Bantuan

Mari Cari Tahu Penyebab Ambeien dan Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Mar 2022

Bagikan

penyebab ambeien

Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami ambeien atau wasir, tahukah Anda apa penyebab ambeien? Jika dibandingkan dengan pria, wanita lebih mudah terkena ambeien karena wanita mengalami menstruasi yang menyebabkan pembuluh darah di sekitar panggul melebar. 

Meskipun terbilang penyakit biasa dan mudah disembuhkan, ambeien cukup mengganggu bagi aktivitas sehari-hari Anda. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman ketika duduk, ambeien bisa menimbulkan rasa sakit ketika buang air besar. Berikut penyebab ambeien dan cara mencegahnya yang perlu Anda ketahui melalui pembahasan di bawah ini.

Apa itu Ambeien?

Ambeien adalah penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada pembuluh darah vena di sekitar anus. Kondisi ini umumnya dikenal dengan penyakit wasir. Pembengkakan di sekitar rektum atau saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus bisa terjadi karena Anda mengejan terlalu lama ketika buang air besar.

Penyebab Ambeien

Penyebab ambeien pada umumnya adalah adanya tekanan yang menyebabkan pembuluh vena di sekitar anus meradang.  Tekanan yang terlalu kuat biasanya terjadi ketika Anda sulit buang air besar. Mengejan merupakan salah satu penyebab ambeien yang sering dialami, namun ternyata masih banyak penyebab ambeien yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Duduk Terlalu Lama

Salah satu penyebab ambeien adalah duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk terlalu lama biasanya terjadi ketika Anda sibuk bekerja di kantor, nonton TV dan buang air besar.  Kebiasaan duduk terlalu lama merupakan penyebab ambeien secara tidak langsung, selain bisa menyebabkan gemuk karena gaya hidup yang sedenter, duduk terlalu lama bisa menyebabkan sembelit.

  1. Mengangkat Benda Berat

Penyebab ambeien selanjutnya adalah mengangkat benda terlalu berat sehingga membutuhkan tekanan pada rektum atau penghubung usus besar dengan anus, akibatnya aliran darah dan pembuluh darah di sekitar anus mengalami pembengkakan. 

  1. Usia 

Ambeien bisa dialami oleh siapa saja karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, termasuk mereka yang telah lanjut usia. Pada usia 50 tahun ke atas penopang tubuh akan melemah dan orang lanjut usia rentan mengalami ambeien karena saluran rektum ikut melemah. 

  1. Sembelit 

Sembelit merupakan masalah pencernaan karena menurunnya fungsi usus. Frekuensi buang air besar normalnya adalah 3 kali dalam seminggu dan adapun mereka yang setiap hari, namun jika kurang dari 3 kali dalam seminggu bisa jadi Anda mengalami sembelit. Sembelit menyebabkan feses mengeras, sehingga Anda sulit buang air besar. Sembelit bisa terjadi karena kurangnya aktivitas fisik, kurang cairan dan kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat. 

Cara Mencegah Ambeien

Ambeien bisa kambuh kapan saja, dan akan sangat mengganggu kenyamanan aktivitas Anda, jika tidak segera dicegah. Untuk mencegah ambeien kambuh kembali Anda bisa mencoba beberapa upaya pencegahan berikut:

  1. Olahraga

Memperbanyak aktivitas fisik dengan rutin berolahraga bisa mengurangi frekuensi duduk di rumah. Duduk seharian di rumah tidak baik bagi kondisi kesehatan pencernaan Anda, sehingga Anda perlu bergerak agar kesehatan pencernaan tetap terjaga. Dengan berolahraga Anda bisa mengurangi berat badan dan mengurangi risiko ambeien yang lebih parah, karena kelebihan berat badan tidak baik bagi Anda yang mengalami ambeien. 

  1. Banyak Minum Air Putih

Hal yang paling mudah untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan rutin meminum air putih, karena air putih bisa Anda temukan dimana saja. Minum air putih 8 gelas sehari bisa membantu kerja serat dalam melunakkan feses dan menghindari risiko ambeien pecah.

  1. Konsumsi Makanan Berserat

Salah satu penyebab ambeien adalah kurangnya makanan yang mengandung serat, sehingga salah satu upaya pencegahan ambeien bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan berserat. Makanan berserat bisa Anda dapatkan dalam  sayuran, biji-bijian, buah-buahan dan kacang-kacangan. 

Melalui pembahasan di atas Anda telah mengetahui beberapa penyebab ambeien dan cara mencegahnya. Penyakit ambien bisa Anda hindari dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan berserat dan minum air putih yang cukup. Jika ambeien semakin parah dan tidak kunjung sembuh sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Waspadai, Berbagai Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menjadi Penyebab Ambeien

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

WebMD: Hemorrhoids. 2020. Available at: 

https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hemorrhoids-basics (Accessed: 6 Oktober 2021)

Cleveland Clinic: Hemorrhoids. Available at: 

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15120-hemorrhoids (Accessed: 6 Oktober 2021)

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang