Bantuan
Bantuan

Mengenal Berbagai Macam Jenis Sendi Dan Cara Menjaga Kesehatannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Jul 2021

Bagikan

Ada Sendi Peluru & Engsel, Kenali Berbagai Macam Jenis Sendi

Tahukah Anda, bahwa manusia memiliki berbagai macam jenis sendi yang membuat manusia dapat bergerak? Struktur tubuh pada manusia dewasa sangatlah kompleks, dengan 206 tulang yang saling terhubung oleh tulang rawan, otot ligamen dan berbagai macam sendi.

Sendi memiliki fungsi untuk menghubungkan dua tulang, memberi struktur dan membantu otot dapat menggerakkan tulang. Setidaknya ada 3 jenis sendi yang mengghubungkan tulang manusia. Lantas apa saja jenis sendi tersebut? Simak penjelasan di bawah ini. 

Berbagai Jenis Sendi

1.  Sendi Mati

Jenis sendi yang pertama yaitu sendi mati. Pada sendi mati atau sendi fibrosa berfungsi untuk menghubungkan dua tulang yang tidak menimbulkan gerakan. Contoh dari sendi mati yaitu sendi antar tulang tengkorak dan sendi penghubung gigi dan tengkorak. 

2.  Sendi Kaku

Jenis sendi yang selanjutnya yaitu sendi kaku. Walaupun namanya kaku, tetapi sendi ini tetap memungkinkan pergerakan namun terbatas. Sendi kaku ini, salah satunya terdapat pada ruas tulang belakang. 

3.  Sendi Gerak

Sendi gerak merupakan sendi yang memiliki gerakan yang bebas dan leluasa. Pada sendi gerak ini terdapat cairan yang bernama sinovial. Carian tersebutlah yang membuat sendi ini dapat bergerak dan berfungsi sebagai pelumas. Tidak hanya itu, sendi gerak ini terdiri dari berbagai macam jenis lagi yang diantaranya adalah  

     Sendi Geser

Sendi geser, memungkinankan terjadinya pergerakan tulang yang sama-sama datar. Anda dapat melihat contoh sendi geser yaitu pada sendi yang menghubungkan tulang-tulang pada pergelangan tangan. 

     Sendi Putar

Sendi putar, memungkinkan terjadinya pergerakan yang memutar terhadap tulang lain. Contoh sendi putar yaitu sendi di antara tulang pengumpil pada lengan dan juga tulang hasta. 

     Sendi Pelana

Disebut sebagai sendi pelana, karena mirip pelana. Pada jenis sendi ini, memungkinkan terjadinya gerakan dua arah. Contoh sendi ini yaitu sendi yang menghubungkan pangkal ibu jari dengan pergelangan tangan.

     Sendi Engsel

Dari namanya, mungkin Anda sudah tahu, bahwa sendi ini memiliki gerakan seperti pintu. Contoh sendi engsel ini yaitu sendi pada lutut yang menghubungkan tulang paha, tulang kering dan tulat lutut. 

     Sendi Gulung

Sendi gulung memungkinkan terjadinya dua sumbu gerakan yaitu membengkokkan dan gerakan meluruskan. Contoh sendi ini dapat Anda temui pada sendi yang menghubungkan tulang telapak tangan dengan tulang jari.

     Sendi Peluru

Sendi peluru memungkinkan terjadinya gerakan ke segala arah. Manusia hanya memiliki 2 sendi peluru yaitu sendi pada bahu yang menghubungkan tulang belikat dengan lengas atas serta sendi yang menghubungkan panggul dengan tulang paha.

Baca Juga: Tulang Sebagai Sistem Gerak Pasif Manusia

Menjaga Kesehatan Sendi

Lantas, bagaimana cara agar berbagai macam jenis sendi tersebut tetap sehat? Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sendi.

1.  Melakukan Olahraga Secara Rutin

Cara menjaga kesehatan sendi yang pertama yaitu berolahraga dengan rutin. Anda sebaiknya berolahraga selama 30 menit setiap harinya atau 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa, jarang berolahraga akan membuat otot, tulang dan sendi menjadi lemah. Selain itu, olahraga juga dapat menjaga kesehatan Anda secara menyeluruh.

2.  Menjaga Berat Badan Ideal

Cara yang selanjutnya yaitu dengan mempertahankan berat badan yang ideal. Hal ini karena, berat  badan yang berlebihan akan memberikan tekanan pada sendi seperti sendi lutut dan kaki. Sehingga, sendi tersebut akan melemah dan mengalami gangguan. Oleh karena itu, untuk menjaga sendi tetap sehat, jagalah berat badan ideal Anda. 

3.  Memenuhi Asupan Kalsium dan Vitamin D

Vitamin D dan juga kalsium merupakan 2 jenis nutrisi yang sangat penting dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi. Apabila Anda kekurangan kedua nutrisi tersebut, maka dapat menyebabkan osteoporosis. Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi. Anda juga bisa mengkonsumsi susu, keju atau kacang-kacangan untuk asupan kalsium. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai berbagai macam jenis sendi serta cara menjaga kesehatannya. Ternyata fungsi sendi sangat penting, bukan? Oleh karena itu, mulailah untuk menjaga kesehatan sendi Anda agar tidak menyulitkan Anda beraktivitas.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menjaga Kesehatan Tulang Yang Perlu Anda Ketahui

 

Referensi :

1. Frothingham, Scott. How Many Joints Are in the Human Body?. (2019)

2. Mayo Clinic Staff. Bone health: Tips to keep your bones healthy. (2021)

3. Rauh, Sherry How to Take Care of Your Joints. (2016)

Tag :
Bagikan artikel ini