Calon Ibu Wajib Tahu! Ini Dia Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Calon Ibu Wajib Tahu Tanda-Tanda Akan Melahirkan Berikut Ini

Satu hal penting yang perlu diketahui oleh para calon orang tua adalah tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Dengan mengetahui tanda-tanda ini, persiapan persalinan bisa segera dilakukan dan orang tua juga bisa lebih siaga dalam menghadapi proses persalinan tersebut. Untuk itu, simak penjelasan mengenai tanda-tanda melahirkan sudah dekat berikut ini.

Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Perkiraan hari persalinan sejatinya memang dapat dihitung melalui perkiraan hari lahir (HPL). Meskipun begitu, kasus kelahiran yang berbeda dari HPL juga tak jarang ditemui. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa ciri akan melahirkan ini sebagai bentuk untuk mempersiapkan diri. Adapun beberapa tanda yang paling umum dan sering dirasakan oleh para ibu hamil di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pecah Ketuban

Mendekati saat persalinan, tanda yang paling jelas dan paling sering dirasakan adalah pecahnya ketuban. Ketuban sendiri merupakan kantung berisi cairan yang melindungi bayi di dalam rahim. Ketika ketuban pecah, persiapan persalinan harus sudah segera dilakukan, untuk menghindari risiko infeksi dan keracunan air ketuban pada sang bayi.

  1. Sumbat Lendir Lepas

Ketika masa kehamilan, sumbat lendir memiliki peran penting dalam menutup dan membuka serviks demi menjaga rahim dari ancaman bakteri. Ketika saat persalinan sudah semakin dekat, sumbat lendir ini akan lepas dan tampak seperti gumpalan lendir pada pakaian dalam. Gumpalan ini bisa tampak bening ataupun merah muda karena mengandung darah, dan hal ini merupakan hal yang sepenuhnya normal terjadi. 

  1. Nyeri Punggung Bawah

Tanda-tanda melahirkan berikutnya yang perlu diketahui adalah munculnya rasa nyeri pada punggung bagian bawah. Kondisi ini sejatinya timbul akibat mengendurnya ligamen dan persendian akibat persiapan melahirkan. Berbeda dengan nyeri punggung selama masa kehamilan, tanda yang satu ini akan terasa berbeda dan lebih mengganggu bahkan sampai sesaat setelah melahirkan.

Baca Juga: Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Proses Melahirkan Normal?

  1. Kontraksi Asli

Kontraksi saat akan melahirkan bisa berbentuk kontraksi palsu dan kontraksi asli. Dalam hal ini, kontraksi palsu lebih sering terjadi beberapa minggu atau bahkan hitungan bulan sebelum persalinan, dengan intensitas yang lebih ringan dan berlangsung dengan cepat.

Adapun untuk kontraksi asli, rasa tidak nyaman yang ditimbulkan lebih besar, intensitasnya lebih kuat, sering dan lama. Saat mengalami kontraksi hingga 5 menit lamanya, perkiraan saat melahirkan bisa terjadi dalam 1-2 hari. 

  1. Serviks Melebar

Pada usia kehamilan yang semakin mendekati masa persalinan, dokter akan melakukan pemeriksaan berkala setiap minggu demi memeriksa pelebaran serviks. Hal ini diperlukan untuk mengetahui jalan lahir bayi nantinya. Saat proses persalinan, serviks perlu berdilatasi minimal seukuran 10 cm. Ketika pelebaran ini mencapai 2-3 cm, kemungkinan besar persalinan akan terjadi dalam waktu 1-2 hari.

  1. Diare

Mendekati hari persalinan, calon ibu akan cenderung mengalami diare dan sering buang air besar. Hal ini terjadi karena pada saat menjelang kelahiran, tubuh akan lebih banyak menghasilkan hormon prostaglandin yang dapat menyebabkan terjadinya kontraksi pada rahim dan usus sehingga memicu diare. Keluarnya hormon ini penting dalam membantu membuat serviks menjadi lebih lembut saat proses persalinan.

  1. Sendi Melonggar

Di akhir masa kehamilan, tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon relaxin. Hormon ini akan membuat sendi dan ligamen mengendur demi mempersiapkan tubuh menghadapi persalinan. Pengenduran sendi ini akan lebih terasa di bagian panggul dan punggung bagian bawah. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai tanda-tanda melahirkan sudah dekat yang wajib Anda ketahui. Apabila Anda sudah merasakan tanda-tanda ini, maka segera persiapkan proses persalinan dan pastikan kehadiran pendamping terutama dari pihak keluarga untuk menemani proses persalinan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk menghilangkan ketegangan tubuh dengan teknik relaksasi, jalan santai, ataupun dengan mandi dan berendam. 

Apabila Anda tidak juga merasakan tanda-tanda melahirkan meskipun sudah melewati tanggal yang telah diprediksi, maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Nantinya dokter akan menentukan apakah Anda perlu menunggu terlebih dahulu atau memutuskan untuk segera dilakukan persalinan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Tanda-Tanda Hamil Muda yang Seringkali Tidak Disadari

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter kehamilan & menyusui sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Mayo Clinic. Getting pregnant. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853 
  2. Donaldson-Evans. 2021. Signs of Labor. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/labor-signs
  3. Grow by WebMD. Signs of Labor. https://www.webmd.com/baby/labor-signs#1
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter kehamilan & menyusui sekarang!

Pesan Konsultasi