Bantuan
Free Tele x

Healing Time dan Manfaat Liburan bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Healing Time dan Manfaat Liburan bagi Kesehatan

Manfaat liburan bagi kesehatan baik untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental setelah jenuh bekerja. Bisa pergi bersama sahabat, keluarga atau pasangan. Oleh karena itu, Anda perlu menyempatkan waktu untuk berlibur yang mana liburan saat ini telah dikenal sebagai healing. Kira-kira apa saja manfaat liburan bagi kesehatan? Mari cari tahu sejumlah manfaatnya bagi kesehatan melalui ulasan berikut ini.

Baca juga: Dibutuhkan Tubuh untuk Mempercepat Penyembuhan, Ini Dia Macam-macam Healing Foods

 

Apa Itu Healing?

Istilah bahasa Inggris seperti healing saat ini telah banyak digunakan, baik itu di media sosial maupun dunia nyata. Healing merupakan istilah gaul yang biasa digunakan oleh anak muda untuk merujuk pada penyembuhan atau pengobatan. Istilah healing juga bisa digunakan dalam beragam konteks, salah satunya liburan untuk menenangkan pikiran.

 

Manfaat Liburan bagi Kesehatan

Liburan bukan hanya sekedar bersenang-senang, tetapi memiliki manfaat bagi kesehatan dan menyegarkan pikiran penat. Berikut manfaat liburan bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan fungsi otak merupakan salah satu manfaat liburan bagi kesehatan. Terlebih waktu istirahat yang sedikit saat bekerja dapat menyebabkan gangguan memori. Akibatnya kita jadi sulit konsentrasi dan mengingat banyak hal. Dalam sebuah penelitian telah dijelaskan bahwa meluangkan waktu untuk berlibur dapat menyegarkan pikiran, membantu otak lebih fokus, produktif dan kembali baik. 

2. Memperkuat Imunitas

Bekerja terlalu keras atau stres dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang melemahkan sistem kekebalan tubuh atau imun. Akibatnya Anda jadi mudah flu dan terserang irritable bowel syndrome. Jika berlibur, sistem imun akan menguat kembali karena adanya efek relaksasi. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang menjelaskan bahwa orang yang sering liburan cenderung lebih sehat dan panjang umur.

Baca juga: Manfaat Vitamin C bagi Imunitas Tubuh

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat liburan bagi kesehatan selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Bahkan dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa liburan atau staycation di rumah dapat memperbaiki kontrol gula darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau High-Density Lipoprotein (HDL). Sehingga healing tidak selalu mengeluarkan biaya besar. 

4. Meredakan Rasa Cemas

Selain mengurangi stres, liburan dapat meredakan rasa cemas. Seperti halnya stres, rasa cemas dapat membuat Anda berpikir dua kali ketika mengambil keputusan. Namun memiliki rasa cemas tidak boleh berlebihan karena bisa membuat hidup tidak tenang. Untuk mengatasinya, Anda bisa berlibur agar lebih santai, tenang dan tidak seperti hari-hari biasanya yang penuh dengan kesibukan.

 

3 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Liburan

Sebelum pergi liburan, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan agar liburan jadi lebih tenang. Berikut 3 hal yang perlu Anda siapkan sebelum liburan, di antaranya: 

1. Sesuaikan dengan Budget

Menyesuaikan rangkaian liburan dengan budget merupakan salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan. Misalnya budget untuk lokasi tujuan, penginapan, akomodasi, transportasi menuju lokasi dan hal-hal yang akan Anda lakukan selama liburan. Hal ini perlu dipertimbangkan agar anggaran untuk liburan tidak melebihi budget

2. Memilih Penginapan

Ketika memilih penginapan, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, misalnya tidak jauh dari destinasi wisata agar menghemat waktu perjalanan. Namun jika Anda tipe orang yang suka menghabiskan waktu di penginapan, bisa memilih tempat yang sedikit lebih mahal dan memiliki fasilitas lengkap. Jadi Anda tetap bisa merasakan suasana liburan meski berdiam diri di tempat penginapan. 

3. Menentukan Akomodasi selama Liburan

Akomodasi selama liburan tidak kalah penting Anda pertimbangkan agar bisa berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya secara mudah. Meski sekarang telah ada transportasi online namun tidak semua destinasi wisata bisa dijangkau. Akan lebih baik jika Anda menyewa kendaraan seperti mobil atau motor agar lebih bebas saat pergi kemanapun.

Ada banyak manfaat liburan bagi kesehatan di antaranya meningkatkan fungsi otak, memperkuat imunitas, meningkatkan kesehatan jantung dan meredakan rasa cemas. Namun sebelum pergi liburan, jangan lupa pertimbangkan budget, penginapan, akomodasi dan lainnya agar lebih mudah, nyaman dan tidak melebihi anggaran.

Baca juga: Disebut Dapat Mengeluarkan Energi Negatif, Crystal Healing Adalah

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

Salomons Estate:  10 Health Benefits of Holidays. 2021. Available at: https://www.salomons-estate.com/blog/10-health-benefits-of-holidays/ (Accessed: 22 April 2022).

Thass. 16 Things to do before vacation that don’t involve packing! 2020. Available at: https://familyoffduty.com/things-to-do-before-vacation/ (Accessed: 22 April 2022).

Bagikan artikel ini