Bantuan

Waspadai, Ini Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Mar 2022

Bagikan

kaki bengkak

Kaki bengkak saat hamil merupakan salah satu perubahan tubuh yang terjadi pada ibu hamil. Biasanya kondisi seperti ini banyak terjadi pada ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan pada trimester akhir. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat dialami oleh ibu hamil dengan usia kandungan yang lebih muda. 

Namun Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini merupakan hal yang wajar. Perubahan bentuk tubuh ini merupakan hal yang alami terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan perkembangan janin. 

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Lalu apa yang menyebabkan kaki bengkak saat hamil?  Untuk mengetahuinya, Anda perlu menyimak penjelasan di bawah ini. 

  1. Peningkatan Hormon Progesteron

Penyebab kaki bengkak saat hamil yang pertama, yaitu karena terjadi peningkatan hormon progesteron. Peningkatkan ini akan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh seperti kaki. Namun, Anda perlu waspada apabila pembengkakan kaki ini disertai dengan nyeri pada kaki, pusing, sakit kepala hingga pendarahan. Apabila mengalami kondisi ini, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. 

  1. Peningkatan Volume Darah dan Cairan

Selain meningkatnya hormon progesteron, meningkatnya volume darah, dan cairan dalam tubuh juga menjadi salah satu penyebab bengkak saat hamil.  Namun hal ini merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan karena peningkatan volume darah dan cairan tubuh akan  mendukung pertumbuhan janin dan juga mempersiapkan jaringan panggul untuk persiapan persalinan. 

  1. Rahim Membesar

Penyebab kaki bengkak saat hamil yang terakhir, yaitu karena membesarnya rahim. Hal ini umumnya terjadi pada trimester ketiga ketika usia kehamilan memasuki minggu ke 28. Pasalnya, membesarnya rahim akan menekan pembuluh darah vena yang menyebabkan memperlambat kembalinya darah dari kaki menuju jantung. 

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Setelah mengetahui apa penyebab kaki bengkak saat hamil, Anda juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi kondisi seperti ini. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil. 

  1. Menjaga Asupan Cairan

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu memperbanyak konsumsi air putih. Konsumsi air yang cukup mampu menarik cairan yang menumpuk di dalam tubuh kemudian mengeluarkannya melalui urin. Hal ini tentunya dapat mengatasi kaki bengkak saat hamil yang Anda alami.  

  1. Menggunakan Kompres Hangat

Kompres hangat ternyata dapat meredakan kaki bengkak saat hamil. Pasalnya, suhu pada dapat melancarkan peredaran darah sehingga aliran darah menuju jantung semakin lancar. Cara kompres nya pun cukup mudah, yaitu dengan membasahi handuk menggunakan air hangat lalu tempelkan pada lokasi bengkak. 

  1. Mengurangi Konsumsi Garam

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu dengan mengurangi porsi garam di dalam makanan yang Anda masak. Selain itu, anda juga perlu menghindari berbagai makanan junk food yang memiliki kandungan natrium yang tinggi. 

  1. Menggunakan Alas Kaki yang Nyaman

Ibu hamil yang mengalami kaki bengkak sebaiknya menggunakan alas kaki yang longgar setidaknya berukuran 1 nomor dari biasanya. Tidak hanya itu, sebaiknya gunakan juga alas kaki yang tidak ada tumitnya agar kaki bengkak tidak semakin parah. 

  1. Gerakan Pergelangan Kaki

Melakukan gerakan pergelangan  kaki merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil. Sangat dianjurkan untuk melakukan beberapa kali pergerakan kaki dalam sehari untuk menjaga sirkulasi darah tetap optimal. 

  1. Tidur Menghadap Kiri

Ternyata posisi tidur juga dapat memengaruhi tekanan pada pembuluh vena. Pembuluh ini bertugas untuk mengalirkan karbon dioksida yang ada di dalam darah menuju jantung. Dalam hal ini, tidur menghadap kiri akan mengurangi tekanan pada pembuluh vena tersebut. 

  1. Mengganjal Kaki

Selain tidur menghadap kiri, cara mengatasi kaki bengkak yang bisa Anda lakukan terakhir, yaitu mengganjal kaki saat tidur atau istirahat. Sebaiknya posisikan kaki lebih tinggi dari jantung dengan cara di ganjal menggunakan bantal. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi kaki  bengkak saat hamil. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda tentang perubahan tubuh yang terjadi ketika hamil salah satunya, yaitu kaki bengkak

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Sering Kali Dialami oleh Wanita, Dilep Adalah

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Dix, Megan. 2019. 13 Home Remedies for Swollen Feet During Pregnancy. https://www.healthline.com/health/pregnancy/swollen-feet-during-pregnancy#remedies

Terreri, Cara. 2018. Swelling in the Third Trimester: What's Normal, When to Worry, What to Do. https://www.lamaze.org/Giving-Birth-with-Confidence/GBWC-Post/swelling-in-the-third-trimester-whats-normal-when-to-worry-what-to-do

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang