Sudah Waktunya Berhenti Menyusui, Ini Cara Menyapih Anak Agar Tidak Rewel

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Cara Menyapih Anak Agar Tidak Rewel

Apakah Anda sedang mencari tahu cara menyapih anak agar tidak rewel? Jika iya, maka Anda telah berada di artikel yang tepat. Pasalnya, dalam artikel ini akan dijelaskan cara menyapih anak agar tidak rewel yang bisa Anda lakukan. Menyapih anak merupakan waktu ketika sang anak berhenti menyusui. Hal ini perlu dilakukan oleh setiap orang tua. Namun bagi sebagian orang tua, hal ini bukanlah perkara yang mudah. 

Cara Menyapih Anak agar Tidak Rewel

Lalu bagaimanakah cara menyapih anak agar tidak rewel? Mari perhatikan terus penjelasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya. 

  1. Jangan Lakukan dengan Terburu-Buru

Cara menyapih anak agar tidak rewel yang perlu Anda lakukan pertama, yaitu hindari melakukannya dengan terburu-buru. Hal ini karena menyapih anak merupakan sesuatu yang harus dilakukan secara bertahap. Dengan melakukan  penyapihan secara bertahap maka dapat berefek baik pada anak. Tidak hanya itu, cara ini juga dapat berdampak baik pada ibu. Pasalnya, penyapihan yang dilakukan secara bertahap dapat mengurangi risiko bengkak dan nyeri pada payudara karena tidak menyusui. 

  1. Komunikasikan dengan Anak

Meskipun anak masih kecil dan belum sepenuhnya paham mengenai apa yang Anda katakan, tetapi memberikan pengertian pada anak mengenai menyapih merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua perlu berulang kali memberikan pemahaman kepada anak bahwa sudah saatnya ia berhenti menyusui. Cara ini dinilai cukup efektif sehingga sang anak mulai paham dan tidak rewel saat disapih. 

  1. Lakukan di Siang Hari

Cara menyapih yang selanjutnya, yaitu menghindari menyapih anak Anda di malam hari. Pasalnya, di malam hari merupakan waktu anak untuk tidur dengan nyaman. Ketika Anda berhenti menyusui di malam hari maka anak akan merasa tidak nyaman dan mulai rewel. Jadi, sebaiknya fokuslah menyapih anak ketika siang hari. 

  1. Berikan Botol Susu Sebagai Pengganti

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar anak tidak rewel saat disapih, yaitu dengan memberikannya pengganti. Salah satunya pengganti yang bisa Anda berikan, yaitu botol susu. Anda bisa mengisi botol susu tersebut dengan ASI ataupun susu formula. Sebagai permulaan, Anda bisa memberikan beberapa tetes ASI pada lidah dan bibir bayi agar mau menyusu dengan botol. Namun perlu diingat, jangan campurkan ASI dengan susu formula pada botol yang sama.

Baca Juga: Pentingkah Konsumsi Susu pada Anak?

  1. Mulai Persingkat Waktu Menyusui

Mempersingkat waktu menyusui merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menyapih anak. Apabila biasanya anak menyusu selama 8-10 menit maka persingkat menjadi 5 menit saja. Anda juga bisa mulai menunda waktu anak menyusui atau mengurangi frekuensi anak menyusui. Salah satu contohnya, yaitu ketika anak minta menyusu di sore hari maka Anda bisa menjawab untuk menunggu waktu tidur untuk dapat menyusu. 

  1. Berikan Waktu Bermain Pada Anak

Salah satu kunci sukses dalam menyapih anak, yaitu dengan membuatnya lupa menyusu. Salah satu cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan memberikan anak waktu bermain. Anda bisa memberikan mainan kesukaannya agar anak mau bermain. Selain itu, biarkan juga anak menghabiskan waktu bermain bersama teman sebayanya. 

  1. Ubah Kebiasan Tidur Anak

Cara menyapih agar anak tidak rewel yang bisa Anda lakukan terakhir, yaitu dengan  mengubah kebiasan tidur anak. Apabila sebelumnya, anak Anda sering tidur di pangkuan sambil menyusu maka Anda bisa mengubah kebiasaan tersebut. Anda bisa mulai membiasakan anak untuk di tidur di keranjang bayi atau di kasur tersendiri.

Kapan Anak Harus Disapih?

Mungkin beberapa dari Anda akan bertanya, kapan waktu yang tepat untuk menyapih anak. Namun tidak ada waktu yang pasti kapan harus menyapih anak. Pada umumnya, anak mulai disapih ketika menginjak usia 2 tahun. Bahkan ada yang menyapihnya ketika berusia 6 bulan. Namun, Anda dapat menyapih anak ketika mulai memunculkan beberapa tanda seperti rewel walaupun diberi ASI, waktu menyusu lebih pendek dan anak mulai bermain dengan puting ibu. 

Nah, itulah dia beberapa cara menyapih anak agar tidak rewel yang bisa Anda lakukan.Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang berusaha menyapih anak.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Rekomendasi Menu MPASI 6 Bulan untuk Bayi Anda

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Kehamilan & Menyusui sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi

1. McAllister, Rallie & Katie Stuhler. 2021. How to Stop Breastfeeding in 10 Simple Steps.

2. Desiraju, Madhu. Weaning Your Child.

Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Kehamilan & Menyusui sekarang!

Pesan Konsultasi