Bantuan
Free Tele x

Bunda Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Anak Sehat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Bunda Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Anak Sehat

Mungkin beberapa dari Anda, beranggapan bahwa gemuk merupakan ciri-ciri anak sehat. Namun tahukah Anda, gemuk bukanlah ciri-ciri anak sehat yang tepat. Pasalnya, anak yang gemuk berisiko mengalami obesitas sehingga memicu penyakit lainnya menyerang sang anak. Oleh karena itu, setiap orang tua wajib mengetahui apa saja ciri-ciri anak sehat yang benar. 

 

Ciri-ciri Anak Sehat

Lantas apa saja ciri-ciri anak sehat yang benar tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak terus penjelasan mengenai ciri-ciri anak sehat di bawah ini. 

  1. Pertumbuhan baik

Ciri-ciri anak sehat yang pertama yaitu mengalami pertumbuhan yang baik. Anak yang sehat akan mengalami pertambahan tinggi badan sekitar 6-7 cm setiap tahunnya. Sedangkan untuk berat badannya, akan bertambah 2-3 kg setiap tahun hingga ia memasuki masa pubertas. Saat memasuki masa pubertas, pertumbuhan anak akan berlangsung pesat. Apabila anak Anda memiliki berat badan dan tinggi badan yang tidak sesuai dengan usianya, segera berkonsultasi dengan dokter. 

  1. Fisik sehat

Selain mengalami pertumbuhan yang baik, anak yang sehat juga memiliki tampilan fisik yang sehat. Tampilan fisik ini bisa dilihat dari kulit, rambut, kuku, serta mulutnya. Kulit anak yang sehat tidak terlalu kering, tidak ada benjolan hingga tidak ada koreng. Untuk rambutnya, tidak rontok serta terlihat bersih. Selain itu, kuku anak sehat akan terlihat bersih dan tidak mudah patah. Sedangkan untuk bagian mulut, akan memiliki gigi yang bersih tidak berkarang, mulut tidak berbau dan lidah yang berwarna pink. 

  1. Nafsu makan baik

Anak yang sehat juga ditandai dengan nafsu makanya yang baik. Tanda anak memiliki nafsu makan yang baik yaitu mampu menghabiskan makanan yang telah dihidangkan dengan lahap. Namun, Anda sebagai orang tua perlu memberikan porsi makan yang sesuai. Jangan memberikan porsi makan yang terlalu sedikit ataupun terlalu banyak karena dapat menyebabkan berat badan berlebih ataupun kurang. 

Baca Juga: Mengandung Banyak Nutrisi, Ini Dia Manfaat Ikan Tuna!

  1. Aktif dan ceria

Ciri-ciri anak sehat yang perlu diketahui orang tua selanjutnya yaitu aktif dan ceria. Anak-anak yang sehat akan senang bermain bersama teman-temannya serta terlihat gembira. Selain itu, anak yang sehat juga akan sangat aktif bergerak seperti berjalan, berlari dan aktivitas lainnya. Saat anak aktif bergerak, maka fisiknya akan baik karena membantu memperkuat tulang, otot, serta jantung. Sedangkan anak yang tidak aktif bergerak berisiko mengalami obesitas. 

  1. Istirahat cukup

Ciri-ciri anak sehat yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu waktu istirahat anak cukup. Pasalnya, anak yang sehat akan tidur dengan lelap tanpa adanya gangguan seperti insomnia ataupun sleep apnea. Sedangkan untuk durasi tidur anak yang normal yaitu 10-13 jam per hari untuk balita dan 9-11 jam per hari untuk anak usia sekolah. Jika anak Anda mengalami gangguan tidur sehingga waktu istirahatnya tidak tercukupi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. 

 

Tips Menjaga Kesehatan Anak

Tentunya setiap orang tua ingin anaknya tumbuh dengan sehat. Oleh karena itu, coba terapkan beberapa tips berikut ini, agar anak bisa tumbuh dengan sehat. 

  • Ajarkan kebiasaan yang sehat: Agar anak terhindar dari berbagai penyakit, penting untuk mengajarkan berbagai kebiasaan yang sehat seperti mencuci tangan, menyikat gigi, menutup mulut saat bersin, tidak berbagi barang-barang pribadi dan lainnya. 

  • Berikan imunisasi pada anak: Sebagai bentuk perlindungan terhadap penyakit yang berbahaya, Anda perlu memberikan imunisasi kepada anak. Selain itu, Anda juga perlu memeriksakan kesehatannya secara rutin. 

  • Berikan makanan yang sehat: Agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik, Anda perlu menyediakan makanan yang sehat. Hindari memberikan anak makanan yang tinggi lemak, gula ataupun kalori. Sebaiknya ajarkan anak menyukai sayur dan juga buah-buahan. 

  • Ajak anak aktif bergerak: Anak yang aktif bergerak merupakan ciri-ciri anak yang sehat, jadi sebisa mungkin ajak anak agar mau aktif bergerak. Anda bisa mengajaknya bermain bersama agar mau bergerak sekaligus mempererat hubungan anak dengan orang tua. 

Itulah dia beberapa ciri-ciri anak sehat yang wajib diketahui setiap orang tua. Apabila Anda tidak menemukan ciri-ciri yang disebutkan tersebut pada anak, sebaiknya  segera berkonsultasi dengan dokter. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan Anak?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Schulman, Jill Seladi. 2021. Children’s Health Overview. https://www.healthline.com/health/childrens-health

Kids Health. Your Child's Growth. https://kidshealth.org/en/parents/childs-growth.html

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang