Bantuan

Punya Banyak Manfaat Bagi Kecantikan, Begini Cara Pakai Tamanu Oil

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

Manfaat & Cara Pakai Tamanu Oil Untuk Kecantikan

Tengah populer belakangan ini, tahukah Anda bagaimana cara pakai tamanu oil yang benar? Tamanu oil merupakan salah satu jenis perawatan yang telah lama digunakan di Asia Tenggara dan daerah Polinesia untuk meningkatkan kesehatan kulit dan juga rambut. Saat ini, tamanu oil masih terus populer digunakan terutama untuk kecantikan.

Nah sebelum kita membahas bagaimana cara pakai tamanu oil yang benar, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja manfaat yang didapatkan dari tamanu oil bagi kecantikan. 

Manfaat Tamanu Oil Bagi Kecantikan

  1. Mengatasi Jerawat

Tamanu oil memiliki kandungan antibakteri dan juga memiliki kemampuan menyembuhkan luka yang cukup efektif, terutama yang disebabkan oleh jerawat jenis Propionibacterium acnes (P. acnes) dan juga Propionibacterium granulosum (P. granulosum).

Tidak hanya itu saja, sifat anti-inflamasi pada tamanu oil ini mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah yang menjadi penyebab jerawat.

  1. Memudarkan Bekas Jerawat

Tidak hanya baik bagi jerawat, tamanu oil juga sangat bermanfaat dalam memudarkan bekas jerawat. Dalam hal ini, tamanu oil memiliki sifat penyembuhan dan regenerasi kulit. Selain itu, tamanu oil juga mampu meningkatkan produksi kolagen dan juga glikosaminoglikan yang baik untuk penyembuhan luka akibat jerawat. 

  1. Mencegah Keriput

Anti-aging adalah manfaat tamanu oil berikutnya yang bisa Anda dapatkan. Hal ini karena tamanu oil kaya akan asam lemak dan antioksidan tinggi, yang mampu menjaga kulit tetap lembap, dan terhindar dari radikal bebas. Pada akhirnya, kondisi ini akan meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam mencegah keriput. 

  1. Bagus Untuk Kulit Kering

Tamanu oil bermanfaat dalam mengatasi kulit kering karena kandungan asam lemaknya yang tinggi. Dengan begitu, pemakaian tamanu oil pada kulit kering akan menjadikan kulit lebih lembut dan lembap.

  1. Mengobati Kulit Terbakar Matahari

Banyak yang aktif menggunakan tamanu oil dalam rangka mengatasi kulit yang terbakar akibat matahari. Hal ini karena tamanu oil memiliki kandungan yang bersifat antibakteri yang bagus untuk menyembuhkan sengatan matahari.

Baca Juga: Pentingnya Moisturizer untuk Kecantikan Kulit

Cara Pakai Tamanu Oil

Mengingat manfaatnya yang begitu melimpah, tentu tamanu oil tidak dapat dilewatkan begitu saja. Berbicara mengenai cara pakainya, tamanu oil pada umumnya digunakan dengan cara mengaplikasikannya secara langsung ke wajah dengan merata.

Selain cara ini, mencampurkannya dengan produk skincare akan cocok bagi Anda yang ingin mulai mencoba tamanu oil. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa cara pakai tamanu oil yang dapat Anda coba.

  1. Sebagai Moisturizer

Cara pakai tamanu oil yang pertama adalah dengan menjadikannya sebagai moisturizer atau pelembap. Cara pemakaiannya pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu meneteskan saja beberapa tetes tamanu oil dalam krim pelembap Anda, kemudian aplikasikan campuran tersebut ke wajah secara merata. 

  1. Sebagai Masker

Jika ingin menggunakan tamanu oil sebagai masker, Anda bisa menyiapkan madu ataupun gel lidah buaya sebagai campuran. Adapun untuk penggunaannya, Anda hanya perlu mencampurkan bahan yang telah disiapkan kemudian mencampurkannya dengan beberapa tetes tamanu oil, lalu oleskan ke wajah. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air.

  1. Sebagai Obat Totol Jerawat

Untuk pemakaian tamanu oil sebagai obat totol jerawat, ada baiknya Anda memilih produk skincare yang memang telah memiliki kandungan tamanu oil itu sendiri.

Biasanya, jenis produk skincare dengan kandungan tamanu oil telah didesain dengan dosis tertentu yang aman bagi kulit. Jika kurang yakin, Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu pemakaian tamanu oil ini dengan dokter spesialis. 

Itulah dia penjelasan mengenai tamanu oil dan manfaatnya, serta cara pakai tamanu oil itu sendiri. Meskipun terdengar sangat bermanfaat dan aman digunakan, sebaiknya Anda tidak lengah dan tetap memerhatikan label peringatan pada kemasan tamanu oil.

Hal ini penting untuk menghindari timbulnya efek samping tertentu yang dapat membahayakan kulit. Selain tamanu oil, beberapa jenis minyak berikutnya yang baik bagi kecantikan dan bisa menjadi alternatif untuk Anda coba adalah tea tree oil, argan oil, castor oil, dan lain-lain. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Masker Mugwort Untuk Kecantikan

 

Sumber:

1. Santos-Longhurst, Adrienne. 2019. Everything you need to know about tamanu oil.

2. Rud, Melanie. 2020. Here’s What Dermatologists Think About Using Tamanu Oil for Your Skin.

3. Wong, Cathay. 2021. The Health Benefits of Tamanu Oil.

Bagikan artikel ini