Bantuan

Ini Syarat Air Bersih yang Wajib Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

syarat air bersih

Mengetahui syarat air bersih merupakan sesuatu informasi yang penting bagi Anda. Pasalnya, air merupakan salah satu elemen yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari manusia, bahkan tubuh manusia sendiri sebagian besar terdiri oleh air yang berfungsi untuk membantu jalannya fungsi organ di dalam tubuh. 

Air tidak hanya digunakan untuk minum, tetapi juga digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, dan mencuci piring. Menggunakan air yang tidak bersih untuk segala kegiatan tersebut tentunya dapat berisiko menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit, diare, bahkan keracunan. Oleh karena itu, mengetahui syarat air bersih menjadi penting agar air yang Anda gunakan aman bagi tubuh.

Syarat Air Bersih

Lantas apa saja syarat air bersih tersebut? Mari sama-sama cari tahu melalui penjelasan di bawah ini. 

  1. Tidak Berwarna

Syarat air bersih yang pertama, yaitu air tidak berwarna. Apabila air berwarna coklat, kuning, jingga kemungkinan terdapat zat-zat yang berbahaya di dalamnya. Air yang berwarna kuning diindikasikan adanya chromium 6 atau zat kimia yang menyebabkan kanker, tembaga, timah, dan zat besi, sedangkan air yang berwarna kecoklatan dan jingga diindikasikan  terdapat kandungan karat atau logam di dalamnya. 

  1. Tidak Keruh

Selain tidak berwarna, tidak keruh juga menjadi syarat air bersih selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan air yang bening dan tidak keruh. Sebenarnya air yang keruh tidak semuanya berbahaya bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, ada kemungkinan di dalam air keruh terdapat patogen maupun bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. 

  1. Tidak Berbau

Air yang berbau bisa mengindikasikan terdapat beberapa kandungan di dalamnya. Untuk air yang berbau seperti kolam renang, kemungkinan terdapat kelebihan kandungan klorin yang bisa menyebabkan meningkatnya risiko kanker dan masalah ginjal. Untuk air yang berbau seperti comberan atau telur busuk, kemungkinan terdapat gas hidrogen sulfida, sedangkan untuk gas yang berbau amis, kemungkinan terdapat kandungan barium. 

  1. Tidak Berasa

Syarat air bersih yang wajib Anda ketahui, yaitu tidak berasa atau hambar. Air yang berasa biasanya disebabkan oleh pipa air yang berkarat sehingga melepaskan berbagai kandungan seperti, mangan, zinc, tembaga, dan besi. Air yang tercemar oleh karatan pipa besi tersebut umumnya terasa seperti logam maupun asin saat diminum. Selain itu, air yang berasa juga dapat disebabkan oleh kadar keasaman air yang rendah. 

  1. Tidak Lengket

Air yang bersih seharusnya tidak akan terasa lengket setelah digunakan. Apabila air terasa lengket maka kemungkinan terdapat kandungan logam seperti mangan, timah, atau aluminium di dalamnya. Air seperti ini, biasanya akan terasa lengket pada tangan setelah digunakan. Selain itu,  air yang seperti ini juga umumnya menyebabkan adanya bekas pada wastafel, kran ataupun gelas. 

  1. Tidak Terdapat Sedimen

Syarat air bersih yang perlu Anda ketahui selanjutnya, yaitu tidak terdapat sedimen seperti debu, tanah ataupun pasir. Apabila terdapat sedimen pada air, berarti terdapat penyumbatan pada sumber air yang membuat air menjadi tidak bersih. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memasang penyaring air atau filter agar sedimen seperti debu, pasir, dan tahan dapat terpisah dari air. 

Tips Menjaga Air Tetap Bersih

Mengingat betapa pentingnya air bersih dalam kehidupan, Anda perlu menjaga kebersihan air yang digunakan di rumah. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan air di rumah. 

  • Jarak Antara sumber air dengan tempat pembuangan sampah dan jamban minimal 10  meter. 

  • Sumber mata air harus terlindungi dari bahan  pencemar.

  • Ember penampung air sebaiknya dilengkapi dengan penutup dan gayung serta di jaga kebersihannya. 

  • Hindari adanya genangan air di sekitar sumber air. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai syarat air bersih yang penting untuk Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda, serta menghindarkan Anda dari bahaya menggunakan air yang tidak bersih. Setelah membaca informasi ini, silakan periksa air yang digunakan di rumah Anda,  apakah telah memenuhi syarat air bersih ataukah belum. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Apa Gunanya Air bagi Tubuh Manusia? Berikut Ini Penjelasannya

Tag :
Referensi

EPA. Drinking Water Regulations. https://www.epa.gov/dwreginfo/drinking-water-regulations

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Manfaat Air Bersih dan Menjaga Kualitasnya. https://promkes.kemkes.go.id/manfaat-air-bersih-dan-menjaga-kualitasnya.

Bagikan artikel ini