Mengenal Peran dan Fungsi Perawat Yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Mengenal Peran dan Fungsi Perawat Yang Perlu Anda Ketahui

Seperti profesi dibidang kesehatan lainnya, perawat juga memiliki peran dan fungsi perawat yang telah diatur sesuai dengan batasan pelayanan kesehatan. Terlepas dari tempatnya bekerja, apakah di klinik, puskesmas, hingga rumah sakit sekalipun, setiap perawat perlu memahami dan menerapkan peran dan tugasnya ini dengan baik dan benar. 

Pada akhirnya, peran dan fungsi perawat ini akan menjadi pedoman bagi masyarakat umum maupun bagi para perawat dan calon perawat. Bahwasanya dalam hal ini, perawat pada dasarnya memegang peranan dan fungsi penting dalam memberikan kualitas pelayanan kesehatan terbaik untuk setiap masyarakat.

Peran Perawat

Sebagaimana yang tercantum dalam Konsorsium Ilmu Keperawatan (1989), ada 7 peran penting perawat yang perlu diketahui yakni sebagai berikut. 

  1. Sebagai pemberi asuhan keperawatan, dimana perawat dalam hal ini berperan dalam menyesuaikan pemberian asuhan keperawatan pada pasien dengan tetap memperhatikan kebutuhan dasar manusia. 

  2. Sebagai advokat pasien, di mana perawat dalam hal ini akan membantu proses komunikasi dan pemberian informasi yang layak di antara pasien, keluarga, dan tenaga kesehatan lainnya. Perawat juga akan membantu pasien dan keluarga mendapatkan hak-haknya.

  3. Sebagai edukator, di mana perawat dalam hal ini akan memberikan pengetahuan mengenai kesehatan, gejala, hingga tindakan yang perlu diambil untuk menambah perilaku hidup sehat pada pasien. 

  4. Sebagai koordinator, di mana perawat akan mengoordinasikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk pasien.

  5. Sebagai kolaborator, di mana perawat akan dapat mengolaborasikan berbagai tindakan yang perlu diambil untuk dapat memberikan pelayanan terbaik pada pasien, dengan para tenaga kesehatan lainnya.

  6. Sebagai konsultan, di mana perawat dalam hal ini akan memberikan penjelasan terbaik mengenai berbagai informasi yang berkaitan dengan pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien.

  7. Sebagai pembaharu, yang akan melakukan perencanaan, kolaborasi, serta perubahan yang sistematis demi mencapai tujuan pemberian pelayanan keperawatan yang terbaik untuk pasien. 

Baca Juga: Layanan Jasa Perawat Terapi Stroke Jakarta

Fungsi Perawat

Fungsi perawat terdiri dari 3 yaitu independen, dependen, dan interdependen. Fungsi perawat ini dijalankan sesuai dengan perannya dalam memberikan pelayanan keperawatan dan  disesuaikan dengan kondisi riil dari pasien. Berikut ini penjelasan mengenai fungsi perawat yang lebih detail. 

  1. Independen

Fungsi perawat yang pertama yaitu fungsi independen. Dalam hal ini perawat memiliki hak independen dalam mengambil keputusan dan melakukan tindakan yang terbaik yang didasarkan dari ilmu keperawatan. Tindakan independen yang diambil ini haruslah berdasarkan pada ilmu keperawatan. Selain itu, keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh perawat akan menjadi tanggung jawab penuh perawat tanpa melibatkan pihak lain. 

  1. Dependen

Fungsi perawat yang selanjutnya yaitu fungsi dependen yang membuat perawat dapat menjalankan perintah dari dokter seperti pemasangan infus, pemberian obat, pengambilan sampel darah, penyuntikan dan sebagainya. Berbeda dari fungsi sebelumnya yang menjadi tanggung jawab penuh perawat, maka dalam fungsi ini yang bertanggung jawab secara penuh adalah dokter. 

  1. Interdependen 

Fungsi perawatan yang terakhir yaitu fungsi interdependen. Dalam fungsi ini, perawat dapat melakukan kerja sama dengan berbagai pihak lain yang terlibat dalam usaha memberikan pelayanan kesehatan terbaik, seperti dokter, ahli gizi, fisioterapi, dan para ahli untuk memberikan tindakan keperawatan terhadap pasien. Sebagai contoh, dalam menangani pasien yang menderita diabetes, perawat akan bekerja sama dengan ahli gizi dalam menentukan kebutuhan asupan makanan sang pasien. 

Karakter Perawat

Selain memenuhi peran dan fungsi perawat sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat pula beberapa kriteria yang sebaiknya dimiliki oleh calon perawat. Hal ini adalah karakter perawat yang beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Peduli

  • Terampil

  • Aktif dan komunikatif

  • Sabar

  • Telaten

  • Teliti 

  • Terampil 

  • Ramah

  • Kreatif

  • Etis

Dengan memiliki seluruh karakter di atas, menekuni profesi perawat sudah bukan hal yang mustahil lagi. Tidak perlu khawatir karena karakter-karakter di atas sangat mungkin untuk dilatih dan dibentuk serta dipersiapkan sejak dini. 

Demikianlah penjelasan mengenai peran dan fungsi perawat yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui peran dan fungsi perawat serta beberapa kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi perawat, tentu dapat diketahui bahwa profesi perawat ini merupakan profesi penting dan tentu harus selalu dihargai.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Perawatan Paliatif Bagi Anak

 

Sumber:

1. Nurse Choice. 2021. 10 Characteristics of Nurses Who Are Most Successful. 

2. Smith, Yolanda. 2021. Roles of a Nurse

3. Hoper, Ira. 2020. Roles and Functions of a Nurse.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi