Bantuan

Perhatikan, Ini Gejala Herpes yang Wajib Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Jun 2022

Bagikan

Perhatikan, Ini Gejala Herpes yang Wajib Anda Ketahui

Mengetahui gejala herpes merupakan suatu hal yang penting. Dengan mengetahui gejalanya, maka bisa dilakukan pengobatan segera mungkin. Pasalnya, herpes yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan munculnya berbagai komplikasi yang berbahaya. 

Baca juga: Deretan Pengobatan Herpes yang Bisa Anda Lakukan



Gejala Herpes

Sebelum mengetahui apa saja gejala herpes tersebut. Sebelumnya pahami terlebih dahulu mengenai herpes itu sendiri. Herpes merupakan kelompok virus yang dapat menyerang manusia. Setidaknya ada 8 virus dalam kelompok ini diantaranya, yaitu Herpes Simplex Virus tipe 1 (HSV-1), Herpes Simplex Virus tipe 2 (HSV-2), Varicella Zoster (VZV), Epstein-Barr Virus (EBV), Cytomegalovirus, dan Kaposi’s Sarcoma Herpesvirus. 

Dari kedelapan virus tersebut, bisa menyebabkan penyakit yang berbeda-beda dan gejala yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan gejala herpes berdasarkan jenis penyakitnya. 

1. Herpes genital

Jenis penyakit yang pertama, yaitu herpes genital yang menyerang bagian kelamin. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus herpes simplex ll. Penularan paling umum penyakit ini, yaitu karena hubungan seksual dengan penderita herpes. Tidak hanya itu, ibu hamil yang menderita infeksi virus herpes ini juga bisa menularkan ke bayi yang dilahirkannya. Beberapa gejala herpes yang sering ditimbulkan karena penyakit ini sebagai berikut. 

  • Munculnya rasa nyeri dan gatal pada area kelamin 

  • Munculnya luka baik kering atau terbuka di sekitar anus dan kelamin 

  • Sulit buang air besar karena terasa nyeri 

  • Terdapat lenting di area kelamin dan sensasi terbakar

  • Badan terasa demam dan tidak enak badan 

2. Herpes oral

Jenis penyakit yang disebabkan oleh virus herpes yang selanjutnya, yaitu herpes oral yang menyerang area mulut. Penyakit ini disebabkan oleh Herpes Simplex Virus tipe 1. Penularan penyakit ini terjadi karena oral seks dan juga penggunaan alat-alat secara bergantian dengan penderita herpes lainnya. Adapun gejala yang ditimbulkan penyakit herpes genital sebagai berikut. 

  • Munculnya sensasi terbakar pada area kulit sekitar mulut selama beberapa hari

  • Munculnya luka baik terbuka dan kering di sekitar mulut 

  • Munculnya ruam dan lenting merah dibeberapa bagian tubuh lainnya

3. Cacar air

Mungkin banyak dari Anda yang sudah tidak asing lagi dengan penyakit cacar air. Namun, mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui bahwa cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes. Virus penyebab cacar air ini, yaitu Varicella Zoster. Beberapa gejala yang sering muncul karena penyakit ini diantaranya yaitu sebagai berikut. 

  • Mulai kehilangan nafsu makan 

  • Tidak enak badan seperti demam, sakit kepala hingga kelelahan

  • Munculnya ruam dan lenting merah yang berair di sekujur tubuh 

4. Cacar api

Selain cacar air, ternyata ada juga penyakit cacar api. Penyakit ini merupakan kondisi saat virus penyebab cacar air kembali aktif atau bangun. Pasalnya, saat Anda mengalami cacar air dan sembuh, ternyata virus penyebabnya tidaklah mati, tetapi hanya tertidur. Jadi, saat virus tersebut bangun maka menyebabkan cacar api. Lantas, gejala apa saja yang muncul oleh penyakit ini? Berikut gejala cacar air yang perlu Anda perhatikan. 

  • Anda akan merasa nyeri pada saraf di salah satu bagian tubuh 

  • Merasa tidak enak badan seperti demam dan sakit kepala

  • Ruam yang muncul pada kulit, umumnya terpusat pada salah satu bagian saja

  • Ruam dan lenting yang muncul, umumnya di tempat Anda merasakan nyeri 

5. Infeksi virus Epstein-Barr

Sudah dijelaskan sebelumnya, Epstein-Barr merupakan salah satu dari kelompok virus herpes. Virus ini dapat menginfeksi sel limfosit yang berada di kelenjar getah bening pada leher. Penularan virus ini terjadi melalui kontak air liur penderitanya. Adapun beberapa gejala herpes jenis ini, yaitu sebagai berikut. 

  • Terjadinya pembengkakan pada leher dan ketiak 

  • Munculnya rasa sakit pada tenggorokan 

  • Merasa tidak enak badan seperti sakit kepala, demam, dan tubuh terasa lemas 

  • Merasa nyeri dan kaku otot 

Demikianlah penjelasan mengenai gejala herpes yang wajib Anda ketahui. Untuk menghindari penyakit herpes yang telah dijelaskan di atas, Anda perlu menghindari penularannya seperti hindari berhubungan intim tanpa kondom, oral seks, dan menggunakan peralatan secara bergantian. Apabila Anda sudah merasakan beberapa gejala yang disebutkan di atas, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Baca juga: Lakukan Cara Ini Sebagai Bentuk Pencegahan Herpes

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Mayo Clinic. 2020. Genital herpes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/genital-herpes/symptoms-causes/syc-20356161

Johns Hopkins Medicine. Oral Herpes. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/herpes-hsv1-and-hsv2/oral-herpes

Cleveland Clinic. 2020. Shingles. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11036-shingles

Bagikan artikel ini