Bantuan

Banyak Diburu saat Ngidam, Ini Manfaat Mangga Muda yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Mar 2022

Bagikan

mangga muda

Sudahkah Anda tahu apa manfaat mangga muda? Mangga muda seringkali diburu oleh ibu hamil, atau sering disebut dengan ngidam. Namun tahukah Anda, ternyata mangga muda ini menyimpan banyak manfaat bagi ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya selama dikonsumsi tidak berlebihan.

Lalu apa saja manfaat mengonsumsi mangga muda bagi ibu hamil? Jika ingin mengetahui jawabannya simak terus penjelasan di bawah ini. 

Manfaat Mangga Muda

Di dalam mangga terdapat kandungan kalium, kalsium, serat, asam folat, vitamin C dan masih banyak lagi lainnya. Berkat berbagai kandungan inilah, mangga muda dapat bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil yang mengonsumsi mangga muda. 

  1. Mengatasi sembelit

Manfaat mangga muda yang pertama yaitu dapat mengatasi sembelit. Hal ini karena mangga muda memiliki kandungan serat yang menyehatkan bagi sistem pencernaan. Serat dalam mangga ini akan membantu mengatasi sembelit yang sering menjadi keluhan para ibu hamil. Namun perlu diperhatikan, hindari mengonsumsi mangga muda terlalu banyak karena hanya membuat perut Anda menjadi tidak nyaman sebab terjadi penumpukan gas pada perut. 

  1. Mendukung perkembangan janin

Di dalam mangga muda terdapat kandungan vitamin A yang dapat mendukung perkembangan serta pembentukan tulang dan gigi janin. Selain itu, vitamin A juga dipercaya dapat membantu perkembangan organ tubuh lainnya seperti ginjal, paru-paru, dan juga jantung. Tidak berhenti di situ saja, mangga muda berguna untuk membantu perkembangan otot janin ketika berada di dalam kandungan berkat kandungan vitamin E yang ada di dalamnya.  

  1. Mencegah preeklampsia

Preeklampsia merupakan kondisi di mana terjadi peningkatan tekanan darah yang disertai protein pada urine.  Kondisi ini harus dapat dihindari karena bisa menyebabkan ibu dan janin dalam keadaan berbahaya. Namun dengan kandungan  magnesium di dalam mangga, maka dapat menjadi obat alami tekanan darah tinggi, kondisi ini dapat membuat ibu hamil terhindar dari preeklampsia.

  1. Meredakan morning sickness

Morning sickness merupakan salah satu ciri-ciri hamil yang membuat ibu hamil mengalami mual dan muntah di pagi hari. Namun  Anda bisa mengatasi morning sickness yang menyebalkan ini dengan cara mengonsumsi buah mangga. Hal ini karena di dalam buah mangga terdapat kandungan  vitamin B6. kandungan vitamin ini dapat membantu mengatasi mual dan muntah yang sering terjadi pada masa kehamilan. 

  1. Menyeimbangkan cairan tubuh

Manfaat buah mangga bagi ibu hamil yang selanjutnya yaitu dapat menyeimbangkan carian di dalam tubuh. Hal ini karena, selain kaya dengan kandungan nutrisi yang menyehatkan. Ternyata buah mangga muda juga memiliki kandungan elektrolit yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Tidak hanya itu, jika Anda mengonsumsi buah mangga dengan takaran yang pas, maka bisa terhindar dari dehidrasi. 

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Selama masa kehamilan, maka pembuluh darah akan mengalami banyak tekanan. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi mangga muda. Pasalnya, mangga muda memiliki kandungan vitamin C yang bersifat anti inflamasi. Kandungan vitamin C ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga tekanan pada darah berkurang. Tidak hanya itu, vitamin C ini juga bermanfaat dalam memproduksi sel darah merah. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat mangga muda bagi ibu hamil yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu dapat menyehatkan jantung. Hal ini karena buah mangga muda memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal berbagai radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit seperti penyakit jantung. Tidak hanya itu, mangga muda juga memiliki kandungan vitamin B3 yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Jadi, mengonsumsi buah mangga muda ketika ngidam dapat menyehatkan jantung.

Demikianlah beberapa informasi mengenai manfaat mangga muda yang sering diburu saat ibu hamil ngidam. Walaupun bermanfaat, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Selain itu, Anda juga perlu membarenginya dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya agar perkembangan janin menjadi lebih baik. Jalan lupa juga untuk rutin memeriksakan kandungan untuk memantau kondisi janin.  

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Time Of India. 2020. Is it safe to eat mangoes during pregnancy?. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/is-it-safe-to-eat-mangoes-during-pregnancy/photostory/76321642.cms

Netmeds. 2021. 6 Amazing Health Reasons To Eat Raw Mango Every Day. https://www.netmeds.com/health-library/post/6-amazing-health-reasons-to-eat-raw-mango-every-day

P, Romita. 2019. Eating Mangoes During Pregnancy – Is It Safe?. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-mangoes-during-pregnancy-safe-or-unsafe/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang