Bantuan

Apa Penyebab Bibir Hitam? Cari Tahu Jawabannya Di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Apa Penyebab Bibir Hitam? Cari Tahu Jawabannya Di Sini

Sudahkah Anda tahu apa penyebab bibir hitam? Memiliki bibir hitam ini dapat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, sebagian orang mungkin menjadi tidak percaya diri saat memiliki bibir yang berwarna hitam ini terutama bagi kaum wanita. Namun mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa penyebab bibir menjadi berwarna hitam. 

Penyebab Bibir Hitam

Lalu apa yang menyebabkan bibir menjadi hitam ini? Pada umumnya, orang akan berpikir bahwa penyebabnya yaitu kebiasan merokok. Hal ini memang benar, namun penyebab tidak hanya itu saja. Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab bibir hitam yang mungkin saja Anda alami. 

  1. Kebiasaan Buruk

Penyebab bibir menjadi hitam yang pertama yaitu karena kebiasan buruk. Beberapa kebiasaan buruk tersebut yaitu merokok dan juga mengonsumsi minuman beralkohol. Pasalnya, di dalam alkohol terdapat kandungan zat asam yang menyebabkan bibir hitam. Tidak hanya itu, mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan Anda mengalami hidrasi sehingga membuat bibir menjadi pecah-pecah dan membuatnya berubah warna menjadi hitam. 

  1. Bibir Kering

Penyebab bibir hitam yang selanjutnya yaitu karena bibir kering. Kondisi ini umumnya terjadi ketika cuaca panas. Ketika bibir terbuka, maka kelembabannya akan mudah menghilang, sehingga membuatnya menjadi pecah-pecah dan mengubah warna kulit. Oleh karena Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih agar bibir tidak kering. Anda juga bisa mengoleskan madu atau lidah buaya untuk mengatasi bibir kering ini. 

  1. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Apakah Anda sering mengonsumsi kafein? Jika iya, mulailah untuk menguranginya. Pasalnya, terlalu banyak konsumsi kafein ternyata dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Hal ini karena, kafein pada dasarnya merupakan zat diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi sehingga membuat bibir menjadi pecah-pecah dan tidak sehat dan berubah warna menjadi gelap. 

  1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan tidak hanya membuat kulit menjadi gelap, namun juga bisa menyebabkan bibir juga mulai menghitam. Pasalnya, ketika Anda mendapatkan paparan sinar ultraviolet maka tubuh akan menghasilkan pigmen melanin yang menyerap sinar ultraviolet tersebut. Hal ini terjadi karena tubuh sedang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menghitam, termasuk bibir.

Baca Juga: Inilah Manfaat Sunscreen yang Wajib untuk Diketahui

  1. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan suatu kondisi ketika melamin di dalam tubuh terlalu banyak. Kondisi ini menyebabkan terjadinya perubahan warna kulit, termasuk bibir. Penyebab terjadinya kondisi ini yaitu karena paparan sinar matahari secara langsung yang berlebihan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda yang hendak beraktivitas di luar ruangan terutama di bawah sinar matahari langsung untuk menggunakan tabir surya dan juga pelembab bibir.

  1. Hamil

Ternyata, bibir yang menghitam juga dapat disebabkan karena kehamilan. Kondisi ini terjadi karena, ibu hamil akan mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya. Perubahan hormon ini akan membuat beberapa bagian seperti, hidung, pipi, bibir, puting, dahi akan berubah warna menjadi lebih gelap. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini pada umumnya, dapat kembali seperti semula setelah melewati masa kehamilan. 

  1. Racun

Penyebab bibir hitam yang perlu Anda ketahui dan waspadai selanjutnya yaitu karena racun. Beberapa racun yang bisa menyebabkan bibir menjadi berwarna hitam diantaranya yaitu perak tembaga, alkali, dan merkuri. Beberapa racun ini biasanya ditemukan dalam kosmetik. Oleh karena itu, berhat-hatilah dalam memilih kosmetik dan pastikan tidak terdapat berbagai zat berbahaya di dalamnya.

  1. Kondisi Medis

Penyebab bibir hitam yang terakhir perlu Anda ketahui yaitu karena kondisi medis tertentu. Salah satu penyakit yang menyebabkan bibir menghitam yaitu penyakit Addison. Penyakit ini merupakan suatu kondisi ketika kelenjar adrenalin tidak dapat bekerja dengan baik dalam menghasilkan hormon dalam tubuh. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai penyebab bibir hitam. Apabila Anda tidak ingin mengalaminya, maka pastikan menjauhi berbagai penyebabnya tersebut. Apabila mengalami bibir hitam ini yang disertai dengan gatal dan nyeri maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bibir Hitam Mengganggu Penampilan? Berikut Ini Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

 

Sumber:

1. Thackeray, Tara. 2018. What Makes a Person's Lips Go Black & Chapped?

2. Santos-Longhurst, Adrienne. 2019. What Causes Lip Discoloration and How Do You Treat It?

Bagikan artikel ini