Bantuan

Wajib Dihindari, Ini Makanan yang Dilarang untuk Trombosit Rendah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

Makanan yang Dilarang untuk Trombosit Rendah

Jika Anda mengalami penurunan jumlah trombosit atau kondisi trombosit rendah, maka harus mengetahui makanan yang dilarang untuk trombosit rendah. Ternyata, kondisi jumlah trombosit yang terus menurun bisa berbahaya bagi tubuh. 

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari penurunan trombosit secara terus menerus adalah dengan menghindari beberapa makanan yang dapat  mempengaruhi turunnya kadar trombosit di dalam darah. 

Trombositopenia: Kadar Trombosit Rendah

Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan keadaan kadar trombosit rendah atau trombositopenia. Sesuai dengan namanya, hal ini adalah kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan trombosit dalam darah. Pada umumnya, orang dalam keadaan sehat memiliki trombosit di dalam darah sebanyak 150.000 hingga 400.000. Keadaan trombosit menjadi rendah jika jumlah trombosit di dalam darah mencapai kurang dari 150.000. 

Penyebab Terjadinya Penurunan Kadar Trombosit

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan kadar trombosit di dalam darah. Akan tetapi pada umumnya, keadaan ini disebabkan oleh Trombositopenia Imun atau penyakit yang disebabkan oleh kesalahan sistem imun di dalam tubuh. 

Selain itu, rendahnya trombosit juga disebabkan oleh kondisi yang berhubungan dengan penyakit lainnya. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan menurunnya kadar trombosit antara lain:

  • Infeksi virus seperti DBD, cacar air, hepatitis C, dan HIV.

  • Lupus eritematosus sistemik (LES), sebuah penyakit autoimun yang sering juga dikenal dengan penyakit Lupus. 

  • Leukemia limfositik kronis (CLL), sebuah penyakit yang disebabkan oleh sel kanker dalam atau tulang sumsum. Sering juga dikenal dengan kanker darah. 

  • Sepsis, keadaan yang disebabkan oleh infeksi parah bakteri dalam darah. 

  • Helicobacter pylori (H. pylori), penyakit yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori yang dapat hidup di dalam lambung.

  • Pengaruh obat-obatan tertentu yang mampu meningkatkan resiko terjadinya trombositopenia Imun.

Makanan yang Harus Dihindari

Jika Anda mengalami salah satu kondisi yang dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit dalam darah, maka penting untuk memperhatikan makanan apa saja yang boleh dan dilarang untuk dikonsumsi. Tentu saja Anda tidak ingin keadaan yang sedang dialami menjadi semakin parah, bahkan hingga mengancam jiwa. Untuk itu, mari simak penjelasan mengenai  beberapa  makanan yang dilarang untuk trombosit rendah berikut ini. 

  1. Alkohol 

Alkohol adalah salah satu minuman yang dilarang bagi Anda yang menderita trombosit rendah. Efek yang diberikan dari minuman beralkohol dapat menurunkan kadar trombosit dalam darah, maka tentu saja ini akan sangat berbahaya ketika Anda sedang mengalami penurunan kadar trombosit. 

2. Pemanis Buatan

Siapa sangka, ternyata pemanis buatan yang terdapat pada makanan-makanan yang dikonsumsi sehari hari juga dapat menjadi penyebab turunnya kadar trombosit. Gula yang terdapat dalam pemanis buatan dapat menghalangi kinerja sistem kekebalan tubuh  yang sedang melakukan pemulihan dari penyakit yang sedang dialami menjadi tidak dapat berfungsi dengan maksimal. 

3. Makanan Berlemak

Kondisi badan yang sehat dan tidak sakit pun harus menghindari makan makanan berlemak secara berlebihan. Tentu saja hal ini berlaku saat badan berada dalam kondisi yang tidak sehat. Makanan berlemak yang dilarang dan harus dihindari adalah daging merah, susu, gorengan, makanan olahan, serta lemak yang bersifat trans mampu meningkatkan peradangan. Sedangkan susu sapi dan beberapa produk yang mengandung susu sapi, menyebabkan terhambatnya produksi trombosit.

4. Makanan Tinggi Sodium

Berbagai makanan cepat saji, snack, dan frozen food yang mengandung tinggi sodium dapat memperburuk peradangan yang terjadi bagi penderita kondisi autoimun. Jika autoimun yang dialami adalah trombositopenia, tentu saja hal ini akan menjadikan keadaan semakin parah dan berbahaya. 

Kadar trombosit yang menurun dan berada di bawah jumlah normal, tidak boleh diabaikan begitu saja. Selain berupaya meningkatkan kembali kadar trombosit dalam darah, maka jangan lupa untuk menghindari makanan yang dilarang saat trombosit rendah. Karena dengan menjauhi makanan tersebut dapat berpengaruh besar bagi pemulihan kondisi kesehatan Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Trombosit Normal dan Cara Menjaganya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Hoffman, Matthew. 2020. Thrombocytopenia and ITP. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/thrombocytopenia-symptoms-causes-treatments#1

Kimszal, Jeanette. 2021. Improving Platelet Count and Function Through Your Diet. https://www.verywellhealth.com/foods-to-eat-and-avoid-with-itp-5206758

Villines, Zawn. 2022. Thrombocytopenia treatment: What to know. https://www.medicalnewstoday.com/articles/thrombocytopenia-treatment

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang