Bantuan
Bantuan

Memiliki Banyak Manfaat, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Protein

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Memiliki Banyak Manfaat, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Protein

Makanan yang mengandung protein adalah jenis makanan yang harus masuk ke dalam menu harian Anda dan keluarga. Mengapa demikian? Hal ini karena protein memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia yang tentunya tidak bisa dilewatkan. Bahkan, protein itu sendiri merupakan blok pembangun organ tubuh manusia, seperti otot, kulit, dan juga mengontrol hormon dalam tubuh. 

Tidak hanya itu saja, asupan protein yang cukup sejatinya diperlukan demi memelihara dan memperbaiki jaringan yang rusak pada tubuh. Pada anak-anak pun, protein ini akan sangat membantu dalam pertumbuhan. Untuk itu, mari kita ulas makanan yang mengandung protein berikut ini untuk Anda konsumsi sehari-hari. 

  1. Telur

Makanan yang mengandung protein pertama yaitu telur. Selain murah dan mudah didapatkan, telur merupakan salah salah satu makanan yang bergizi dan sehat karena memiliki banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat. Di dalam satu butir telur, terdapat protein sebanyak 6 gram dan 78 kalori. Protein paling banyak ditemukan di putih telur daripada kuning telur.  

  1. Dada Ayam

Makanan yang mengandung protein selanjutnya yaitu dada ayam. Di dalam ayam rebus tanpa kulit seberat 100 gram terdapat 150 kalori dan 28,7 gram protein. Selain mengandung banyak protein, dada ayam sangat mudah untuk dimasak. Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus ataupun dipanggang. 

  1. Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak protein. Tidak hanya menjadi salah satu jenis kacang yang populer, kacang almond juga memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin E, serat, magnesium, dan protein. Setiap 100 gram kacang almond, terdapat 6 gram protein.

  1. Yogurt

Selain banyak disukai dan teksturnya yang lembut, yogurt juga menjadi salah satu makanan yang mengandung protein. Setiap 170 gram yogurt terdapat 17 gram protein dan 100 kalori. Tidak hanya itu, yogurt juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak. 

  1. Susu

Selain yogurt, susu juga termasuk ke dalam makanan yang memiliki kandungan protein. Dalam secangkir susu terdapat kandungan protein sebanyak 8 gram dan 103 kalori. Tidak hanya itu, susu juga menjadi salah satu minuman yang sangat berigizi. 

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan yang cukup populer, selain karena rasanya yang lezat dan sering digunakan dalam sushi, ikan tuna ternyata sangat rendah kalorinya, namun memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Seperti jenis ikan lainnya, ikan tuna memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan beragam, serta memiliki kandungan omega 3 yang baik bagi kesehatan.

  1. Daging tanpa lemak

Daging adalah salah satu sumber protein terbaik. Meskipun begitu, jangan salah paham dulu, karena daging yang dimaksud dalam hal ini adalah jenis daging tanpa lemak atau lean beef. Bagi Anda yang sedang dalam program diet untuk mengurangi berat badan, konsumsi daging tanpa lemak ini menjadi makanan yang wajib untuk dikonsumsi, karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama. 

  1. Kacang kedelai

Kacang kedelai mungkin tidak begitu umum untuk dikonsumsi setiap hari bagi kebanyakan orang. Meskipun begitu, tahukah Anda bahwa kacang kedelai dalam hal ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan memasukkan makanan yang mengandung protein ini secara rutin ke dalam menu diet harian, jantung Anda pun akan semakin terjaga kesehatannya. 

  1. Udang

Udang adalah salah satu makanan laut yang banyak disukai karena rasanya yang lezat. Ternyata, selain memiliki rasa yang lezat dan cocok untuk dimakan dengan jenis makanan lainnya, udang ini merupakan makanan yang mengandung protein cukup tinggi namun tetap rendah kalori. Dalam udang ini terdapat pula kandungan nutrisi seperti selenium dan juga vitamin B12 yang tentunya baik dan diperlukan tubuh. 

  1. Tempe

Makanan yang mengandung protein terakhir yaitu tempe. Makanan yang satu ini sangatlah familiar dan mudah ditemui.  Setiap 100 gram tempe terdapat kandungan protein sebanyak 20,8 gram. Tidak hanya itu, tempe juga memiliki kandungan vitamin B, karbohidrat, serat, dan kalsium. 

Demikianlah jenis-jenis makanan yang mengandung protein, yang bisa Anda masukkan ke dalam menu harian Anda di rumah. Selain dari jenis makanan yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mencukupi asupan protein harian dari suplemen protein whey

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Tinggi Protein Ini Baik Untuk Kesehatan Tubuh Anda, Lho!

 

Sumber:

1. Gunnars, Kris. 2020. 20 Delicious High Protein Food.

2. WebMD. Good Protein Sources.

Bagikan artikel ini