Bantuan
Free Tele x

Alasan Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan dan Cara Yang Tepat Melakukannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Jul 2021

Bagikan

Alasan Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan dan Cara Yang Tepat Melakukannya

Tahukah Anda mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan? Mencuci tangan sebelum makan penting untuk Anda lakukan, karena berbagai macam jenis kuman yang terdapat di tangan bisa mengancam kesehatan dan menular kepada orang lain melalui sentuhan.

Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan?

Alasan mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan, agar tangan terbebas dari kuman bekas menyentuh berbagai benda. Adapun beberapa alasan lain mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan, diantaranya:

1. Mencegah Masuknya Bakteri atau Kuman ke Dalam Tubuh

Tangan tidak sepenuhnya terbebas dari bakteri atau kuman. Jika tidak dicuci, bakteri atau kuman pada tangan akan masuk pada mata dan menimbulkan infeksi dalam. Jika kuman masuk ke mata melalui tangan bisa menimbulkan gejala seperti mata merah dan berair, sedangkan jika masuk ke organ lain seperti halnya mulut, maka kuman dengan mudah bisa masuk dan menimbulkan gejala seperti muntah, nyeri pada perut dan gangguan buang air besar.

2. Mengurangi Penyebab Penyakit Serius

Mencuci tangan sebelum makan, dengan sabun dan air yang bersih mengalir, bisa meminimalisir terjadinya penyakit infeksi pada saluran pernapasan, saluran pencernaan, mata dan juga kulit. Dalam beberapa penelitian, mencuci tangan akan menurunkan penyebab terjadinya diare, sakit pernapasan dan bisa meningkatkan kesehatan pada anak.

Maka dari itu, mencuci tangan sebelum makan bisa mengurangi risiko terjadinya diare yang disebabkan oleh kuman yang masuk melalui mulut dan sentuhan bakteri yang dilakukan oleh tangan Anda.

3. Mencegah Virus Corona

Virus corona merupakan virus jenis baru yang terjadi pada awal 2020. Virus corona bisa dengan mudah menular dari manusia ke manusia. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari virus corona ini ialah dengan rajin mencuci tangan, baik sebelum makan, ataupun sesudah makan.

4. Mencegah Penyebaran Kuman Kepada Orang Lain

Mencuci tangan sebelum makan juga bermanfaat untuk mencegah penularan kepada orang lain. Terutama pada saat Anda sakit seperti batuk atau flu yang menyebabkan virus atau bakteri menempel pada tangan.

5. Terhindar dari Infeksi Nosokomial

Infeksi nosokomial merupakan penyakit yang yang bisa dialami ketika menjalani perawatan di rumah sakit. Kondisi ini sering terjadi pada pasien dengan kondisi berat, misalnya pasien yang sedang di rawat di Intensive Care Unit (ICU), yang bisa disebabkan oleh tenaga medis yang lupa mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca Juga: Bagaimana Cara Cuci Tangan yang Efektif Untuk Menghindari COVID-19?

Cara Mencuci Tangan dengan Tepat

Cara mencuci tangan dengan tepat ialah memastikan untuk membersihkan semua permukaan dan area tangan, jari, dan pergelangan tangan anda bersih. Setelah anda mengetahui alasan mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan, anda perlu mengetahui beberapa cara mencuci tangan dengan tepat:

  1. Sebelum makan, cucilah tangan Anda dengan air bersih dan mengalir. Jangan lupa gunakan sabun biasa atau antibakteri secukupnya agar kuman atau bakteri di tangan Anda mati.
  2. Oleskan sabun antibakteri secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan dan pergelangan tangan Anda. Gosokan kedua telapak tangan hingga berbusa, dengan cara kedua telapak tangan saling menempel satu sama lain.
  3. Jangan lupakan bagian kuku dan ujung jari. Bersihkan dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari sehingga saling bertemu. Bersihkan ibu jari dengan menggosok tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan, lakukan pada tangan sebaliknya. Kemudian, gosokan kedua tangan terhadap telapak tangan yang berlawanan.
  4. Jangan lupakan bagian kuku dan ujung jari Anda. Anda bisa membersihkanya dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari sehingga saling bertemu.
  5. Setelah itu, gosoklah tangan dan pergelangan tangan Anda setidaknya selama 20 detik. Lalu bilas tangan dan pergelangan tangan Anda di bawah air bersih mengalir, hingga tidak ada sisa busa sabun yang menempel.
  6. Setelah tangan bersih dari sabun, keringkan tangan dan pergelangan tangan Anda dengan handuk bersih, atau biarkan hingga mengering. Setelah itu tutuplah keran dengan menggunakan handuk.

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan dan cara mencuci tangan dengan tepat. Kedua hal di atas bisa Anda terapkan untuk memulai gaya hidup sehat. Jangan lupa mencuci tangan Anda sebelum makan, dengan menggunakan sabun dan air mengalir yang bersih, agar Anda terhindar dari virus atau bakteri yang menempel pada tangan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Menang Melawan COVID-19 dengan Melakukan 3M
 

Referensi :

Fraley, Leilani. (2020). 7 Steps to Washing Your Hands Properly. 

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami