Bantuan

Penting untuk Diketahui, Ini Cara Mengendalikan Emosi yang Bisa Anda Terapkan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Mar 2022

Bagikan

meditasi

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengendalikan emosi? Emosi merupakan suatu hal yang sangat memengaruhi Anda dapat melakukan setiap aktivitas. Sebagai contoh, jika Anda merasakan emosi positif maka Anda bisa melakukan aktivitas tanpa kendala. Lalu bagaimana jika Anda merasakan emosi negatif seperti kesal, sedih, dan lainnya? Tentunya hal ini akan membuat Anda sulit untuk melakukan aktivitas dengan normal. 

Akan tetapi, Anda tidak bisa memilih emosi apa yang ingin dirasakan. Emosi baik positif maupun negatif biasanya datang secara tiba-tiba. Oleh karena itu, mengendalikan emosi merupakan hal yang wajib untuk Anda ketahui. Namun mungkin beberapa dari Anda akan kesulitan untuk melakukannya. Tidak perlu khawatir karena di dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengendalikan emosi yang bisa Anda lakukan. 

Cara Mengendalikan Emosi

Seperti disebutkan di atas, emosi manusia secara garis besar dibedakan menjadi dua, yaitu emosi positif dan negatif.  Untuk emosi positif senang, bangga, jatuh cinta, dan lainnya tidak berpengaruh negatif. Namun, emosi negatif seperti marah, benci, takut, dan lainnya sangatlah berpengaruh negatif pada aktivitas sehingga perlu dikendalikan. 

Pada dasarnya, cara mengendalikan emosi akan berbeda pada setiap orang. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengendalikan emosi. Lantas apa saja cara mengendalikan emosi tersebut? Simak beberapa cara mengendalikan emosi yang akan dijelaskan di bawah ini. 

  1. Menghindari reaksi buruk

Hal yang wajib untuk Anda lakukan pertama kali saat merasakan emosi negative, yaitu menghindari reaksi buruk seperti menangis, menjerit bahkan merusak. Jika Anda melakukan hal ini, maka bisa membuat masalah menjadi semakin kalut dan sulit untuk diselesaikan. Untuk menghindari hal ini Anda lakukan, maka cobalah tenangkan diri dengan menarik napas yang dalam lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan hal ini hingga Anda merasa lebih nyaman dari sebelumnya. 

  1. Memunculkan emosi positif

Cara mengendalikan emosi yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu dengan memunculkan emosi positif. Jika Anda sedang mendengarkan kabar buruk atau terlibat percekcokan, maka sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu. Setelah Anda merasa tenang, mulailah untuk berpikir positif dan mencari sisi positif yang bisa dipetik dalam pahitnya emosi negatif yang Anda rasakan. Sebagai contoh, jika Anda sedang terlibat percekcokan dengan pasangan, maka jadikan hal tersebut untuk mencari kekurangan yang perlu diperbaiki lagi. 

  1. Membuang pikiran buruk

Terkadang, emosi negatif datang dengan sendirinya ketika Anda berusaha memikirkan sesuatu hingga mencapai puncaknya. Contohnya, yaitu ketika Anda sedang dalam masalah, lalu Anda memikir jalan keluar terbaiknya. Tanpa Anda sadari, hal ini bisa memicu munculnya emosi negatif. Jadi, untuk mengendalikan emosi Anda harus bisa membuang atau berhenti berpikir tentang kemungkinan terburuk. Jika Anda sudah merasa lelah, maka cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu. 

  1. Menerima keadaan

Salah satu hal penting yang wajib Anda lakukan agar bisa mengendalikan emosi yaitu dengan menerima keadaan. Dengan menerima keadaan, maka akan membantu Anda mengontrol emosi-emosi negatif yang bermunculan. Anda bisa mengatakan pada diri sendiri bahwa situasi yang Anda alami saat ini bukanlah masalah yang besar. Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk menyakinkan diri sendiri. Jika Anda sudah bisa menerima keadaan saat ini, maka akan berdampak positif pada diri sendiri seperti mengurangi risiko gejala kesehatan mental. 

  1. Melakukan meditasi

Cara mengendalikan emosi yang bisa Anda lakukan terakhir, yaitu dengan bermeditasi. Meditasi ini akan membantu Anda meningkatkan kesadaran terhadap perasaan dan pengalaman yang pernah Anda alami. Tidak hanya itu, meditasi juga membantu Anda menjadi lebih tenang dan meningkatkan kualitas tidur sehingga Anda akan menjadi lebih segar saat bangun pagi. Mengalami pagi dengan segar cenderung membuat Anda merasakan emosi-emosi positif. 

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai bagaimana cara mengendalikan emosi. Silakan coba beberapa cara di atas pada saat Anda merasakan emosi negatif. Jika Anda merasa tidak mampu mengendalikan emosi terutama jika sudah merugikan diri sendiri segeralah untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Pasalnya, emosi negatif yang gagal dikendalikan bisa menyebabkan kecemasan, sesak, menyakiti diri sendiri hingga gangguan kesehatan mental. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengapa Manusia Memiliki Emosi? Ini Sebenarnya Fungsi Emosi Manusia

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Raypole, Crystal. 2020. How to Become the Boss of Your Emotions. https://www.healthline.com/health/how-to-control-your-emotions#consider-the-impact

Harra, Carmen. 2013. 6 Steps to Controlling Your Emotions. https://www.huffpost.com/entry/controlling-your-emotions_b_3654326

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang