Tak Banyak Orang Tahu, Inilah Faktor Penyebab Cegukan Dalam Medis

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Dec 2021

Bagikan

Jarang Diketahui, Inilah Faktor Penyebab Cegukan Dalam Medis

Seperti apa arti dari terjadinya cegukan dalam medis? Tentu Anda pernah mengalami cegukan bukan? kondisi ini adalah kontraksi alami atau spontan, yang mana terjadi di diafragma. Diafragma merupakan otot yang memisahkan rongga perut dan dada, yang mana mempunyai peran penting pada proses pernapasan.

Namun, ternyata cegukan juga dapat menjadi sebuah pertanda dari adanya penyakit yang serius. Kondisi cegukan yang telah begitu sering muncul, sering kali dianggap bukanlah kondisi yang perlu diperhatikan. Umumnya, memang cegukan adalah kondisi yang bukanlah berbahaya.

Tetapi, jika cegukan terjadi dengan jangka waktu yang lama maka sudah seharusnya Anda tidak menyepelekan kondisi tersebut. Tahukah Anda bahwa pada beberapa kasus, cegukan yang tak kunjung reda bisa menjadi sebuat tanda adanya gangguan kesehatan yang serius. 

Penyebab Cegukan Dari Sisi Medis

Cegukan dalam medis, memiliki arti dimana terjadinya kontraksi pada diafragma. Di mana diafragma memiliki peran penting untuk proses pernapasan. Pada setiap kontraksi yang terjadi, lalu kemudian akan terjadi penutupan pita suara, yang mana ini terjadi dengan tiba-tiba. Ini menyebabkan cegukan akan diiringi suara khas dari mulut. Kontraksi ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Konsumsi minuman yang bersoda, panas, atau beralkohol.

  2. Konsumsi makanan yang pedas dan panas, yang mana kedua makanan ini dapat menyebabkan iritasi pada saraf. Dimana lokasi saraf ini berada dekat dengan kerongkongan. 

  3. Mengonsumsi terlalu banyak makanan sehingga terjadilah perut kembung.

  4. Gas di dalam perut yang mana menekan otot diafragma

  5. Stres atau emosi yang meluap.

Cegukan dalam medis, jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang biasanya terkait dengan adanya kerusakan sistem saraf. Dimana saraf ini terhubung dengan otot diafragma Anda. Lalu apa yang menyebabkan terjadinya kerusakan ini? Penyebabnya adalah seperti stroke, gondongan, tumor, kista pada leher, dan sakit tenggorokan.

Cegukan yang tak kunjung reda dapat menjadi arti bahwa ada kelainan pada sistem saraf pusat, yakni seperti encephalitis dan meningitis. Bukan hanya itu, kondisi cegukan ini dapat menandakan adanya gangguan metabolik seperti gagal ginjal dan juga diabetes.

Mengonsumsi obat yang berjenis steroid dan juga obat penenang bisa juga menjadi penyebab terjadinya cegukan. Obat yang digunakan untuk bius saat operasi juga dapat menimbulkan cegukan yang tak kunjung berhenti. Penyebab ini cukup serius bukan? Di mana mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya. 

Baca Juga: Tidak Boleh Dianggap Sepele, Ini Bahaya Cegukan Yang Perlu Anda Perhatikan

Timbulkan Komplikasi

Tahukah Anda bahwa cegukan dalam medis, dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya untuk tubuh. Cegukan yang terjadi hanya dalam beberapa jam atau waktu singkat saja sudah mengganggu, apalagi jika cegukan terjadi dalam waktu yang lama. Terdapat kasus dimana cegukan terlama terjadi selama 60 tahun. Di bawah ini adalah komplikasi yang dapat terjadi, bila Anda terus mengalami kondisi cegukan dalam jangka waktu yang lama:;

  1. Sulit tidur atau insomnia, yang mana jika terjadi dengan terus-menerus pada malam hari maka akan membuat Anda sulit untuk Anda tidur.

  2. Kelelahan, cegukan tentunya bisa menjadi melelahkan untuk Anda. Apalagi, jika cegukan telah membuat Anda sulit tidur dan makan.

  3. Sulit berkomunikasi, ini di mana ketika Anda cegukan maka akan mengakibatkan sulitnya berkomunikasi dengan orang lain.

  4. Depresi, walaupun terlihat tidak terkait langsung melainkan jauh, namun Anda tidak dapat menyepelekannya. Mengalami cegukan yang terus-menerus dan tidak kunjung berhenti, dapat menyebabkan meningkatnya risiko Anda menjadi depresi.

  5. Berat badan yang turun, jika Anda mengalami cegukan yang terus-menerus maka dapat menyebabkan Anda sulit untuk makan. Hal ini tentu saja akan menyebabkan berat badan Anda, akan menjadi semakin turun, bahkan membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi.

  6. Lambatnya proses penyembuhan luka, yang mana bila terjadi setelah tindakan operasi maka dapat mengakibatkan luka sulit sembuh. Tak hanya itu, tetapi juga akan meningkatkan risiko pendarahan dan infeksi. 

Dengan adanya penjelasan diatas maka diharapkan Anda dapat membedakan mana cegukan yang kiranya mengarah pada situasi yang berbahaya. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

 

 Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Selain Minum, Ini Dia Cara Menghilangkan Cegukan Lainnya yang Perlu Diketahui

 

Referensi:

1. WebMD, why do I hiccup

2. Mayo Clinic, hiccups symptoms causes

3. Medical news today

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi