12 Tanda-Tanda Hamil yang Perlu Diketahui oleh Para Wanita

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Dec 2021

Bagikan

12 Tanda-Tanda Hamil yang Perlu Diketahui oleh Para Wanita

Hai calon-calon orang tua, apakah Anda tahu apa saja tanda-tanda hamil? Bagi sebagian besar wanita, tanda-tanda hamil merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu. Terutama bagi Anda yang telah berjuang beberapa tahun menunggu datangnya buah hati. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menunggu-nunggu datangnya buah hati perlu memperhatikan tanda-tanda hamil di bawah ini.

  1. Terlambat Menstruasi

Tanda-tanda hamil yang paling umum diketahui yaitu terlambat atau telat menstruasi. Apabila Anda telah berhubungan seksual dan menstruasi tidak kunjung datang selama 4 hingga 5 hari dari tanggal yang seharusnya, maka bisa menjadi pertanda bahwa pembuahan sedang berlangsung. 

  1. Kram Perut

Tanda-tanda hamil yang selanjutnya yaitu kram perut karena adanya proses implantasi embrio. Mungkin beberapa wanita sulit membedakan kram perut menstruasi dan tanda-tanda hamil. Untuk kram karena hamil, umumnya tidak terlalu sakit dan berlangsung singkat. Pada umumnya, kram ini akan terjadi ketika melewati masa ovulasi dengan durasi hitungan jam saja. 

  1. Perubahan Payudara

Ketika seseorang mulai memasuki masa kehamilan, maka akan mulai terasa perubahan pada payudara seperti sensitif saat disentuh. Tidak hanya itu, Anda juga mungkin akan merasakan nyeri, ukuran payudara yang membesar dan juga sensasi penuh pada payudara. Sedangkan untuk area puting biasanya akan berubah menjadi lebih hitam. 

  1. Penciuman Menjadi Lebih Sensitif

Dalam sebuah studi menyatakan bahwa akan terjadi peningkatan kepekaan hidung ketika memasuki masa kehamilan. Oleh karena itu, ketika hamil muda pada umumnya akan menimbulkan mual, muntah hingga dapat merusak suasana hati ketika mencium aroma tertentu. Padahal  aroma yang dicium mungkin saja tidak mengganggu ketika belum hamil. 

  1. Bercak Darah dari Vagina

Tanda-tanda hamil yang perlu Anda ketahui yang selanjutnya yaitu munculnya bercak darah dari vagina. Kondisi ini dapat muncul karena efek embrio yang berhasil tertanam di dinding rahim. Pasalnya, ketika embrio berhasil menempel maka dinding rahim akan terkikis sehingga menimbulkan bercak darah. 

  1. Morning Sickness

Morning sickness merupakan salah satu tanda-tanda hamil yang sangat populer. Tanda-tanda hamil ini memunculkan gejala berupa mual dan muntah yang sering terjadi di pagi hari. Akan tetapi, tanda hamil yang ini akan membaik saat kehamilan memasuki usia 13 hingga 14 minggu.

Baca Juga: Perubahan Fungsi Biologis Tubuh Selama Masa Kehamilan

  1. Perubahan Nafsu Makan

Karena mengalami morning sickness,  membuat sebagian besar ibu hamil akan mengalami perubahan nafsu makan. Bagi ibu hamil yang tidak mengalami morning sickness, maka nafsu makannya akan meningkat. Kondisi ini wajar saja terjadi karena janin yang berada di dalam kandungan memerlukan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. 

  1. Rontoknya Rambut

Sebanyak 40% hingga 50% wanita hamil akan mengalami rambut rontok. Kondisi ini disebabkan karena kurangnya gizi ibu hamil dan juga perubahan hormon. Oleh karena itu, banyak ibu hamil yang akhirnya memilih untuk menggunting rambutnya menjadi lebih pendek. 

  1. Cepat Lelah

Pada umumnya, ibu-ibu hamil akan merasa tubuhnya cepat lelah dan lemas. Terutama usia kehamilan yang baru 1 minggu akan membuat ibu hamil merasa kelelahan yang luar biasa. Penyebabnya yaitu karena hormon progesteron membuat metabolisme dalam tubuh menjadi meningkat. 

  1. Ngidam

Tanda-tanda hamil ini merupakan salah satu tanda kehamilan yang sangat populer. Ketika ibu hamil mengalami hal ini, mungkin dia akan meminta makanan atau minuman yang aneh-aneh yang mungkin saja jarang dimakan ketika tidak hamil. Akan tetapi, tidak semua ibu hamil akan merasakan tanda-tanda ini. 

  1. Perubahan Suasana Hati

Perubahan hormon neurotransmitter otak ketika masa kehamilan dapat mempengaruhi suasana hati ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil biasanya akan mengalami perubahan suasana hati. Anda tidak perlu khawatir mengenai kondisi ini, karena hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi. 

  1. Perut Kembung

Tanda-tanda kehamilan yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu perut kembung yang disertai dengan mual dan muntah. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang dapat menyebabkan sistem pencernaan melambat. Pada umumnya, kondisi ini akan terjadi ketika usia kehamilan telah memasuki usia 4 hingga 6 minggu. 

Nah itulah dia 12 tanda-tanda hamil yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda masih ragu dengan beberapa tanda-tanda hamil tersebut, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat?

 

Sumber: 

1. Mayo Clinic. 2019. Getting pregnant.

2. Holland, Kimberly. 2021. Early Pregnancy Symptoms.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi