Bantuan
Bantuan

Alami Cedera Engkel? Berikut ini Metode RICE untuk Menanganinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Alami Cedera Engkel? Berikut ini Metode RICE untuk Menanganinya

Apakah Anda tahu bagaimana cara menangani cedera engkel? Cedera engkel merupakan cedera yang terjadi pada pergelangan kaki atau pada bagian yang sering disebut juga dengan mata kaki. Cedera ini terjadi karena ikatan ligamen atau urat yang mengikat tulang mengalami peregangan secara berlebihan.

Orang yang mengalami cedera engkel akan mengalami rasa sakit, munculnya memar dan bengkak pada bagian engkel. Apabila Anda mengalami hal ini, sebaiknya lakukan cara yang benar dalam menanganinya. Bagaimana cara menanganinya? Simak terus penjelasan di bawah ini.


Penyebab Cedera Engkel

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menangani cedera engkel, sebaiknya Anda mengetahui penyebab terjadinya cedera engkel. Sudah sempat disinggung sebelumnya, cedera engkel terjadi karena ikatan ligamen mengalami peregangan yang berlebihan. 

Peregangan yang berlebihan ini dapat  terjadi apabila Anda melakukan gerakan yang spontan secara cepat, sehingga limagen tidak siap untuk meregang. Penyebab lainnya yaitu, saat kaki menekuk ke bagian dalam sehingga membuat seluruh berat badan akan ditopang oleh mata kaki.  

Selain penyebab tersebut, ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya cedera engkel. Berikut ini beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya cedera engkel. 

  1. Permukaan tidak rata

Faktor yang dapat memicu terjadinya cedera engkel pertama yaitu melakukan aktivitas di permukaan tidak rata. Apabila Anda berlari ataupun berjalan dipermukaan yang tidak rata, maka risiko cedera engkel akan semakin besar. 

  1. Aktivitas olahraga

Selain permukaan tidak rata, aktivitas olahraga juga dapat memicu terjadinya cedera engkel. Sebagian besar cedera engkel terjadi oleh aktivitas olahraga. Terutama olahraga  yang membutuhkan melompat, memutar atau memotong seperti tenis, sepak bola, ataupun lari. 

  1. Kondisi fisik

Cedera engkel yang terjadi juga dapat dipicu oleh kondisi fisik. Apabila Anda memiliki kondisi fisik yang buruk seperti kekuatan dan fleksibilitas yang buruk, maka risiko cedera engkel akan semakin besar. Jadi, sebaiknya mulailah menjaga kondisi fisik Anda untuk menghindari cedera engkel.  


Metode RICE

Lalu bagaimana cara yang benar dalam menangani cedera engkel? Cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani cedera engkel yaitu menerapkan metode RICE. Metode RICE merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression, dan Elevation. Simak pembahasan di bawah ini, untuk mengetahui metode RICE yang lebih detail. 

  1. Rest

Metode penanganan pertama dari cedera engkel yaitu rest atau istirahat, hindari melakukan aktivitas baik ringan maupun berat. Selain itu, Anda juga bisa menopang kaki menggunakan tongkat kruk agar tidak terjadi pergeseran saat Anda mengistirahatkan kaki dan sebisa mungkin tidak menapakkan kaki ke lantai. Tujuan dari mengistirahatkan kaki yaitu untuk menghindari peradangan yang semakin parah. 

  1. Ice

Setelah melakukan rest, Anda perlu menerapkan metode ice. Maksud dari metode ini yaitu mengompres cedera engkel menggunakan es. Namun perlu diingat, pada saat mengompres cedera hindari menempelkan es langsung ke kulit. Hal ini karena, es yang langsung menyentuh kulit bisa menyebabkan terjadinya radang dingin. Jadi, pada saat mengompres, lapisi es menggunakan kain ataupun handuk terlebih dahulu. 

  1. Compression

Metode menangani cedera engkel yang selanjutnya yaitu dengan metode compression. Pada metode ini, Anda perlu memberikan tekanan atau compression pada area cedera. Anda bisa memberikan tekanan dengan cara membalut kaki, tetapi jangan terlalu kencang. Tujuan dari memberikan tekanan ini yaitu untuk mencegah pergelangan kaki yang bergerak-gerak.  Pada saat pergelangan kaki mengalami sedikit pergerakan, maka bisa mengurangi pembekakan. 

  1. Elevation

Metode terakhir dalam menangani cedera engkel yaitu elevation atau mengangkat kaki. Metode ini dilakukan dengan cara menempatkan kaki yang mengalami cedera lebih tinggi dari jantung. Tujuan dilakukan hal ini yaitu melancarkan kembali aliran darah pada bagian yang mengalami cedera. Pada saat aliran darah kembali lancar, maka dapat mengurangi pembengkakan. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cedera engkel dan cara menanganinya apabila Anda mengalaminya. Apabila cedera engkel yang Anda alami tidak kunjung sembuh ataupun semakin parah, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Meredakan nyeri akibat cedera gelang bahu


Sumber:

Mayo Clinic. Sprained ankle. 

WebMD. What Is the RICE Method for Injuries?.

Tag :
Bagikan artikel ini