Wajib Tahu! Ini 5 Obat Herbal Asam Lambung yang Aman dikonsumsi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Jan 2022

Bagikan

Wajib Tahu! Ini 5 Obat Herbal Asam Lambung yang Aman dikonsumsi

Tak selalu obat dokter, ada juga obat herbal asam lambung yang aman untuk Anda konsumsi. Kondisi dimana asam lambung kerap kali membuat tubuh tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas harian Anda. Mungkin sering kali Anda mengatasinya dengan mengonsumsi obat apotek, namun tahukah Anda bahwa ada obat herbal alami yang juga mampu atasi asam lambung naik ini? Naiknya asam lambung itu sendiri diakibatkan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Masalah asam lambung ini tak jarang membuat gejala yang tidak nyaman, misalnya seperti rasa mengganjal di tenggorokan dan sensasi terbakar di dada. Selain itu, gejala lainnya yang mungkin ditimbulkan karena asam lambung naik ini adalah nyeri ulu hati, napas pendek, bahkan sesak napas. 

Apabila seseorang mengalami asam lambung naik sebanyak lebih dari dua kali dalam satu minggu, maka itu bisa menjadi tanda terjadinya GERD. Apa itu GERD? Merupakan singkatan dari Gastroephageal Reflux Disease, yang mana merupakan kondisi kronis yang menyerang asam lambung. Bila tidak segera ditangani dengan tepat, maka GERD dapat memicu beberapa komplikasi seperti peradangan. Bahkan, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker tenggorokan. Penyakit ini bisa diatasi dengan memerhatikan gaya hidup, dimana Anda harus melakukan gaya hidup sehat. Berhenti merokok, berat badan yang ideal, asupan gizi yang seimbang dan terpenuhi, serta tidak langsung berbaring sesudah makan adalah beberapa perubahan gaya hidup sehat yang bisa Anda terapkan. 

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik Yang Perlu Diketahui

5 obat herbal asam lambung 

Selain mengonsumsi obat apotek atau obat resep dokter, seseorang yang mengalami  asam lambung naik juga dapat mengonsumsi obat herbal. Tentu saja obat herbal ini aman untuk dikonsumsi. Di bawah ini adalah 5 obat herbal asam lambung yang bisa Anda konsumsi:

  1. Jahe

Tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, jahe merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan sebagai obat herbal tradisional sejak dulu. Jahe memiliki khasiat untuk menenangkan perut, tak hanya itu jahe juga bisa bantu mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan. Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang mana bisa membantu atasi iritasi di kerongkongan, iritasi ini terjadi karena GERD. Cara mengonsumsi jahe sebagai obat herbal asam lambung pun sangat mudah, yakni Anda hanya perlu mencampurkan jahe dengan teh hangat. 

  1. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga menjadi salah satu rempah yang sudah lama digunakan sebagai obat tradisional. Ini karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang banyak memberikan manfaaat untuk kesehatan tubuh. Untuk mengatasi pencernaan kunyit juga telah banyak digunakan karena adanya kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Anda dapat mengonsumsinya bersamaan dengan madu di pagi hari.  

Baca Juga: Ragam Penyebab Asam Lambung yang Perlu Diwaspadai

  1. Teh chamomile

Obat herbal asam lambung selanjutnya adalah teh chamomile, dimana sering kali digunakan untuk masalah pencernaan serta menenangkan perut. Dari penelitian menunjukkan bahwa ekstra chamomile bisa bantu menurunkan tingkat keasaman lambung. Teh chamomile yang memiliki kandungan antiinflamasi juga bisa cegah terjadinya peradangan kerongkongan karena asam lambung naik.

  1. Peppermint

Peppermint sebagai obat tradisional kerap digunakan dalam meredakan gangguan pencernaan. Ekstrak peppermint juga sering ditemukan di permen atau daun teh. Disebutkan bahwa terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa gejala terus membaik, ketika seseorang yang mengalami GERD mengonsumsi peppermint. Perlu Anda ingat untuk jangan mengonsumsi peppermint dengan obat antasida secara bersamaan. Ini karena akan memperburuk gejala yang Anda rasakan.

Baca Juga: Macam-macam Obat Asam Lambung Untuk Atasi Gejalanya

  1. Lemon

Diketahui bahwa lemon memiliki kandungan senyawa antioksidan yang mempu melindungi tubuh dari kerusakan sel, karena asam lambung yang naik. Selain itu, kandungan asam askorbat dalam ekstrak lemon juga mampu memberi perlindungan untuk lambung dari terjadinya kerusakan. Air lemon juga bisa membantu obati GERD yang diakibatkan asam lambung pecah, ini karena efek alkali. 

Mengonsumsi obat herbal diatas dapat membantu Anda mengatasi asam lambung. Selain aman digunakan, obat herbal tersebut juga mudah ditemukan, bahkan mungkin ada di dapur Anda. Namun, jika kondisi sudah parah maka berkonsultasilah dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Medical News Today
  2. Healthline
  3. DoctorNDTV
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam sekarang!

Pesan Konsultasi