Bantuan

Tidak Boleh Sembarang Pakai, Ini Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Mar 2022

Bagikan

skincare ibu hamil

Wajib untuk diperhatikan kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Untuk menjaga kehamilan ibu maka, banyak cara yang harus dilakukan dan juga dihindari. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan skincare yang wajib dihindari. Hal ini tentu menjadi penting karena terdapat kandungan pada skincare yang berisiko berbahaya untuk kehamilan Anda. Untuk Anda yang ingin tetap cantik dan merawat kulit wajah saat hamil, maka ada beberapa kandungan skincare yang perlu Anda hindari. 

Ketika hamil mungkin beberapa perempuan akan mengalami masalah kulit misalnya jerawat, kulit menghitam di area tertentu pada tubuh, dan lainnya. Sehingga ingin menjaganya agar tetap terawat dengan skincare. Tentu saja ini boleh, namun ada beberapa kandungan pada skincare yang berbahaya. Meskipun dasarnya penggunaan skincare bagi ibu hamil adalah hal yang diperbolehkan. Hal yang perlu Anda harus ketahui adalah untuk memilih serta menggunakan skincare yang kandungannya aman untuk digunakan. 

Skincare yang aman untuk ibu hamil

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa mungkin banyak perempuan yang mengalami masalah kulit saat hamil. Sehingga, ingin merawat kulit dengan menggunakan skincare. Namun, Anda tidak boleh sembarang memilih dan menggunakan produk skincare, karena adanya kandungan yang berbahaya. Di bawah ini beberapa kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil:

  1. AHA

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil pertama adalah AHA, atau asam alfa hidroksi. Diketahui bahwa hanya sedikit AHA yang diserap kulit, oleh karenanya kandungan skincare satu ini memiliki risiko yang rendah jika digunakan oleh ibu hamil. Tetapi, perlu diingat bahwa Anda tidak bisa asal menggunakannya. Sebaiknya gunakan AHA dengan dosis yang sangat rendah. Kandungan AHA sendiri yang aman untuk ibu hamil gunakan yaitu lactic acid dan juga glycolic acid. Kedua kandungan ini bisa Anda temukan pada produk skincare seperti pelembab, serum wajah, pencuci wajah, dan toner. Kedua kandungan AHA ini juga bisa Anda gunakan bersama dengan azelaic acid, guna mengurangi garis halus dan masalah pigmentasi. Serta untuk mencerahkan wajah Anda. 

  1. Hyaluronic Acid

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil selanjutnya adalah hyaluronic acid. Di mana kandungan ini memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit Anda. Bukan hanya itu, hyaluronic acid juga dapat membuat kulit adan terasa lebih kenyal. Untuk ibu hamil, penggunaan kandungan hyaluronic acid ini tergolong aman, serta tidak membahayakan kondisi ibu dan juga janin ibu.

  1. Vitamin C

Salah satu kandungan yang bisa ibu gunakan untuk mengatasi kulit kusam dan juga noda hitam di kulit, adalah dengan menggunakan produk skincare dengan kandungan vitamin C. Cara kerja dari kandungan vitamin C ini adalah seperti retinol, yang mana mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Vitamin C juga dapat membuat kulit wajah Anda menjadi cerah. 

  1. Niacinamide

Kandungan niacinamide bisa Anda temukan pada skincare untuk mengobati jerawat dan juga rosacea. Niacinamide adalah bentuk lain dari vitamin B6, yang mana bisa membantu mengurangi kemerahan di kulit serta peradangan. Anda tidak perlu khawatir, karena niacinamide merupakan kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. 

  1. Zinc oxide dan titanium dioxide

Kandungan pada skincare yang aman untuk Anda ibu hamil selanjutnya yakni zinc oxide dan titanium dioxide. Anda dapat menemukan kandungan ini pada produk skincare tabir surya atau sunscreen. Kedua kandungan skincare ini tidak bisa menyerap langsung ke kulit oleh karena itu, cenderung aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Menggunakan sunscreen ketika hamil sangat disarankan, ini karena hormon kehamilan bisa membuat kulit ibu menjadi sensitif dari sebelumnya. Untuk mengatasi ini selain menggunakan sunscreen, ibu hamil juga dapat menggunakan topi dan baju berlengan panjang saat ke luar rumah. Ibu hamil juga bisa menghindari aktivitas di luar rumah, saat matahari sedang sangat terik.

Itu tadi kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Dengan memahaminya maka bisa bantu mencegah risiko yang membahayakan kesehatan ibu dan janin. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil? Ini Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Parents, skincare whats safe for face and body

Baby center, safe skin care during pregnancy

Science daily

Web MD

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang