Bantuan
Bantuan

Deretan Obat Tipes dari Medis Hingga Alami yang Bisa Anda Gunakan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Apr 2022

Bagikan

obat tipes

Sudahkah Anda tahu apa saja obat tipes yang bisa digunakan? Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang masuk ke dalam tubuh. Penyebaran bakteri penyebab tipes ini terjadi karena makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. 

Kondisi ini menyebabkan penderitanya akan merasakan beberapa gejala seperti demam, lemas, berkeringat, sakit perut, mual dan muntah. Apabila tidak segera diobati dengan benar, bisa memicu terjadinya komplikasi yang cukup parah. Lantas apa saja obat tipes yang bisa digunakan? 

Obat Tipes Medis

Untuk obat tipes yang bisa Anda gunakan pertama yaitu obat medis yang  diresepkan oleh dokter. Biasanya dokter akan meresepkan obat antibiotik yang dapat menghancurkan dan memperlambat pertumbuhan bakteri. Berikut ini beberapa obat tipes medis yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk melawan tipes. 

  1. Ciprofloxacin

Ciprofloxacin merupakan obat tipes medis yang biasa diresepkan oleh dokter. Obat ini biasanya diberikan pada orang dewasa atau orang di atas 18 tahun. Sebelum meresepkan obat ini, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu. Selain itu, obat antibiotik ini dapat berinteraksi dengan beberapa obat lainnya, jadi konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda sedang mengonsumsi obat lainnya. 

  1. Ceftriaxone

Ceftriaxone merupakan obat antibiotik yang berfungsi mengobati berbagai macam bakteri, salah satunya bakteri penyebab tipes. Cara kerja obat yang satu ini yaitu dengan sintesis dinding sel bakteri hingga akhirnya mati. Obat yang satu ini cukup berbahaya, oleh karena itu hanya diberikan dalam jangka waktu yang pendek. Selain itu, pembeian obat juga dilarang pada anak-anak dan bayi. 

  1. Azithromycin

Obat tipes medis yang terakhir yaitu azithromycin yang tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, cair dan suntikan. Obat antibiotik yang satu ini biasanya digunakan sebagai pengganti ciprofloxacin untuk orang yang kebal terhadap obat tersebut. Namun obat ini aman digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. 

Obat Tipes Alami

Selain obat tipes medis, Anda juga bisa menggunakan obat tipes yang alami. Anda tidak perlu khawatir, karena beberapa obat tipes alami ini sangat mudah didapatkan di sekitar Anda. Lantas apa saja obat tipes alami tersebut? Mari temukan jawabannya dengan menyimak penjelasan di bawah ini. 

  1. Bawang putih

Bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat tipes alami pertama yaitu bawang putih. Hal ini karena bawang putih memiliki sifat antimikroba yang dapat melawan racun berbahaya dalam tubuh sehingga pemulihan tipes semakin cepat. Cara menggunakannya yaitu dengan mengunyah langsung dua siung bawang putih. Jika Anda tidak suka makan langsung, bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menghaluskannya lalu masukkan ke dalam secangkir susu. 

  1. Pisang

Di dalam buah pisang terdapat kandungan pektin yang dapat menyerap cairan di dalam usus. Berkat kandungan pektin ini, maka diare dapat diredakan. Tidak hanya pektin, pisang juga memiliki kandungan kalium yang berfungsi sebagai elektrolit saat diare. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya  perlu mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap harinya. Anda juga bisa mengonsumsinya dengan varian lain yang disukai. 

  1. Cengkeh 

Obat tipes alami yang bisa Anda gunakan terakhir yaitu cengkeh. Hal ini karena, cengkeh memiliki kandungan minyak esensial yang memiliki sifat antibakteri. Dengan kandungan ini, cengkeh dapat mengurangi keparahan diare yang disebabkan oleh tipes. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus sebanyak 5-7 kuncup cengkeh ke dalam air. Tunggu hingga air rebusan tersisa setengah, lalu diamkan hingga dingin dan minum secara rutin setiap hari. 

Walaupun obat-obat ini menggunakan bahan-bahan alami, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter. Terutama jika Anda mendapatkan resep obat medis dari dokter, karena dikhawatirkan terjadi reaksi antara obat medis dan obat alami ini. 

Demikianlah penjelasan mengenai obat tipes yang bisa Anda gunakan. Agar terhindar dari penularan bakteri Salmonella typhi, pastikan selalu kebersihan makanan dan minuman yang hendak Anda santap. Selain itu, jangan lupa selalu mencuci tangan menggunakan terlebih dahulu agar tidak ada bakteri yang masuk ke dalam tubuh. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Berbagai Obat Meriang Tradisional yang Mudah Ditemukan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Beresford, Lyndsie. 2016. 20 Surprising Home Remedies for Typhoid Fever. https://authorityremedies.com/home-remedies-for-typhoid-fever/

Mayo Clinic. Typhoid fever. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/typhoid-fever/diagnosis-treatment/drc-20378665#:~:text=Commonly%20prescribed%20antibiotics%20include%3A,ofloxacin%20also%20may%20be%20used.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang