutin.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Ika. 2022. Ahli Gizi UGM Paparkan Cara Diet Aman dan Sehat. Diakses dari https://www.ugm.ac.id/id/berita/22165-ahli-gizi-ugm-paparkan-cara-diet-aman-dan-sehat.

Rifsyina, N & Briawan, D. 2015. Pengetahuan, Persepsi, Dan Penerapan Diet Penurunan Berat Badan Pada Mahasiswa Gizi Putra. Jurnal Gizi Pangan. 10(2), 109-116.

Bagikan artikel ini