Bantuan

Sedang Banyak Dicari, Apa Sebenarnya Manfaat Niacinamide dan Efek Sampingnya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Jun 2022

Bagikan

Manfaat Niacinamide dan Efek Sampingnya

Mungkin banyak dari Anda yang sering mendengar kata niacinamide, tetapi apakah Anda tahu apa sebenarnya manfaat niacinamide? Niacinamide merupakan salah satu kandungan yang sering ditemukan dalam produk skincare. Beberapa saat lalu, kandungan ini sempat banyak dicari karena dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit. Namun, apa saja manfaat dan efek samping dari kandungan ini? Mari simak terus penjelasan mengenai manfaat dan efek samping niacinamide di bawah ini. 

Manfaat Niacinamide

Pada dasarnya, niacinamide merupakan bentuk dari vitamin B3 yang berperan penting dalam kesehatan kulit dan sistem pencernaan. Berkat hal ini, banyak produk skincare yang menggunakan niacinamide sebagai salah satu bahannya. Lantas apa saja manfaat niacinamide tersebut? Berikut ini beberapa manfaat dari niacinamide. 

  1. Melembapkan kulit

Manfaat niacinamide yang pertama, yaitu dapat melembapkan kulit wajah. Manfaat yang satu ini didukung dalam sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa niacinamide dapat membantu membangun lapisan penghalang lemak yang dapat mempertahankan kelembapan kulit. Tidak hanya itu, niacinamide juga dapat membentuk protein di kulit dan mengunci kelembapannya. 

  1. Mengatasi bekas jerawat

Bekas jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering membuat banyak orang kesal. Pasalnya, bekas jerawat ini bisa menyebabkan munculnya noda hitam di wajah yang dapat mengganggu penampilan. Namun, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan niacinamide. Pasalnya, niacinamide ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang mampu menyamarkan bekas jerawat. Berkat manfaat ini, Anda bisa kembali  tampil lebih percaya diri.

  1. Mencegah tanda-tanda penuaan

Kerutan dan garis halus di wajah merupakan tanda-tanda penuaan yang bisa saja terjadi pada setiap orang. Tentunya Anda tidak ingin tanda-tanda penuaan ini muncul dengan cepat, terutama di usia muda. Namun, Anda bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan niacinamide dengan kadar 5%. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa niacinamide ini bermanfaat dalam mengurangi tanda-tanda penuaan terutama akibat paparan sinar matahari. 

  1. Mengendalikan produksi minyak

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, maka niacinamide ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, niacinamide ini dapat mengendalikan produksi minyak berlebih. Cara kerjanya yaitu mencegah kelenjar sebasea agar tidak memproduksi minyak yang berlebih. Jika produksi minyak bisa dikendalikan, maka Anda bisa terhindari dari jerawat. 

  1. Mencegah kanker kulit

Manfaat niacinamide yang terakhir sekaligus paling luar biasa, yaitu mampu mencegah kanker kulit terutama melanoma. Kanker ini diyakini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang merusak DNA kuit. Namun, niacinamide ini telah terbukti dapat mempercepat perbaikan DNA kulit yang rusak tersebut. Hal inilah yang membuat niacinamide dipercaya mampu mencegah kanker melanoma, 

Baca juga: Manfaat Penggunaan Skincare yang Mengandung Niacinamide

Efek Samping Niacinamide

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari niacinamide, mungkin beberapa  dari Anda akan bertanya-tanya apakah niacinamide ini memiliki efek samping? Pada dasarnya, niacinamide yang digunakan dalam produk-produk skincare aman digunakan pada kulit. Akan tetapi, mungkin pada beberapa orang dengan kulit sensitif akan merasakan reaksi alergi seperti bengkak, gatal hingga kemerahan.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan produk yang mengandung niacinamide ada baiknya untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Cara melakukan tes alergi ini cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan sedikit produk niacinamide ke tangan Anda. Setelah itu tunggu hingga 24 jam dan lihat reaksi yang muncul. 

Jika muncul reaksi alergi seperti disebutkan sebelumnya, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan produk tersebut. Namun jika tidak muncul reaksi alergi, berarti Anda aman untuk menggunakan produk niacinamide tersebut. Apabila Anda masih ragu dengan tes yang Anda lakukan, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah Anda cocok menggunakannya atau tidak. 

Mungkin cukup sekian informasi mengenai manfaat niacinamide dan efek sampingnya. Perlu diingat kembali, jika Anda merasakan reaksi alergi selama penggunaan produk niacinamide maka segera hentikan. Selain itu, jika masalah kulit Anda tidak kunjung teratasi setelah penggunaan niacinamide, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

Memiliki pertanyaan tentang? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Mengapa Harus Memilih Serum yang Mengandung Niacinamide

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Cherney, Kristeen. 2018. Everything You Should Know About Niacinamide. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide

WebMD. Niacinamide - Uses, Side Effects, and Mo. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1534/niacinamide

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang