Bantuan
Free Tele x

Anak Kecanduan Gadget? Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Oct 2021

Bagikan

Anak Kecanduan Gadget? Ini Cara Mengatasinya

Kecanduan gadget yang terjadi pada anak tidak hanya dapat mengganggu quality time bersama keluarga, akan tetapi juga dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam gangguan terhadap kesehatannya. Dampak negatif dari kecanduan gadget pada anak ini akan semakin parah apabila terus dibiarkan dan berlangsung dalam jangka panjang.

Sebagai orang tua tentu Anda tidak ingin hal buruk terjadi pada anak bukan? Untuk itu, mengatasi kecanduan gadget sedini mungkin merupakan upaya terbaik yang dapat Anda lakukan. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa tanda anak mengalami kecanduan gadget berikut ini. 

Tanda anak mengalami kecanduan gadget

Gadget saat ini telah menjadi salah satu perangkat penting yang dapat memudahkan segala aktivitas kita, serta mendatangkan banyak manfaat lainnya. Meskipun begitu, apabila seorang anak telah ketergantungan terhadap penggunaan gadget, hal ini akan sangat membahayakan kesehatan. 

Tanda yang paling umum dan bisa Anda amati dari kondisi kecanduan gadget pada seorang anak adalah bagaimana anak tidak dapat terlepas dari gadget sepanjang waktu. Dalam hal ini, Anda mungkin akan menjumpai anak berada di depan layar gadget seharian, mulai dari bangun tidur, saat makan, hingga akan tidur lagi. 

Adapun tanda-tanda anak kecanduan gadget pada anak lainnya adalah sebagai berikut. 

  • Kerap lupa waktu karena keasyikan bermain gadget

  • Selalu menunjukkan perilaku gelisah saat tidak bermain gadget

  • Durasi bermain gadget terus bertambah, sedangkan durasi aktivitas tanpa gadget semakin berkurang

  • Anak tidak tertarik lagi dengan dunia luar

  • Rela berbohong demi menggunakan gadget

  • Menggunakan gadget sebagai alat untuk melampiaskan perasaan

  • Tidak memedulikan konsekuensi dari penggunaan gadget secara berlebihan

Mengatasi kecanduan gadget

Setelah mengetahui berbagai tanda kecanduan gadget pada anak, selanjutnya Anda perlu memahami bagaimana cara mengatasi kecanduan gadget ini, terutama ketika anak Anda memiliki tanda-tanda sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Dalam hal ini, sebagai orang tua, beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut. 

  1. Alihkan perhatian sang anak

Cara mengatasi anak yang kecanduan gadget pertama, yaitu mengalihkan perhatian sang anak. Biasanya anak kecanduan gadget karena sang anak tidak memiliki hal lain yang harus dilakukan. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua perlu mengalihkan perhatian anak  dari layar gadget. Salah satu contoh yang bisa Anda lakukan yaitu bermain bersama anak atau mengajaknya untuk melakukan hal menyenangkan lainnya. 

  1. Berikan contoh yang baik

Salah satu cara mengatasi kecanduan anak yang paling penting, yaitu memberikan contoh yang baik pada anak karena pada dasarnya anak meniru perilaku yang dilakukan oleh orang tuanya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan penggunaan gadget di depan anak. Usahakan Anda tidak terlalu sering menggunakan gadget pada saat berada di depan anak. 

  1. Beri batasan penggunaan gadget

Memberikan batasan menggunakan gadget juga bisa Anda terapkan untuk mengatasi kecanduan gadget yang dialami anak. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan batasan fitur apa saja yang boleh dan tidak boleh diakses oleh anak. Selain itu, Anda juga bisa memberikan batasan waktu pada anak untuk menggunakan gadget. Tujuan memberikan batasan ini, yaitu untuk mengurangi aktivitas anak yang terlalu sering pada gadget

  1. Menghabiskan waktu bersama anak

Mungkin salah satu penyebab anak menjadi kecanduan gadget karena orang tua tidak memiliki waktu bersama anak. Oleh karena itu, anak sering kali bermain gadget untuk menghabiskan waktunya setiap hari. Jadi, Anda sebagai orang tua harus bisa lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak. Ajaklah anak untuk bisa bercengkrama dengan orang tua, mulai dari bercerita mengenai apa yang telah dilakukan anak ataupun membahas hal lainnya. 

  1. Meminta bantuan dokter 

Apabila cara-cara di atas kurang berhasil dalam mengatasi kondisi kecanduan gadget pada anak Anda, maka Anda bisa mengonsultasikan permasalah tersebut dengan dokter, terutama dokter anak. Dalam hal ini, anak Anda akan mendapatkan penanganan dan solusi yang paling tepat dalam menangani kecanduan tersebut. 

Demikianlah penjelasan mengenai tanda kecanduan gadget pada anak serta beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasinya. Jangan sepelekan kondisi kecanduan gadget ini karena akan mempengaruhi kesehatan anak Anda, baik secara fisik maupun psikis. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bahaya Gadget bagi Kesehatan Mata

 

Sumber:

Buchner, Jill. 2020. 9 signs of screen addiction in kids.

Weiss, Jacqueline. 2020. 5 Warning Signs of Screen Addiction. 

Mrunal, 2018. 10 Very Important Things Parents MUST Do To Prevent Gadget Addiction in Kids!.

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami