Apa Saja Penyebab Keluar Flek Coklat Setelah Haid? Ketahui Alasannya di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Apa Saja Penyebab Keluar Flek Coklat Setelah Haid? Ketahui Alasannya di Sini

Banyak yang mempertanyakan apa saja penyebab keluar flek coklat setelah haid? Berkaitan dengan hal ini, banyak pula yang menjawab bahwa kehamilan adalah salah satu penyebabnya. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena penyebab keluar flek coklat setelah haid juga dapat disebabkan oleh hal lainnya. 

Lantas apa saja hal-hal yang dapat menjadi penyebab keluar flek coklat setelah haid tersebut? Simak terus mengenai jawabannya pada penjelasan berikut ini. 


Ciri Flek Coklat yang Bukan Haid

Ketika seorang wanita memasuki periode menstruasi, akan keluar darah dari vagina yang berwarna lebih gelap dibanding pendarahan biasanya. Warna yang dua tingkat lebih gelap ini disebabkan oleh darah yang sudah berusia sedikit lebih lama. Tidak hanya itu saja, warna gelap coklat ini disebabkan oleh aliran yang lambat.

Nah adapun ciri flek coklat yang bukan disebabkan oleh haid adalah sebagai berikut.

  • Berwarna kecoklatan

  • Mudah mengering

  • Meninggalkan noda pada pakaian dalam

  • Volume darah cenderung lebih sedikit

Apabila Anda menjumpai ciri-ciri tersebut, maka ada kemungkinan terjadi sebuah kondisi tertentu pada tubuh, terutama apabila flek tersebut muncul di waktu yang tidak menentu. 


Penyebab Flek Coklat Setelah Haid

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, flek coklat yang timbul setelah haid dapat mengindikasikan terjadinya suatu kondisi pada tubuh Anda. Untuk itu, ketahui beberapa penyebab flek coklat setelah haid berikut ini. 

  1. Cedera vagina

Penyebab flek coklat yang Anda alami bisa saja karena cedera vagina. Hal ini dapat terjadi apabila Anda melakukan penetrasi yang terlalu kasar pada saat berhubungan seksual. Selain itu, cedera vagina juga dapat disebabkan oleh tampon atau kondom yang tersangkut di vagina. Bahkan pemeriksaan vagina seperti prosedur pap smear juga dapat menyebabkan cedera vagina. 

  1. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS merupakan salah satu penyebab munculnya flek coklat setelah haid. PCOS itu sendiri merupakan suatu gangguan pada keseimbangan hormon di tubuh wanita yang ditandai dengan hormon laki-laki yang terlalu tinggi. Salah satu tanda dari ketidakseimbangan hormon yaitu siklus haid yang tidak teratur termasuk juga flek coklat yang muncul. 

  1. Perimenopause 

Penyebab munculnya flek coklat setelah haid yang selanjutnya yaitu perimenopause yang merupakan fase peralihan menuju menopause. Fase perimenopause dimulai dari 10 tahun sebelum Anda memasuki menopause. Pada fase ini, kadar hormon estrogen akan naik dan turun sehingga membuat siklus haid menjadi tidak teratur dan terkadang menyebabkan keluarnya flek coklat setelah haid. 

  1. Efek alat kontrasepsi hormonal

Alat kontrasepsi hormonal juga menjadi penyebab munculnya flek coklat setelah haid. Flek coklat yang muncul merupakan tanda dari haid yang tidak teratur. Akan tetapi, kondisi ini merupakan hal yang wajar dan normal. Hal ini karena kadar estrogen yang rendah membuat lapisan uterus menjadi tidak stabil dan mengeluarkan bercak coklat. 

  1. Penyakit menular seksual

Salah satu penyebab flek coklat setelah haid yang perlu diwaspadai yaitu penyakit menular seksual. Hal ini karena flek coklat setelah haid merupakan tanda dari penyakit menular seksual seperti gonore atau klamidia. Biasanya penyakit menular seksual ini akan disertai gejala lainnya seperti vagina terasa terbakar dan sakit, nyeri pinggul, dan keluar cairan keputihan yang tidak normal. 

  1. Sisa haid

Penyebab flek coklat setelah haid yang terakhir yaitu sisa darah yang ada di rahim. Pada umumnya, flek coklat yang terjadi merupakan sisa darah yang tertinggal dan baru saja keluar. Sisa darah yang keluar ini umumnya berwarna merah dan lebih gelap daripada haid biasanya. Selain itu, teksturnya bergumpal, kering dan lebih lengket.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa kemungkinan penyebab keluar flek coklat setelah haid. Apabila penyebabnya disebabkan oleh sisa haid, perimenopause, sebagai efek dari pemasangan alat kontrasepsi, ataupun kehamilan, maka Anda tidak perlu khawatir karena flek coklat dalam hal ini adalah reaksi yang normal. Namun apabila penyebabnya bukanlah hal tersebut, terlebih lagi kondisi ini terus berlangsung selama berminggu-minggu dan cukup mengganggu, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter demi mendapatkan penanganan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pahami Siklus Menstruasi yang Normal, Yuk!


Sumber:

Cherney, Kristeen. Is It Normal to Have Discharge After My Period?. 

University of Michigan Health. Abnormal Vaginal Bleeding.


Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi