Bantuan
Free Tele x

Ketahui Tanda-Tanda Hamil Muda yang Seringkali Tidak Disadari Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Tanda-Tanda Hamil Muda yang Sering Tidak Disadari

Apakah Anda tahu apa saja tanda-tanda hamil muda? Bagi Anda yang sedang berusaha untuk program kehamilan, tentu sangat menunggu-nunggu munculnya tanda-tanda kehamilan. Akan tetapi, mungkin sebagian wanita tidak menyadari apa saja tanda-tanda hamil muda karena sering mirip-mirip dengan gejala menstruasi. 

Pada umumnya, tanda-tanda hamil yang paling banyak diketahui yaitu telat menstruasi. Apabila Anda telah berhubungan badan, lalu menstruasi terlambat 4 hingga 5 hari dari tanggal yang seharusnya, maka bisa jadi pembuahan sedang berlangsung. Akan tetapi, tanda-tanda hamil tidak hanya itu saja masih ada banyak lagi tanda-tanda hamil yang perlu Anda ketahui. 

Tanda Tanda Hamil Muda

Lalu apa saja tanda-tanda hamil yang jarang disadari tersebut? Berikut ini ada beberapa tanda-tanda hamil muda yang jarang sadari. 

  1. Payudara Sensitif

Tanda-tanda hamil muda yang jarang disadari pertama yaitu payudara menjadi lebih sensitif. Pada kondisi ini akan membuat payudara menjadi bengkak, berat dan nyeri saat disentuh. Kondisi ini terjadi karena tubuh Anda sedang mempersiapkan ASI yang digunakan untuk menyusui nantinya.

Pada saat itu, aliran darah yang menuju ke payudara akan meningkat sehingga membentuk jaringan lemak baru dan saluran susu mulai berkembang. Umumnya kondisi ini juga terjadi ketika menstruasi, akan tetapi tanda-tanda hamil akan terasa lebih sakit. 

  1. Puting Menghitam

Tidak hanya membuat perubahan pada payudara, ketika memasuki kehamilan juga akan membuat area sekitar puting atau aerola menjadi lebih hitam. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh untuk mempersiapkan ASI. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir apabila menemukan tanda-tanda hamil ini. 

  1. Sakit Kepala

Tanda-tanda hamil muda yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu sakit kepala. Ketika memasuki usia kehamilan, maka frekuensi sakit kepala sebelah akan meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Kondisi ini umumnya terjadi lebih sering ketika usia awal kehamilan dan akan hilang ketika mendekati hari kelahiran. Apabila Anda mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan, disarankan untuk memeriksakannya ke dokter.

Baca Juga: Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Sering Muncul Pada Perut

  1. Sering Merasa Lapar

Ibu hamil juga akan merasa lapar yang lebih sering dari biasanya. Hal ini karena, pada kehamilan muda, seorang wanita membutuhkan tambahan kalori sebanyak 200 kalori. Pasalnya, janin yang ada di dalam kandungan juga ikut menyerap makanan yang di makan oleh ibu. Jadi, wajar saja jika memasuki usia kehamilan, Anda akan merasa lebih sering lapar dari pada sebelumnya. 

  1. Merasa Lelah

Ketika memasuki kehamilan muda, maka hormon progesteron di dalam tubuh akan mengalami peningkatkan. Peningkatkan ini akan menyebabkan Anda merasa lelah dan kantuk, walaupun aktivitas yang dilakukan sama seperti biasanya. Kelelahan ini juga dapat terjadi karena banyak energi yang digunakan  dalam persiapkan  kehamilan seperti memproduksi sel darah yang lebih banyak. 

  1. Sering Buang Air Kecil

Ketika memasuki usia kehamilan pada minggu-minggu awal, maka Anda akan mengalami buang air kecil yang jauh lebih sering. Kondisi ini dapat terjadi karena, hormon hCG yang diproduksi pada minggu pertama kehamilan menyebabkan aliran darah menuju area panggul meningkat.

Kondisi inilah yang membuat sering buang air kecil merupakan salah satu tanda-tanda kehamilan. Namun perlu diperhatikan, jika buang air kecil disertai dengan rasa sakit, sebaiknya konsultasi dengan dokter karena mungkin saja itu pertanda kondisi kesehatan lainnya. 

  1. Morning Sickness

Tanda-tanda hamil muda yang harus Anda ketahui terakhir yaitu morning sickness. Seperti dengan namanya, tanda-tanda hamil muda ini sangat sering terjadi di pagi hari dengan gejala berupa mual dan muntah. Pada umumnya, tanda-tanda hamil muda yang satu ini akan dirasakan apabila usia kehamilan telah memasuki 4 hingga 6 minggu dan berakit ketika usia kehamilan memasuki minggu ke-13. 

Nah itulah dia tanda-tanda kehamilan yang jarang disadari. Apabila Anda telah merasakan tanda-tanda kehamilan tersebut, Anda bisa memastikannya dengan cara melakukan tes kehamilan menggunakan test pack. Setelah itu rutinlah memeriksakan kandungan untuk memantau tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat?

 

Sumber:

1. Holland, Kimberly. 2021. Early Pregnancy Symptoms.

2. The BUMP. 2020. Pregnancy Week by Week.

3. Better Health Channel. 2018. Pregnancy - signs and symptoms.

Bagikan artikel ini