Bantuan

Dapat Dipengaruhi Berat Badan dan Genetik, Seperti Apa Ukuran Payudara Ideal Sebenarnya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Mar 2022

Bagikan

ukuran ideal payudara

Ukuran payudara ideal setiap wanita berbeda, tergantung dengan kondisi tubuhnya. Seperti apa sebenarnya ukuran payudara ideal? Apakah ukuran menjadi acuan sehat atau tidaknya payudara? Mungkin banyak dari Anda yang bertanya seperti ini. Perlu Anda ketahui bahwa payudara ideal didasari dari kondisi tubuh itu sendiri. Bukan didasari oleh standar baku ukuran yang tertentu. Apabila Anda sudah nyaman dan tidak ada keluhan dengan ukuran payudara maka, bisa dikatakan bahwa Anda memiliki payudara ideal. Dari sisi medis tentu ada beberapa fakta yang penting untuk Anda ketahui. Maka dari itu, simak penjelasan di bawah ini.

Tipe dan ukuran payudara ideal yang berbeda

Sesudah Anda memasuki masa pubertas maka, ukuran dan tipe payudara pun akan berubah. Sehingga wanita mempunyai bentuk payudara yang berbeda antara satu dengan yang lain. Memiliki bentuk payudara yang asimetris tidak berhubungan dengan ukuran payudara ideal atau tidak. Di mana payudara asimetris masih bisa dikategorikan payudara ideal, serta tergolong normal. Kondisi asimetris ini umum terjadi pada masa awal pubertas, sampai akhir masa pertumbuhan payudara. Berikut ini adalah bentuk payudara yang ada pada wanita:

  1. Bulat

Payudara dengan bentuk bulat sering kali disebut payudara ideal karena mempunyai tampilan yang serupa. Di mana kepenuhan juga hampir sama pada bagian atas dan bagian bawah. Tetapi, ini hanya salah satu dari payudara yang mana sama baik dengan bentuk yang lainnya. 

  1. Air mata

Bentuk atau tipe payudara ini mungkin terlihat sama dengan tipe lonceng, namun bentuk payudara air mata lebih bulat. Bentuknya pun sedikit lebih penuh pada bagian bawah.

  1. Lonceng

Bentuk payudara seperti lonceng umumnya dimiliki oleh orang dengan payudara yang lebih besar. Di mana payudara dengan bentuk lonceng ini memiliki kecenderungan sempit pada bagian atas. Sedangkan, penuh pada bagian bawah. 

  1. Lunak

Salah satu bentuk payudara ini terlihat tidak kencang karena adanya faktor genetis. Di mana jaringan payudara yang tipis dan juga lebih longgar. 

  1. Barat timur

Bentuk payudara ini terlihat penuh pada bagian atas dan juga bawah. Sementara puting mengarah pada arah yang berlawanan, atau menjauhi garis tengah tubuh seseorang. 

  1. Set samping

Serupa dengan bentuk barat timur, namun set samping memiliki sisi miring yang menjauh dari tengah dada. Maka dari itu, ini membuatnya seperti menyisakan lebih banyak ruang. 

  1. Set dekat

Berbeda dengan set samping, payudara dengan bentuk atau tipe set dekat mempunyai sedikit atau bahkan tidak terdapat ruang antara keduanya. 

 

Pertumbuhan payudara yang berbeda

Pertumbuhan payudara sudah dimulai sejak wanita mengalami pubertas. Di mana ada wanita yang alami pubertas lebih cepat, dan ada juga wanita yang mengalami pubertas pada usia pertengahan remaja. Sehingga, pertumbuhan payudara juga akan menyesuaikan, bisa lebih cepat juga bisa lebih lambat. Oleh karenanya tidak bisa ukuran payudara ideal disamakan antara wanita. Berikut inilah beberapa faktor yang memengaruhi ukuran payudara ideal wanita:

  1. Genetis

Faktor ini menjadi faktor terbesar yang mana memengaruhi bentuk dan juga ukuran payudara ideal pada wanita. 

  1. Berat badan

Lemak memiliki peran penting pada jaringan, dan kepadatan payudara. Di mana semakin berat badan Anda, maka semakin besar juga ukuran payudara. 

  1. Olahraga

Faktor selanjutnya adalah olahraga, yang mana olahraga seperti latihan yang berfokus pada otot dada seperti bench press dan push up, mampu membangun otot pada bagian belakang jaringan payudara. Contoh latihan seperti ini bukan untuk membuat payudara menjadi lebih besar namun, untuk mengencangkan payudara. Sehingga Anda terlihat memiliki payudara yang ideal. 

  1. Menyusui dan hamil

Adanya perubahan hormonal bisa membuat payudara menjadi bengkak selama masa kehamilan. Sedangkan selama masa menyusui payudara akan penuh dengan air susu, ini membuat payudara menjadi terlihat lebih besar. 

Apabila Anda memiliki keluhan yang dirasakan pada payudara, maka periksakan diri Anda ke dokter ahli. Jika Anda memiliki banyak pertanyaan tentang payudara, Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengulik Fungsi Rahim dalam Sistem Reproduksi Wanita

Referensi

Healthline, the girls guide to healthy breasts

Medical news today, breast shapes

Verywell health, one breast bigger than other

Bagikan artikel ini