Bantuan

Terapkan Kebiasaan Ini Sebagai Cara agar Bibir Tidak Hitam

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Mar 2022

Bagikan

agar bibir tidak hitam

Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara agar bibir tidak hitam? Bibir yang hitam sering kali menjadi permasalahan yang membuat banyak dari Anda terutama wanita tidak percaya diri dengan penampilannya. Oleh karena itu, banyak yang akhirnya menggunakan lipstik untuk menutupi bibir yang hitam ini. Akan tetapi hal ini hanya bertahan sementara dan ketika lipstik telah hilang maka bibir akan kembali menjadi hitam. 

Pada dasarnya, bibir memiliki warna merah karena bibir memiliki lapisan yang tipis sehingga pembuluh darah akan membuat bibir terlihat berwarna merah. Akan tetapi, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan juga kelenjar keringat yang membuat bibir sangat rentan mengalami kekeringan dan pecah-pecah dan meninggalkan bekas luka yang membuatnya berwarna gelap. Ditambah lagi berbagai kebiasan buruk seperti merokok membuatnya bibir menjadi lebih gelap. 

Cara agar Bibir Tidak Hitam

Lalu bagaimanakah cara agar bibir tidak hitam? Tidak perlu khawatir karena untuk mengatasi bibir yang hitam Anda bisa melakukan beberapa kebiasaan yang dapat membuat bibir menjadi berwarna merah. Berikut ini beberapa kebiasan sebagai cara agar bibir tidak hitam yang  bisa Anda lakukan. 

  1. Hentikan kebiasan menjilat dan menggigit bibir

Hal pertama yang perlu Anda lakukan, yaitu menghentikan kebiasan menjilat dan menggigit bibir. Pasalnya, menggigit bibir dapat menyebabkan bibir menjadi terluka, berdarah, dan akan memperlambat proses penyembuhan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan bibir yang merah maka segera hentikan kebiasaan buruk yang satu  ini. 

  1. Hentikan kebiasaan merokok

Kebiasan merokok juga dapat menyebabkan bibir menjadi berwarna hitam. Pasalnya, panas dari rokok dapat menyebabkan kulit pada bibir menjadi terbakar. Kondisi ini dapat menyebabkan bibir menjadi terluka dan memunculkan pigmentasi kulit. Tidak hanya itu, merokok juga dapat menyebabkan munculnya kerutan di sekitar bibir. 

  1. Kurangi asupan kafein

Kebiasan yang perlu Anda lakukan sebagai cara agar bibir tidak hitam yang selanjutnya, yaitu kurangi asupan kafein. Karena tanpa Anda sadari, mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi dapat menyebabkan bibir menjadi  berwarna hitam. Oleh karena itu, mulailah untuk mengurangi kebiasan mengonsumsi kafein agar bibir tidak hitam. 

  1. Cukupi kebutuhan air

Tahukah Anda, setidaknya  manusia membutuhkan 8 gelas atau 2 hingga 3 liter air setiap harinya. Apabila Anda asupan air dalam sehari kurang dari itu maka bisa menyebabkan dehidrasi. Hal ini juga dapat berpengaruh kepada bibir yang akan menghitam. Pasalnya  kekurangan air dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan muncul luka yang meninggalkan bekas yang menghitam. 

  1. Hindari paparan sinar matahari

Cara agar bibir tidak hitam yang selanjutnya, yaitu menghindari paparan sinar matahari. Pasalnya, paparan sinar matahari yang terlalu sering berpotensi membuat bibir menjadi hitam. Pasalnya, sinar matahari dapat membuat bibir menjadi kering bahkan menyebabkan bibir terbakar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengaplikasikan lip balm yang mengandung SPF setidaknya 15 pada bibir Anda. 

  1. Perhatikan lipstik yang hendak digunakan

Mungkin banyak dari Anda hanya memerhatikan warna lipstik yang sesuai dengan bibir Anda. Namun perlu Anda ketahui, kandungan dalam lipstik juga dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Oleh karena itu, mulailah untuk memerhatkan kadnungan lisptik yang hendak digunakan. Sebaiknya Hindari lipstik yang memiliki kandungan isopalmityl diglyceryl sebacate, asam lemak dipentaerythritol dan asam ricinoleic. 

  1. Mengoleskan bahan-bahan alami

Cara agar bibir tidak hitam yang bisa Anda lakukan terakhir, yaitu mengoleskan beberapa bahan-bahan alami. Bahan-bahan yang bisa Anda gunakan di antaranya yaitu lidah buaya, jeruk nipis, minyak kelapa, dan beberapa buah yang berwarna merah. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu mengoleskannya ke bibir beberapa saat lalu bilas. Apabila bibir dalam kondisi luka, sebaiknya tunda cara ini terlebih dahulu  hingga sembuh. 

Nah, itulah beberapa cara agar bibir tidak hitam yang bisa Anda lakukan. Pastikan selalu menerapkan beberapa kebiasan yang sudah dijelaskan agar bibir merah yang Anda impikan bisa tercapai. Apabila bibir hitam tidak teratasi, Anda bisa  berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan cara yang lebih efektif. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Penyebab Bibir Hitam? Cari Tahu Jawabannya Di Sini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Axtell, Beth. 2019. What Causes Black Spots to Form on Your Lips?. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/black-spots-on-lips#cancer

Frothingham, Scott. 2018. 16 Ways to Lighten Dark Lips. https://www.healthline.com/health/dark-lips#causes

Sissons, Claire.  2019. Causes and home remedies for dark lips. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104#home-remedies

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang