Tips Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi COVID-19, Mudah Dilakukan!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Sep 2021

Bagikan

Tips Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi COVID-19, Mudah Dilakukan!

Banyak yang bertanya-tanya tentang tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi, namun tidak banyak yang bisa memberikan jawaban atas tips-tips yang efektif dan mudah dilakukan. Nah, teruntuk Anda yang juga tengah mengalami penurunan terkait kondisi kesehatan mental selama masa pandemi ini, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan.

Kesehatan mental selama pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung lebih dari 1 tahun lamanya mungkin telah memberikan dampak negatif yang cukup besar bagi kesehatan psikis kita. Berbagai macam kabar buruk mengenai banyaknya korban berjatuhan mungkin telah mengakibatkan banyak dari kita merasa cemas dan khawatir bahwa hal yang sama juga akan terjadi pada diri sendiri ataupun orang terdekat. 

Tidak hanya itu saja, banyak juga yang merasa stres akibat kehilangan mata pencaharian, atau merasa terisolasi karena tidak bisa keluar dari rumah selama berbulan-bulan. Masih banyak lagi hal yang dapat memicu penurunan kondisi kesehatan mental seseorang selama pandemi. Untuk itu, dibutuhkan suatu upaya tertentu untuk menanganinya. Jika dibiarkan, kondisi kesehatan mental yang semakin menurun ini akan semakin parah dan pada akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Tips menjaga kesehatan mental selama pandemi

Tidak selalu sulit, menjaga kesehatan mental sejatinya mudah dilakukan, dan bisa dimulai kapan saja, dari diri sendiri. Berikut ini adalah beberapa di antaranya yang bisa Anda coba aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Rutin melakukan aktivitas fisik

Terlalu lama berada di rumah mungkin telah membuat banyak dari kita merasa bosan, jenuh, bahkan stres. Terkait hal ini, melakukan aktivitas fisik secara rutin meskipun hanya di rumah, dapat sangat membantu kondisi mental seseorang. Anda bisa mencoba berlari-lari kecil di sekeliling rumah, berolahraga dengan naik turun tangga, atau mencoba zumba bersama saudara. Dengan rutin beraktivitas seperti ini, tubuh akan mampu memproduksi hormon endorfin, yakni hormon kebahagiaan yang dapat mengurangi rasa cemas dan khawatir, memperbaiki mood, hingga meredakan stres.

  1. Membuat rutinitas baru

Berada terlalu lama dalam rutinitas yang sama di rumah mungkin akan membuat Anda mudah merasa jenuh dan bahkan bisa menyebabkan stres. Untuk itu, cobalah untuk membuat rutinitas baru, kemudian menjalankannya dengan gembira. Anda bisa menyisipkan waktu untuk menekuni hobi atau hal-hal lainnya yang Anda senangi dalam rutinitas baru tersebut. Anda juga bisa mencoba hal-hal baru, seperti menyelesaikan buku self-improvement, mencoba belajar memasak, atau bahkan merintis bisnis. Selain dapat melakukan hal-hal favorit Anda, rutinitas baru ini juga akan meningkatkan produktivitas selama berada di rumah. 

  1. Menjauhi kebiasaan buruk

Pandemi COVID-19 yang cukup menyiksa ini mungkin telah membuat kita terbiasa menjalankan kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti merokok, minum-minuman beralkohol, ataupun sekedar menjadikan kita terbiasa bermalas-malasan, terlalu sering begadang, dan lain sebagainya. Nah dalam hal ini, Anda bisa coba untuk mulai menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, karena dapat semakin memperparah kondisi kesehatan fisik dan juga kesehatan mental Anda. 

  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Siapa bilang makanan sehat dan bergizi hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik Anda? Faktanya, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi akan dapat memberikan dampak positif juga bagi kesehatan mental Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu, cobalah penuhi asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral harian Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mengonsumsi umbi-umbian, buah-buahan, sayuran hijau, ikan dan makanan laut lainnya, daging, susu dan produk susu, hingga kacang-kacangan.

  1. Tetap jaga komunikasi dengan keluarga dan teman

Meskipun pandemi COVID-19 ini mengharuskan kita untuk menjaga jarak, namun Anda tetap bisa menjaga komunikasi berjalan lancar dengan teman dan keluarga tercinta. Dalam hal ini, jika Anda kebetulan tengah menjalani pembatasan sosial bersama keluarga di rumah, tetap jalin obrolan hangat pada saat kumpul bersama di ruang makan. Kalaupun Anda tengah menjalani masa karantina sendirian, Anda tetap bisa berkirim pesan singkat, ataupun menelepon dan saling ber-video call bersama teman dan keluarga.

Itulah dia beberapa tips menjaga kesehatan mental selama masa pandemi COVID-19 ini. Mengalami stres, cemas, dan ketakutan selama masa-masa sulit seperti ini sangatlah wajar. Namun Anda tetap harus memperdulikan diri, dengan segera meminta pertolongan saat masalah yang dihadapi terasa begitu berat.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Art Therapy: Cara Unik dan Beda Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental


Sumber:

CDC. 2021. Mental Health and Coping During COVID-19. 

WHO. Mental Health & COVID-19. 

UNICEF. How to protect your mental health during the coronavirus (COVID-19) pandemic.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi