Bantuan

Jangan Khawatir Ibadah Terganggu, Cukup Terapkan Tips Mencegah GERD Saat Puasa Berikut

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Apr 2022

Bagikan

mencegah gerd

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung, wajib mengetahui tips mencegah GERD saat puasa. Pasalnya, perubahan pola makan saat puasa rentan memicu naiknya asam lambung. Jika terjadi kondisi ini, tentunya ibadah puasa Anda akan terganggu karena munculnya berbagai gejala seperti mual, muntah, sensasi terbakar di dada dan sebagainya. 

Oleh karena itu, agar ibadah puasa yang Anda jalankan bisa lancar dan tanpa gangguan, sebaiknya pahami cara-cara mencegah GERD saat puasa. Lantas apa saja tips mencegah GERD saat puasa tersebut? Mari cari tahu jawabannya melalui penjelasan yang ada di bawah ini. 

Tips Mencegah GERD Saat Puasa

Menerapkan beberapa tips di bawah ini sangat membantu Anda terhindar dari GERD saat puasa. Oleh karena itu, perhatikan beberapa tips mencegah GERD saat puasa berikut ini. 

  1. Jangan lewatkan waktu sahur

Tentu saja, tips yang sangat wajib Anda terapkan pertama yaitu tidak melewatkan sahur. Mungkin beberapa Anda merasa sangat mengantuk sehingga lebih memilih tidur dan melewatkan sahur. Namun, jika Anda melakukan ini akan membuat perut menjadi benar-benar kosong di siang hari sehingga memicu naiknya asam lambung. Oleh karena, bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung sangat wajib untuk sahur dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. 

  1. Jangan tidur setelah makan

Tips mencegah GERD saat puasa yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu tidak tidur setelah makan. Walaupun saat sahur Anda merasa sangat mengantuk, sebaiknya untuk tidak tidur agar asam lambung tidak naik ke tenggorokan. Jika Anda benar-benar mengantuk, mungkin bisa beristirahat dengan posisi kepala lebih tinggi. Anda baru bisa berbaring ketika 3 jam setelah makan. 

  1. Hindari berbagai pemicunya

Menghindari beberapa pemicu naiknya asam lambung merupakan salah satu tips yang bisa Anda lakukan. Beberapa pemicu naiknya asam lambung yang sebaiknya Anda hindari yaitu makanan pedas, makanan berminyak, makanan asam serta minuman berkarbonasi. Beberapa makanan ini sering ditemukan saat berbuka seperti gorengan dengan sambal. Jika Anda tidak ingin mengalami GERD, sebaiknya hindari beberapa makanan ini.

  1. Makan dengan porsi kecil

Berpuasa dari dini hari hingga petang, akan membuat Anda sangat lapar dan juga haus. Oleh karena itu, tidak jarang orang akan langsung makan banyak saat berbuka. Namun, cara ini sebaiknya dihindari karena akan menyebabkan sistem pencernaan terbebani sehingga memicu naiknya asam lambung. Sebaiknya, Anda berbuka dengan segelas air dan buah-buahan segar. Setelah salat Magrib Anda bisa mengonsumsi makan berat dengan porsi yang kecil saja, dan bisa makan lagi beberapa saat kemudian. 

  1. Makan dengan perlahan

Saat makan, sebaiknya Anda makan dengan perlahan. Pasalnya, makan terlalu cepat hanya akan memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Sebisa mungkin Anda mengunyah makanan hingga benar-benar lembut agar lebih mudah dicerna. Menelan makanan yang sudah benar-benar lembut akan membantu enzim pencernaan untuk mencerna makanan dengan lebih mudah, sehingga mengurangi risiko naiknya asam lambung.  

  1. Berhenti merokok

Jika Anda tidak ingin mengalami masalah dengan asam lambung selama berpuasa, sebaiknya hindari rokok terlebih dahulu. Pasalnya, rokok tidak hanya buruk terhadap kesehatan paru-paru namun juga bisa memicu asam lambung naik. Jika Anda sulit untuk berhenti merokok, sebaiknya untuk mulai dikurangi dan merokoklah beberapa saat setelah makan. Namun, lebih baik lagi jika Anda berhenti merokok. 

  1. Segera berbuka

Tips mencegah GERD yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu menyegerakan berbuka puasa. Oleh karena itu, jika Anda seseorang yang sibuk sebaiknya menyiapkan bekal untuk berbuka. Hal ini karena, menunda-nunda waktu berbuka hanya akan memicu asam lambung naik. Namun, saat berbuka tidak perlu makan dengan porsi yang besar. 

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai tips mencegah GERD saat puasa yang bisa Anda lakukan. Selain itu, jika Anda sudah mengalami masalah asam lambung yang cukup parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kondisi Anda apakah bisa berpuasa atau tidak. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Bolehkah Puasa Tidak Sahur? Ketahui Pengaruhnya bagi Kesehatan Tubuh Berikut ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Kerr, Michael. 2018. How to Prevent Acid Reflux and Heartburn. https://www.healthline.com/health/gerd/preventing-heartburn

Mayo Clinic. Gastroesophageal reflux disease (GERD). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940 

Thompson, Dennis. 2016. 10 Ways to Prevent GERD. https://www.everydayhealth.com/gerd/preventing.aspx

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang