Bantuan

Wajib Waspadai, Ini Daftar Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Mar 2022

Bagikan

sushi

Sudahkah Anda mengetahui apa makanan yang dilarang untuk ibu hamil? Makanan  yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan sangat berpengaruh terhadap janin yang ada di kandungannya. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang bergizi agar mendukung pertumbuhan janin. 

Akan tetapi, tidak semua makanan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada beberapa makanan yang justru dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu apa saja daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

  1. Ikan Tinggi Merkuri

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil pertama yaitu ikan yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Beberapa ikan yang termasuk ke dalam kategori ini yaitu ikan tuna bigeye, ikan hiu, ikan todak, ikan  tuna sirip kuning, dan ikan makarel raja. Sedangkan untuk ikan yang familiar di Indonesia yaitu ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, ikan lele, ikan nila dan ikan bilis. Semakin besar ukuran ikan, maka semakin besar pula kandungan merkuri yang dimilikinya. 

  1. Telur Mentah

Telur mentah ataupun setengah mentah sebaiknya Anda hindari untuk mengonsumsinya terlebih dahulu. Pasalnya, telur memiliki bakteri Salmonella yang aktif sehingga memiliki kemungkinan menginfeksi Anda dan janin yang sedang dikandung. Tidak hanya itu, bakteri Salmonella juga memiliki kemungkinan dapat menginfeksi cairan ketuban bahkan keguguran. Akan tetapi risiko seperti ini sangat jarang ditemui. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi telur yang telah benar-benar matang. 

  1. Sushi

Makanan dari Jepang yang satu ini mungkin menjadi salah satu makanan favorit Anda. Akan tetapi,  bagi Anda yang sedang mengandung, sebaiknya berhenti mengonsumsi sushi terlebih dahulu. Pasalnya seafood mentah memiliki cacing parasit di dalam dagingnya sehingga dapat membahayakan janin yang sedang dalam kandungan. Selain itu, apabila tempat mempersiapkan sushi tidak steril, maka akan meningkatkan risiko bahaya. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi ikan, sebaiknya memasak hingga benar-benar matang. 

  1. Steak Setengah Matang

Pada dasarnya, mengonsumsi steak tidak dilarang bagi ibu hamil. Akan tetapi, steak yang diolah tidak sampai matang dengan sempurna atau sering disebut dengan medium rare lah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena, steak yang setengah matang memiliki kemungkinan terdapat parasit toksoplasmosis. Tidak hanya steak, daging ayam, kalkun burung dan bebek yang setengah matang juga di larang bagi ibu hamil. 

  1. Daging Deli

Makanan yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil selanjutnya yaitu daging deli. Daging deli itu sendiri merupakan olahan daging dalam bentuk lembaran. Di dalam olahan daging ini memiliki potensi terdapat bakteri listeria yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran. Pasalnya bakteri listeria memiliki kemampuan untuk melewati plasenta sehingga dapat menginfeksi bayi. Pada akhirnya, listeria  akan menyebabkan keracunan darah hingga mengancam jiwa. 

  1. Sayur dan Kecambah Mentah

Pada dasarnya sayur dan kecambah merupakan makanan yang baik karena memiliki banyak nutrisi. Akan tetapi,  pada beberapa sayur dan kecambah memiliki kandungan bakteri seperti E.coli dan  Salmonella yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Untuk mencegah terjadi hal ini, Anda perlu mencuci sayur dan kecambah hingga bersih menggunakan air mengalir. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memasaknya hingga matang sepenuhnya. 

  1. Alkohol

Walaupun bukan termasuk ke dalam makanan, namun ibu hamil juga perlu tahu bahwa alkohol dilarang saat sedang hamil. Pasalnya, alkohol memiliki risiko yang tinggi seperti keguguran dan bayi lahir mati yang jauh lebih tinggi. Bahkan mengonsumsi alkohol walaupun sedikit dapat mengganggu perkembangan otak bayi. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan fetal alcohol syndrome. Sindrom tersebut merupakan sindrom yang dapat menyebabkan terjadinya kelainan jantung dan kelainan bentuk wajah. 

Demikianlah penjelasan mengenai makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati apabila sedang mengandung ketika mengonsumsi makanan. Anda perlu rutin memeriksakan diri ke dokter untuk memantau perkembangan janin dan bertanya mengenai makanan yang sebaiknya Anda konsumsi dan makanan apa yang sebaiknya tidak Anda konsumsi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Tidak Boleh Sembarang Pakai, Ini Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

NHS. 2020. Foods to avoid in pregnancy. https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/foods-to-avoid/

American Pregnancy Association. Foods to Avoid When Pregnant. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/foods-to-avoid-during-pregnancy/

Pregnancy Birth & Baby. Foods to avoid when pregnant. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/foods-to-avoid-when-pregnant

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang