Bantuan
Free Tele x

Stroberi: Cantik, Lezat, dan Sehat!

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 May 2021

Bagikan

Stroberi: Cantik, Lezat, dan Sehat!

Selain kerap digunakan sebagai dekorasi berbagai makanan karena penampilannya yang unik dan menarik, ternyata stroberi memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. 


Stroberi memiliki berbagai kandungan vitamin, serat, serta antioksidan dalam jumlah tinggi, yang dikenal sebagai polifenol. Stroberi termasuk dalam 20 buah dengan kapasitas antioksidan tertinggi dan menjadi sumber zat mangan dan kalium yang melimpah.


Sekilas tentang stroberi

Stroberi (Fragaria ananassa) yang kita kenal sekarang berasal dari Eropa sejak abad ke-18, yang ternyata merupakan hasil persilangan antara dua spesies stroberi liar yang terdahulu, yaitu spesies yang berasal dari Amerika Utara dan Chile.

Stroberi merupakan bagian dari familia bunga mawar. Stroberi ini ternyata bukan bagian buah dari tanamannya, melainkan bagian bunga yang mengalami pembesaran. 

Bentuk buah stroberi ini menarik dengan bentuknya yang menyerupai bentuk hati disertai warna merah cerah.

Stroberi biasanya dikonsumsi dalam keadaan segar dan mentah. Namun, buah ini juga dapat dimanfaatkan untuk selai, jeli, serta makanan-makanan manis lainnya.


Kandungan gizi stroberi

Stroberi utamanya terdiri atas air dengan persentase 91% dan juga mengandung karbohidrat sejumlah 7,7%. Sisanya yaitu lemak dan protein dalam jumlah kecil, dengan persentase berturut-turut 0,3% dan 0,7%.

Berikut merupakan nutrisi dari stroberi segar 100 g:

  • Kalori: 32

  • Air: 91%

  • Protein: 0,7 g

  • Karbohidrat: 7,7 g

  • Gula: 4,9 g

  • Serat: 2 g

  • Lemak: 0,3 g


Stroberi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh, antara lain:

  • Vitamin C, sebagai antioksidan yang berperan penting pada sistem imun dan kesehatan kulit

  • Mangan, yang berperan dalam keberlangsungan proses-proses di dalam tubuh

  • Vitamin B9 (folat), yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan dan mempertahankan fungsi sel. Selain itu, Vitamin B9 juga memiliki peran fundamental pada wanita hamil dan kaum usia lanjut.

  • Kalium, yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah

Zat-zat lainnya seperti zat besi, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6, K, dan E juga terkandung pada stroberi dalam jumlah kecil.

Dengan berbagai zat gizi yang terdapat dalam stroberi, stroberi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Kesehatan jantung

Suatu studi telah menemukan hubungan antara buah-buahan beri, termasuk stroberi, dengan peningkatan kesehatan jantung. Berdasarkan hasil suatu penelitian yang dilakukan terhadap orang-orang berusia paruh baya yang memiliki risiko penyakit jantung, buah-buahan beri mampu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik), menjaga tekanan darah dalam rentang yang normal, serta berperan penting dalam mempertahankan fungsi keping darah.

Stroberi juga terbukti dapat mencegah peradangan, memperbaiki kerja pembuluh darah, serta menjaga kadar lemak darah dalam rentang yang aman.


Mengatur kadar gula darah

Ketika karbohidrat dicerna tubuh, tubuh kita memecahnya menjadi zat-zat gula yang lebih sederhana untuk dialirkan ke dalam peredaran darah. Apabila terdapat zat gula dalam darah, tubuh kita mulai memproduksi insulin, yaitu hormon yang memerintahkan sel-sel tubuh untuk mengambil zat gula tersebut untuk digunakan sebagai energi atau disimpan untuk cadangan makanan. Oleh karena itu, gula darah perlu untuk dijaga supaya kadarnya seimbang. Ketidakseimbangan pengaturan gula darah dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, serta penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi stroberi sebelum makan makanan yang kaya akan karbohidrat, pencernaan karbohidrat menjadi lebih lambat sehingga dapat menurunkan kandungan zat gula dalam darah, sehingga stroberi berkhasiat untuk mengatur kadar gula darah.


Pencegahan kanker

Kanker merupakan penyakit di mana sel-sel abnormal mengalami pertumbuhan berlebih dan tidak terkontrol. Stroberi terbukti dapat menghambat pembentukan tumor pada sel kanker hati di manusia. Asam elagik dan elagitanin pada stroberi memiliki efek protektif untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.


Stroberi adalah buah rendah kalori yang lezat dan sehat. Dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan, stroberi sangat baik untuk ditambahkan dalam rangkaian pola makan yang sehat.


Baca Juga: Kenali Kanker Kelenjar Getah Bening


Referensi:

  1. https://www.webmd.com/diet/features/nutritional-benefits-of-the-strawberry# 

  2. https://www.healthline.com/nutrition/foods/strawberries 

  3. https://www.medicalnewstoday.com/articles/271285 

Bagikan artikel ini