Bantuan
Bantuan

Mudah Dilakukan, Seperti Ini Cara Menggunakan Test Pack Agar Hasil Lebih Akurat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Mudah Dilakukan, Seperti Ini Cara Menggunakan Test Pack Agar Hasil Lebih Akurat

Demi mendapatkan hasil yang lebih akurat, Anda perlu mengetahui cara menggunakan test pack yang baik dan benar. Meskipun kelihatan cukup sederhana, nyatanya menggunakan test pack memerlukan kehati-hatian dan perlu memperhatikan cara yang benar. Jika tidak, hasil yang ditunjukkan dari hasil test pack ini bisa saja tidak akurat dan membuat Anda dan pasangan terkecoh.

Untuk itu, pahami cara menggunakan test pack berikut ini. Nah, sebelum itu, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai apa itu test pack dan tips apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mulai menggunakan test pack

Sekilas mengenai Test Pack

Test pack sejatinya adalah sebuah alat tes kehamilan yang dapat menunjukkan ketika seseorang sedang hamil atau tidak. Dalam hal ini, test pack bekerja dengan cara mendeteksi hormon hCG dalam tubuh, ketika waktu menstruasi telah terlewat baik sekitar seminggu atau lebih. 

Hormon hCG ini sejatinya terbuat dari plasenta yang menjaga dan memelihara sel telur yang telah dibuahi dan telah menempel pada dinding rahim. Biasanya, setelah proses pembuahan, level hCG ini akan meningkat hingga 20 mIU/hCG, yang menunjukkan terjadinya kehamilan. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat?

Tips sebelum menggunakan test pack

  1. Membeli test pack

Pada saat Anda membeli test pack, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama-tama Anda memperhatikan tanggal kadaluarsa dari test pack yang Anda beli. Test pack yang telah kadaluarsa akan mengganggu akurasi hasil yang didapatkan. Selain itu, Anda perlu memperhatikan cara menyimpan test pack, karena beberapa alat perlu disimpan di tempat yang dingin. 

  1. Memastikan kondisi test pack

Sebelum Anda menggunakan test pack, pastikan kondisi test pack terlebih dahulu. Pertama-tama perhatikan penunjukkan penggunaan pada kemasan produk. Tidak hanya itu, Anda juga perlu melihat apakah test pack yang Anda miliki masih tersegel atau tidak. Apabila test pack tidak tersegel sebaiknya gunakan test pack lain atau membeli yang baru. 

  1. Waktu melakukan tes kehamilan

Mungkin  beberapa diantara Anda banyak yang bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan menggunakan test pack? Anda bisa melakukan tes kehamilan pada 21 hari setelah melakukan hubungan seksual atau sehari setelah mengalami menstruasi yang terlambat. Untuk melakukan tesnya, sebaiknya gunakan urine pertama ketika Anda bangun tidur di pagi hari. 

Cara menggunakan test pack

  1. Mempersiapkan alat tes kehamilan

Hal pertama yang perlu dilakukan saat hendak menggunakan test pack adalah mempersiapkannya. Sebelumnya Anda mungkin telah mengetahui bagaimana membeli alat test pack yang tepat dan memastikan kondisinya dalam keadaan baik. Setelah mempersiapkan alat tes kehamilan yang tepat, bacalah terlebih dahulu petunjuk penggunaan pada pembungkus produknya, karena biasanya ada beberapa produk alat tes yang mengharuskan Anda untuk melakukan beberapa hal terlebih dahulu sebelum melakukan tes. 

  1. Mengumpulkan urine dalam wadah

Setelah memahami semua petunjuk yang tertera pada kemasan, selanjutnya Anda sudah bisa memulai mengumpulkan sampel urine Anda dalam sebuah wadah. Agar hasilnya lebih akurat, buang pancaran awal dan akhir urine, dan kumpulkan pancaran urine tengah. 

  1. Mulai mengetes urine

Setelah urine sampel terkumpul, selanjutnya Anda sudah bisa mulai mengetes sampel tersebut menggunakan alat tes kehamilan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Cara mengetes urine ini akan berbeda dan bergantung dengan tipe test pack yang Anda gunakan. Sebagai contoh, untuk tipe test pack strip, Anda bisa mencelupkan alatnya ke wadah berisi urine, sedangkan untuk test pack tipe digital, celupkan stik pada bagian depannya pada wadah berisi urine. Adapun untuk tipe test pack cassette, Anda perlu menetesi urine pada alat dengan bantuan pipet.

  1. Hasil tes

Tunggu beberapa saat hingga hasil tes muncul. Sambil menunggu, letakkan alat tes kehamilan pada tempat yang kering dan rata, dalam posisi hasil tes menghadap ke atas. Pada umumnya, kondisi hamil akan ditunjukkan dengan timbulnya dua garis pada strip.  

Nah, itulah cara menggunakan test pack dengan mudah. Jangan lupa untuk mengingat tips-tips sebelum menggunakan test pack ini agar hasil terlihat dan mendapatkan hasil yang lebih akurat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sedang Merencanakan Kehamilan? Mari Kenali Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

 

Sumber:

Planned Parenthood. Pregnancy Tests.  

Mayo Clinic. Home Pregnancy Tests: Can you trust the results?.

Tag :
Bagikan artikel ini