Bantuan
Bantuan

Tidak Boleh Dianggap Sepele, Ini Pengertian Overthinking dan Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Tidak Boleh di Anggap Sepele, Ini Pengertian Overthinking dan Cara Mencegahnya

Apakah Anda sudah mengetahui tentang pengertian overthinking dan cara mencegahnya? Secara singkat, overthinking adalah suatu hal yang tidak boleh disepelekan, karena akan memperburuk kondisi kesehatan mental Anda. Untuk itu, mengetahui pengertian overthinking dan cara mencegahnya adalah suatu hal penting yang harus Anda ketahui.

Pengertian Overthinking

Overthinking seringkali diartikan sebagai suatu kondisi berpikir terlalu berlebihan dalam waktu yang terlalu lama. Meskipun manusia pada dasarnya memang harus memikirkan setiap keputusan yang diambil, setiap tindakan yang dilakukan, hingga setiap perkataan yang dilontarkannya, namun pada seseorang yang kerap overthinking, hal ini terjadi secara berlebihan, hingga sampai pada titik di mana hal tersebut lah yang ada dipikiran, dan bukan hal lain lagi. Pada akhirnya seseorang yang kerap overthinking akan lupa dengan kehidupannya, tertekan, mengalami stres yang cukup berat, dan bahkan dapat menyebabkan timbulnya depresi. 

Mengapa seseorang bisa merasa overthinking?

Jika dibaca sekilas, penjelasan di atas seperti tidak masuk di akal. Mengapa seseorang harus bersikap seperti itu? Apa yang mendorong seseorang untuk memikirkan segala sesuatu hingga mendalam dan berlebihan? Bukankah hal itu hanya menguras energi dan emosi saja? 

Bagi yang belum pernah mengalaminya, overthinking mungkin terdengar tidak mungkin. Namun pada kenyataannya, ada banyak dari kita yang kerap merasa overthinking setiap harinya, bahkan karena hal-hal kecil. Pada dasarnya, kondisi ini disebabkan oleh gangguan kecemasan atau depresi. Untuk itu, satu-satunya cara meredakannya adalah dengan mengatasi gangguan kecemasan dan depresi tersebut.

Kapan seseorang dapat dikatakan overthinking?

Ada beberapa ciri yang dapat mengindikasikan seseorang adalah seorang overthinker atau seseorang yang kerap overthinking. Adapun beberapa ciri tersebut diantaranya adalah:

  • Kerap memiliki pemikiran yang sama secara berulang

  • Selalu merasa khawatir dan pada akhirnya tidak bisa tidur ketika malam hari

  • Kesulitan mengambil keputusan

  • Seringkali mempertanyakan suatu keputusan

  • Sulit fokus terhadap solusi dari suatu masalah, dan justru lebih fokus kepada masalah tersebut.

Bagaimana cara mencegah overthinking

Jika Anda termasuk seorang overthinker, tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan dalam mencegah overthinking. Adapun cara-cara mencegah overthinking tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Mengidentifikasi pola-pola pemikiran negatif dan destruktif

Kondisi overthinking seringkali disebabkan oleh pemikiran-pemikiran negatif dan destruktif yang timbul dalam berbagai macam pola dan tingkat keparahan. Biasanya, gejala overthinking yang paling sering terasa adalah terus-menerus merasa khawatir, dan kerap mempertanyakan segala sesuatu. Sebelum pola ini timbul, sebaiknya Anda segera mengambil alih kesadaran Anda, dan mencoba untuk tidak menurutinya. 

  1. Mencari pengalih perhatian

Cara mencegah ataupun mengatasi overthinking yang selanjutnya yaitu dengan mencari pengalih perhatian. Hal ini karena, overthinking akan melibatkan diri Anda dan juga aktivitas yang Anda sukai. Oleh karena itu, untuk mencegah overthinking, Anda bisa mulai mencari hal lain yang mengalihkan perhatian Anda. salah satunya yaitu mencoba hobi baru ataupun menjadi seorang sukarelawan. 

  1. Mengambil napas yang dalam 

Cara mencegah overthinking yang selanjutnya yaitu mengambil napas yang dalam. Pertama-tama carilah tempat yang nyaman untuk duduk serta merilekskan bahu dan leher. Setelah itu, letakkan tangan di atas jantung dan di atas perut. Setelah itu, tariklah napas yang dalam melalui hidung dan perhatikan gerakan yang terjadi di perut dan jantung. Lakukanlah hal ini 3 kali dalam sehari selama 5 menit. 

  1. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau mengatasi overthinking. Hal ini karena telah terbukti meditasi dapat menenangkan dan menjernihkan pikiran. Namun, pada saat melakukan meditasi,  setidaknya Anda butuh 5 menit di tempat yang nyaman dan tenang. Apabila Anda bingung untuk memulainya, telah banyak panduan meditasi yang dapat Anda pelajari.

  1. Melakukan hal baik

Cara mencegah overthinking yang terakhir yaitu dengan melakukan hal yang baik. Anda bisa mencoba meringankan beban orang lain dengan membantunya melakukan sesuatu. Dengan membantu orang lain, maka akan mencegah Anda berpikiran negatif. Selain itu, hal ini juga merupakan sesuatu yang produksi dan melatih Anda untuk fokus dan tidak mudah teralihkan.  

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian overthinking dan cara mencegahnya. Ingat, siapa pun bisa mengalami kondisi ini, namun masing-masing dari kita dapat membantu diri sendiri dan orang di sekitar kita untuk mencegah dan menghentikan kebiasaan overthinking tersebut. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Art Therapy: Cara Unik dan Beda Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental

 

Sumber:

Lamothe, Cindy. 2019.  Keep It Simple: 14 Ways to Stop Overthinking.  

Morin, Amy. 2020. How to Know When You’re Overthinking.

Bagikan artikel ini