Bantuan
Free Tele x

Zat Penting & Gizi Seimbang untuk Pertumbuhan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Jul 2022

Bagikan

Zat Penting & Gizi Seimbang untuk Pertumbuhan

Gizi seimbang diperlukan untuk menunjang pertumbuhan, memperbaiki sel-sel tubuh, menjaga kesehatan dan menghasilkan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Mari simak terus penjelasan lengkapnya di artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

 

Nutrisi untuk Pertumbuhan

Nutrisi yang dibutuhkan manusia secara garis besar dibedakan menjadi dua yaitu makronutrien dan mikronutrien. Dari namanya sudah dapat disimpulkan bahwa, makronutrien merupakan zat yang dibutuhkan dalam jumlah besar sedangkan mikronutrien dibutuhkan dalam jumlah kecil.  Berikut ini ada 6 jenis zat yang dibutuhkan manusia baik makronutrien dan mikronutrien.

Baca juga: Cara Mengatur Jadwal Makan Anak 

1. Karbohidrat

Zat yang penting untuk pertumbuhan pertama yaitu karbohidrat. Karbohidrat ini termasuk ke dalam makronutrien karena dibutuhkan untuk menghasilkan energi agar bisa beraktivitas. Karbohidrat itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat biasa. Jumlah karbohidrat dalam satu porsi makanan adalah 55-60%, yang berasal dari nasi merah, kacang polong, gandum, hingga apel. 

2. Protein

Zat yang penting untuk pertumbuhan selanjutnya itu protein. Protein itu sendiri bertugas untuk membantu pertumbuh serta memelihara kesehatan tubuh. Selain itu, protein termasuk ke dalam makronutrien, jadi Anda perlu mengonsumsinya sebesar 15-20% dari porsi makanan. Protein dapat ditemukan di ikan, ayam, telur, seafood, tahu dan tempe. 

3. Lemak

Mungkin beberapa dari Anda berpikir bahwa lemak adalah musuh karena menyebabkan obesitas. Namun, lemak dalam jumlah yang wajar sebenarnya penting untuk pertumbuhan, yaitu 20-25%. Bahkan untuk anak-anak, lemak sangat penting untuk membantu pertumbuhan otak. Akan tetapi, sebaiknya konsumsi lemak yang sehat bukan lemak trans atau lemak jenuh. Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari alpukat, salmon, telur, minyak zaitun dan kacang almond. 

4. Mineral

Mineral adalah zat mikronutrien yang berarti hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil. Beberapa mineral yang dibutuhkan yaitu kalsium, klorida, mangan, magnesium, tembaga, fosfor, zink, zat besi dan masih banyak lagi lainnya. Berbagai mineral ini diperlukan tubuh untuk mengatur metabolisme, membangun tulang dan gigi, membentuk sel darah merah, serta meningkatkan kekebalan tubuh. 

5. Vitamin

Sama halnya dengan mineral, vitamin juga termasuk ke dalam zat mikronutrien. Walaupun dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, namun Anda tetap perlu mencukupinya. Pasalnya, jika tubuh kekurangan vitamin maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Adapun vitamin yang Anda perlukan yaitu vitamin A, B, C, D, E dan K. Anda bisa mendapatkan berbagai vitamin ini dalam makanan-makanan bergizi seperti sayur dan buah. 

6. Air

Air itu sendiri berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak, mengeluarkan racun, serta mengangkut nutrisi ke seluruh sel tubuh. Jika Anda kekurangan air, maka akan mengalami dehidrasi sehingga muncul gejala berupa pusing, haus hingga hilangnya kesadaran. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan harian  sebanyak 8 gelas. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi buah yang mengandung air seperti semangka, timun, melon, hingga belimbing. 

Itulah beberapa nutrisi yang penting untuk pertumbuhan. Pastikan, dalam setiap hidangan terdapat karbohidrat, lemak dan juga protein. Selain itu, pastikan juga terdapat sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin.  Tidak hanya itu, Anda juga perlu memastikan kebutuhan cairan harian Anda telah terpenuhi kurang lebih 2 liter air.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Bunda Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Anak Sehat

Referensi

Ferreira, Mandy. 2020. 6 Essential Nutrients and Why Your Body Needs Them. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/six-essential-nutrients 

Bagikan artikel ini