Bantuan
Free Tele x

Bantu Menurunkan Berat Badan, Ini Rekomendasi Menu Diet Sehat untuk Anda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Feb 2022

Bagikan

Menu Diet

Mulai mengonsumsi menu diet sehat, tentu akan memengaruhi berat badan Anda. Diet menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, tentu saja sebelum Anda melakukan diet, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis makanan yang akan Anda konsumsi. Tentu saja, berbeda jenis diet maka akan berbeda juga makanan yang akan dikonsumsi. Untuk Anda pemula yang mana ingin menurunkan berat badan maka menu diet sehat di bawah ini bisa Anda coba: Menu diet sehat ini menyajikan 1200 sampai 1500 kalori per harinya. Namun, Anda juga dapat mengurangi jumlah kalori tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda khawatir akan merasa lapar karena diet maka dengan menu diet sehat ini Anda tidak perlu khawatir. Hal ini karena menu diet ini telah disesuaikan atau diatur agar kaya akan gizi, jadi Anda akan tetap merasa kenyang. 

  1. Senin

Untuk sarapan Anda dapat mengonsumsi seperempat cup buah rasberi, satu cup yoghurt, dan tiga sdm kacang kenari. Dilanjutkan untuk camilan Anda dapat mengonsumsi 1 buah jeruk. Kemudian, makan siang dengan satu porsi salad sayur yang dicampur dengan kacang-kacangan. Selanjutnya camilan dengan 1 buah apel dan dua sdm selai kacang. Lalu, untuk makan malam dengan satu porsi ikan fillet panggang dan tidak lupa sayuran.

  1. Selasa

Untuk sarapan Anda dapat mengonsumsi satu porsi sayur bayam smoothies pisang, dan selai kacang. Dilanjutkan untuk camilan Anda dapat mengonsumsi seperempat cangkir kacang almond kering namun tanpa garam. Kemudian, menu diet sehat untuk makan siang dengan salad sayur. Selanjutnya, camilan dengan jamur enoki atau jika Anda tidak suka jamur maka ganti dengan paprika panggang. Lalu, untuk makan malam dengan satu porsi sup sayur, jus jeruk, dan setengah iris saja buah alpukat.

  1. Rabu

Untuk sarapan Anda dapat mengonsumsi satu cup yoghurt plain, seperempat cup buah rasberi, dan tiga sdm kacang kenari. Dilanjutkan untuk camilan Anda dapat mengonsumsi seperempat cangkir kacang almond kering namun tanpa garam. Kemudian, makan siang dengan salad sayur. Selanjutnya camilan dengan satu buah jeruk yang ukurannya sedang. Lalu, untuk makan malam dengan satu porsi sayur sup, setengah iris buah alpukat, juga jus jeruk.

  1. Kamis

Untuk sarapan menu diet sehat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi dua butir telur, satu potong roti gandum, dan setengah iris alpukat. Dilanjutkan untuk camilan Anda dapat mengonsumsi satu buah pir. Kemudian, makan siang dengan sayur bayam 40gr, ayam fillet 100gr, buncis panggang, dan wortel. Selanjutnya camilan dengan kacang tanah kering tanpa garam sebanyak seperempat cangkir. Lalu, untuk makan malam dengan brokoli rebus dan 12gr ikan fillet panggang.

  1. Jumat

Untuk sarapan Anda dapat mengonsumsi satu cangkir oatmeal, susu almond, dan satu iris apel. Dilanjutkan untuk camilan Anda dapat mengonsumsi satu buah apel. Kemudian, makan siang dengan salmon panggang dan sushi roll. Selanjutnya camilan dengan satu gelas jus jeruk tanpa gula. Lalu, untuk makan malam dengan daging salmon panggang tanpa lemak dan ubi rebus 60gr.

  1. Sabtu

Untuk sarapan Anda dapat mengonsumsi dua sdm selai kacang, smoothies buah berry, dan granola. Dilanjutkan untuk camilan Anda dapat mengonsumsi satu buah apel sedang. Kemudian, makan siang dengan tumis ayam dengan kacang polong dan wortel, serta kentang rebus. Selanjutnya, menu diet sehat untuk camilan dengan mentimun dan hummus. Lalu, untuk makan malam dengan keju parut dan jagung rebus.

  1. Minggu 

Untuk sarapan Anda dapat mengonsumsi satu cangkir oatmeal dengan susu almond. Dilanjutkan untuk camilan Anda dapat mengonsumsi seperempat cangkir kacang almond kering tanpa garam. Kemudian, makan siang dengan daging ikan tuna bakar 140gr, juga irisan apel hijau. Selanjutnya, camilan dengan satu apel hijau. Lalu, untuk makan malam dengan brokoli rebus dan fillet dada ayam.

Menu diet sehat ini juga tentunya harus dibarengi dengan olahraga yang teratur agar hasil yang Anda inginkan dapat lebih maksimal.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Pilihan Makanan Tinggi Serat Untuk Anda yang Sedang Diet

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Eating well

Cnn Indonesia

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami