Bantuan
Bantuan

Tak Selalu Soal Primbon, Ini Arti Kedutan Mata Kanan Atas pada Wanita Dari Sisi Medis

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Tak Selalu Soal Primbon, Ini Arti Kedutan Mata Kanan Atas pada Wanita Dari Sisi Medis

Apa sebenarnya arti kedutan mata kanan atas pada wanita? Pernahkah Anda mengalami kondisi seperti ini? banyak yang mengartikan dan percaya bahwa kedutan mata kanan adalah menandakan sesuatu yang bisa terjadi di masa yang akan datang nanti atau masa depan nanti. Tak hanya itu, ada juga yang percaya bahwa arti kedutan mata kanan, yaitu terkait dengan tingkat keberuntungan seseorang. Menurut primbon Jawa, adanya kedutan pada mata kanan atas menandakan penyakit yang selama ini diderita, akan segera sembuh. Orang-orang di sekitar juga akan terpengaruhi menjadi bahagia karena kesembuhan. Meskipun sering kali dikaitkan dengan mitos atau primbon, ternyata arti mata kedutan bisa dikarenakan faktor medis atau adanya penyakit dalam tubuh Anda. 

Dalam medis arti kedutan mata kanan atas pada wanita atau pria merupakan kejang otot kelopak mata yang tejadi berulang dan tidak disengaja. Kedutan tidak terjadi pada bagian atas mata saja, tetapi dapat terjadi pada bagian bawah mata. Untuk kebanyakan orang mungkin kondisi ini sangat ringan dan terasa seperti tarikan lembut pada kelopak mata. Biasanya kedutan pada mata terjadi setiap beberapa detik, selama satu atau bisa sampai dua menit. Munculnya kedutan juga tidak dapat diprediksi, yang mana kedutan bisa terjadi terus-menerus selama mungkin berhari-hari. Kemudian, selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan tidak akan muncul lagi. Kedutan tidak menimbulkan rasa sakit dan juga tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan Anda terganggu. Kebanyakan kasus kedutan akan sembuh dengan sendirinya, tanpa memerlukan pengobatan. 

Perlu Anda ketahui meskipun tidak berbahaya, tetapi pada beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, arti kedutan mata kanan atas pada wanita atau pria bisa menjadi pertanda atau peringatan gangguan gerakan kronis. Terutama jika kedutan disertai degan kedutan wajah lainnya atau adanya gerakan tak terkendali. Bukan muncul tanpa sebab, arti kedutan mata kanan atas pada wanita tidak selalu berkaitan dengan primbon atau mitos. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kedutan pada mata. Berikut ini arti kedutan mata kanan atas pada wanita dilihat dari sisi medis : 

  1. Polusi angin atau udara 

  2. Stres 

  3. Kelelahan 

  4. Asupan alkohol 

  5. Kafein yang berlebihan 

  6. Adanya iritasi pada permukaan mata atau kelopak mata bagian dalam

Ada juga beberapa kondisi medis dengan gejala mata kedutan disebut sebagai blepharosm, yang mana merupakan gangguan pergerakan atau distonia dari otot-otot yang ada pada sekitar mata. Meskipun sampai saat ini belum ada yang tahu persis apa penyebab blepharosm bisa terjadi, namun mungkin disebabkan karena adanya kerusakan sel-sel tertentu. Dimana kerusakan sel-sel tersebut terjadi dalam sistem saraf yang disebut ganglia basalis. Dikatakan bahwa gangila basalis berfungsi untuk memfasilitasi gerakan yang diinginkan, serta menghambat gerakan yang tidak diinginkan. Beberapa faktor lain yang juga dapat menjadi arti kedutan mata kanan atas pada wanita adalah seperti uveitis, mata kering, abrasi kornea, blepharitis, dan sensitivitas cahaya. Terdapat beberapa langkah pengobatan yang disarankan dokter, yaitu seperti pemberian suplemen magnesium, obat-obatan salep, dan terapi fisik, sedangkan untuk mempercepat dan mengoptimalkan penyembuhan, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti mengelola stres, istirahat yang teratur, sering berkedip, hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol, hindari penggunaan perangkat elektronik berlebihan seperti laptop dan smartphone, konsumsi makanan mengandung magnesium dan aneka sayuran.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berikut Ini Gejala Mata Minus dan Cara Menanganinya!

 

Referensi :

https://www.neuroscientificallychallenged.com/blog/what-are-basal-ganglia 

 

https://www.healthline.com/health/eyelid-twitch#causes

Tag :
Bagikan artikel ini