Bantuan

Tidak Banyak yang Tahu, Ini Dia Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Apr 2022

Bagikan

selada air

Tahukah Anda apa saja manfaat selada air untuk kesehatan? Selada merupakan salah satu sayuran yang kerap dikonsumsi baik untuk lalapan, sebagai isian sandwich, ataupun untuk dikonsumsi dalam salad. Namun ternyata, ada jenis selada lainnya yang bisa Anda konsumsi baik secara langsung ataupun dengan dimasak terlebih dahulu.

Jenis selada yang dimaksud ini adalah selada air. Berbeda dengan daun selada yang pada umumnya dikonsumsi, selada air memiliki daun berwarna hijau lebih tua dengan daun yang lebih kecil. Meskipun berbeda, kedua jenis selada ini sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah.

Kandungan nutrisi selada air

Selada air merupakan salah satu sayuran yang cukup mudah ditemui. Pada berbagai kesempatan, sayur yang satu ini bahkan juga sering dijadikan hiasan untuk makanan, dikonsumsi dalam salad, sup, dan lainnya. Adapun pada 100 gram selada air memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut.

  • Energi: 17 kkal

  • Protein: 3,1 gr

  • Karbohidrat: 2,2 gr

  • Serat: 0,7 gr

Tidak hanya itu saja, selada juga kaya akan kandungan vitamin yang beragam. Di dalam semangkuk selada air, dapat ditemukan kandungan vitamin dan mineral yang di antaranya adalah:

  • Vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan harian hingga 24%

  • Vitamin A yang dapat memenuhi kebutuhan harian hingga 22%

  • Kalsium yang dapat memenuhi kebutuhan harian hingga 4%

  • Mangan yang dapat memenuhi kebutuhan harian hingga 4%

  • Fosfor

  • Zat besi

  • Kalsium

  • Kalium

  • Natrium

  • Seng

  • Tembaga

Manfaat selada air

Mengingat kandungan nutrisinya yang sangat beragam, tentu tidak mengherankan bila selada air memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat selada air untuk kesehatan yang tidak bisa Anda lewatkan di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menguatkan tulang

Memiliki kandungan mineral yang melimpah, konsumsi selada air akan sangat bagus untuk menguatkan tulang Anda. Dalam hal ini selada air memiliki kandungan kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan vitamin K yang sangat dibutuhkan dalam menjaga tulang tetap kuat, padat, dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Agar terhindar dari berbagai risiko infeksi, konsumsi selada air sangatlah dianjurkan. Selada air dalam hal ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dengan kandungan vitamin D ini, tubuh dapat memproduksi lebih banyak sel darah putih yang pada akhirnya akan mengurangi risiko infeksi.

  1. Mencegah kanker

Termasuk ke dalam jenis sayuran hijau, selada air menjadi salah satu makanan yang dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker. Hal ini karena selada air memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi serta senyawa kimia aktif yang dapat menghambat aktivitas karsinogenik serta melindungi kerusakan sel tubuh. 

  1. Mencegah terjadi dehidrasi

Mengingat tubuh manusia terdiri dari sebagian besar air maka terjadinya dehidrasi adalah suatu hal yang perlu dihindari. Mencegah dehidrasi ini dapat dilakukan dengan minum air serta mengonsumsi sayuran seperti selada air yang memiliki kandungan air yang tinggi. 

  1. Mencegah penuaan kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kemampuannya untuk memproduksi kolagen yang menjaga ke-elastisan kulit. Pada akhirnya, timbul tanda-tanda penuaan pada kulit. Hal ini sejatinya dapat dicegah dengan mengonsumsi selada air yang mengandung vitamin C dan senyawa Isothiocyanate, yang dapat merangsang produksi kolagen pada kulit.

  1. Menjaga jantung tetap sehat

Sebagai salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia, menjaga kesehatan jantung merupakan hal penting untuk dilakukan. Untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik dan normal, Anda dapat mengonsumsi selada air yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Terdiri dari lutein, beta karoten hingga zeaxanthin, selada air dapat melindungi Anda dari risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, selada air juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan dan melancarkan aliran pembuluh darah. 

Itulah dia beberapa manfaat selada air yang penting untuk Anda ketahui. Setelah mengetahui manfaat selada air yang sangat beragam, tentu sudah tidak ada lagi alasan untuk menghindari atau tidak memasukkan sayuran hijau ini ke dalam menu sehari-hari Anda dan keluarga, bukan?

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengenal Manfaat Kecap Manis Selain Menjadi Penyedap Makanan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

WebMD. Health Benefits of Watercress. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-watercress#1

Groves, Melissa. 2018. 10 Impressive Health Benefits of Watercress. https://www.healthline.com/nutrition/watercress-benefits

Ware, Megan. 2019. What to know about watercress. https://www.medicalnewstoday.com/articles/285412

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang