Bantuan

Tidak Hanya Marah, Ini Macam-Macam Emosi yang Wajib Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Mar 2022

Bagikan

terkejut

Tahukah Anda, ternyata ada macam-macam emosi yang mungkin Anda belum ketahui. Mungkin banyak dari Anda yang menganggap emosi adalah hal yang negatif seperti marah. Namun pada faktanya, ada berbagai macam emosi tidak hanya marah saja. 

Berbagai macam emosi ini memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan suatu tindakan. Ketika Anda merasakan emosi sedih atau takut, maka cenderung membuat aktivitas yang Anda lakukan akan kacau. Hal sebaliknya terjadi ketika Anda merasakan emosi bahagia, maka Anda akan merasa semua aktivitas bisa dilakukan dengan mudah. 

Macam-Macam Emosi

Lantas, apa saja macam-macam emosi yang ada pada diri manusia? Berikut ini ada beberapa emosi dasar yang dimiliki setiap manusia yang memengaruhinya dalam berperilaku. 

  1. Takut 

Macam emosi yang ada pada manusia yang pertama, yaitu takut. Emosi takut ini merupakan emosi yang sangat berperan dalam bertahan hidup. Seseorang yang merasakan emosi takut ini akan mengalami ketegangan otot, jantung berdetak kencang, dan pikiran yang sangat waspada. Sebagai contoh, ketika Anda merasakan bahaya, maka Anda akan merasakan emosi takut lalu membuat Anda berespon untuk mempertahankan diri seperti lari. 

  1. Sedih 

Emosi yang dimiliki oleh manusia yang selanjutnya, yaitu sedih. Tanda-tanda Anda sedang dalam emosi sedih, yaitu tidak tertarik dengan sesuatu, kecewa, dan suasana hati yang buruk. Emosi ini bisa datang kapan saja dan tidak dapat dicegah. Setiap orang memiliki tingkat kesedihan yang berbeda-beda, tergantung dari apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Akan tetapi, kesedihan yang berkepanjangan dan tidak segera ditangani dapat berubah menjadi depresi. 

  1. Marah

Macam emosi yang paling banyak dikenali, yaitu marah. Banyak yang menyamakan arti emosi dengan marah, tetapi sebenarnya marah merupakan salah satu dari sekian banyak emosi manusia. Beberapa tanda-tanda Anda sedang dalam emosi marah, yaitu nada suara yang tinggi atau keras, wajah memerah, dan perilaku yang agresif. Pada dasarnya, emosi marah ini merupakan respon untuk melindungi diri dari ancaman. Jika Anda bisa mengendalikan emosi marah ini, maka Anda bisa mengambil sisi positifnya daripada negatifnya. 

  1. Terkejut

Terkejut merupakan salah satu jenis emosi yang bisa dikategorikan ke dalam semua emosi baik negatif, positif, dan juga netral. Biasanya, Anda akan merasakan emosi ini jika mendapatkan sesuatu yang diluar dugaan. Beberapa respon yang umumnya dilakukan saat terkejut yaitu menjauh, berteriak, berlari hingga menunjukkan ekpresi wajah yang heran. Sebagai contoh, Anda sedang menonton film horor kemudian muncul penampakkan hantu. Pada beberapa orang akan meresponnya dengan berteriak atau menutup wajahnya. Inilah yang dinamakan dengan emosi terkejut. 

  1. Bahagia

Bahagia merupakan emosi positif dan paling banyak diinginkan oleh setiap orang. Orang yang dalam emosi ini akan merasakan kesenangan, kepuasan, kegembiraan, dan lainnya. Emosi bahagia ini memiliki peranan penting bagi manusia karena dapat menjaga kesehatan mental hingga fisik. Orang yang tidak merasakan kebahagian, cenderung membuatnya cemas hingga depresi. Kondisi ini dapat menurunkan kesehatannya hingga kualitas hidup. 

  1. Jijik

Tahukah Anda, ternyata jijik merupakan salah satu emosi yang dirasakan manusia. Emosi jijik ini akan ditandai dengan rasa tidak suka saat melihat, mendengar, dan merasakan sesuatu. Emosi ini dibutuhkan oleh setiap manusia karena dapat melindungi diri dari berbagai hal yang kotor sehingga terhindar dari penularan penyakit. Beberapa respon yang ditunjukkan saat merasakan emosi jijik ini, yaitu mual dan muntah, menjauh, serta ekspresi wajah seperti menyipitkan mata hingga mengerutkan hidung. 

Selain beberapa macam emosi yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa emosi lainnya yang tidak sempat untuk dijelaskan. Beberapa emosi tersebut seperti malu, terhibur, bersalah, hingga merasa terhina. 

Nah, itulah dia beberapa macam-macam emosi yang ada pada setiap manusia. Pada dasarnya, setiap emosi ini sangat penting bagi manusia seperti yang dijelaskan sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan Anda bisa mengendalikan emosi-emosi negatif agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Selama emosi negatif dapat dikendalikan, maka akan berdampak positif untuk diri sendiri.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Penting untuk Diketahui, Ini Cara Mengendalikan Emosi yang Bisa Anda Terapkan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cherry, Kendra. 2021. The 6 Types of Basic Emotions and Their Effect on Human Behavior. https://www.verywellmind.com/an-overview-of-the-types-of-emotions-4163976

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang