Bantuan
Free Tele x

Tidak Hanya Menjaga Pasien, Ini Tugas Pokok Perawat yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Tidak Hanya Menjaga Pasien, Ini Tugas Pokok Perawat yang Perlu Anda Ketahui

Mengetahui tugas pokok perawat merupakan suatu hal yang penting dan perlu diketahui. Dalam hal ini, perawat tidak hanya bertugas untuk menjaga pasien saja, akan tetapi memiliki beberapa tugas pokok perawat ketika menjalankan profesinya. 

Lantas apa saja tugas pokok perawat itu sendiri? Sebelum membahas mengenai beberapa tugas pokok perawat, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu profesi perawat. Untuk itu, simak pembahasan mengenai perawat dan tugas pokoknya berikut ini. 

Sekilas tentang profesi perawat

Perawat merupakan sebuah profesi di mana seseorang yang menjalaninya perlu memberikan asuhan kepada pasien, baik individu ataupun kelompok, dalam kondisi yang sakit maupun sehat. Dalam hal ini, seorang perawat tidak hanya berperan sebagai pemberi asuhan keperawatan, akan tetapi juga sebagai pendidik, advokat, dan berbagai peran lainnya.

Selama menjalankan profesinya, seorang perawat akan kerap bersentuhan dan bekerja sama dengan profesi lainnya di bidang kesehatan, seperti dokter (baik umum dan spesialis), bidang, dan berbagai ahli lainnya. Di mana pun ia bekerja, baik di rumah sakit atau klinik pemerintah maupun swasta, seorang perawat harus menjalani tugas pokoknya sesuai dengan aturan dan etika keperawatan. 

Tugas pokok perawat

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam menjalankan profesi perawat mempunyai tugas-tugas yang perlu diemban. Dalam hal ini, tugas pokok perawat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Memberi asuhan

Tugas pokok perawat yang pertama yaitu memberikan asuhan kepada pasien. Dalam hal ini, yang dimaksud memberi asuhan yaitu memberikan pelayanan kepada pasien tidak boleh pandang bulu. Selain itu, perawat dalam hal ini juga bertugas untuk menjaga serta merawat kebersihan dan kesehatan pasien, dan memastikannya berada dalam kondisi baik. Berkaitan dengan tugas pokok perawat yang satu ini, seorang perawat sangat mungkin membantu pasien mengenakan baju, memasang popok, dan berbagai aktivitas lainnya, terutama apabila pasien tersebut kesulitan dalam beraktivitas karena keterbatasan akibat kondisi kesehatannya. 

  1. Memberi obat

Seorang perawat bertugas dalam memberikan obat kepada pasien dan obat yang diberikan harus sesuai dengan resep dokter. Dalam memberikan obat, perawat akan memberikan sesuai dengan takaran dan jadwal yang sudah ditentukan. Apabila terjadi kesalahan yang diakibatkan oleh kelalaiannya, maka perawat dalam hal ini diharapkan dapat bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan tersebut. 

  1. Memberi perhatian

Tidak hanya memberi obat, seorang perawat juga bertugas dalam memberikan perhatian kepada pasien. Seorang perawat wajib memberikan perhatian agar membuat pasien lebih bersemangat untuk segera sembuh. Dalam mewujudkan tugas pokok yang satu ini, seorang perawat perlu memiliki sisi empati dan simpati kepada pasien, terutama dalam memahami kondisinya. 


Baca Juga: Mengenal Peran dan Fungsi Perawat Yang Perlu Diketahui


  1. Memberi motivasi

Selain perhatian, perawat juga wajib memberikan motivasi kepada pasien agar tekadnya semakin kuat untuk sembuh. Tujuan memberikan motivasi untuk menghilangkan stres dan tekanan yang dimiliki oleh pasien. Dalam hal ini, seorang perawat perlu memiliki rasa sabar yang ekstra dan kondisi psikis yang sehat agar dapat memberikan dukungan pada pasien. 

  1. Menerima pasien

Tugas pokok perawat yang selanjutnya yaitu menerima pasien. Maksud dari tugas pokok yang satu ini yaitu, perawat akan menerima pasien yang baru saja datang sesuai dengan prosedur rumah sakit. Perawat juga harus memberikan pelayanan sebaik mungkin agar pasien merasa puas, dan yang paling penting adalah agar pasien tersebut teratasi permasalahan yang dialaminya, sehingga kesehatannya semakin meningkat. 

  1. Menetapkan jenis keperawatan

Tugas pokok perawat yang terakhir yaitu menetapkan jenis keperawatan. Hal ini diperlukan karena setiap pasien tentunya membutuhkan keperawatan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi yang dialami oleh pasien. Sebagai contoh, pasien lansia cenderung kesulitan dalam melakukan banyak hal seperti berjalan ataupun makan, sehingga perawat dalam hal ini harus bisa menyiapkan jenis keperawatan untuk mengatasi hal tersebut. 

Demikianlah penjelasan mengenai tugas pokok perawat yang perlu Anda ketahui. Jika dilihat dari berbagai tugas di atas, dapat diketahui bahwa profesi sebagai perawat merupakan salah satu profesi mulia. Tidak heran profesi perawat menjadi salah satu profesi yang dicintai oleh banyak masyarakat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

American Nurses Association. What is Nursing?. 

Smith, Yolanda. Roles of a Nurse. 

Gwynedd Mercy University. What Do Nurses Do?.

Tag :
Bagikan artikel ini