Bantuan

MENGENAL SNOMED CT, ACUAN TERMINOLOGI MEDIS TENAGA PROFESIONAL KESEHATAN DUNIA

Ditinjau oleh Harianus Zebua • 19 Apr 2023

Bagikan

Mengenal SNOMED CT, Acuan Terminologi Medis Dunia

Systematized Nomenclature of Medicine Clinical Terminology (SNOMED CT) adalah sistem klasifikasi terminologi medis yang digunakan oleh profesional kesehatan di seluruh dunia untuk menggambarkan konsep medis dan klinis dalam dokumen medis elektronik dan sistem informasi kesehatan. SNOMED CT mencakup lebih dari 300.000 konsep medis yang saling terkait, dan digunakan untuk menggambarkan data pasien, diagnosis, prosedur, obat-obatan, dan sebagainya. SNOMED CT dirancang untuk memfasilitasi pertukaran informasi kesehatan antara berbagai sistem informasi kesehatan dan memfasilitasi analisis data medis untuk penelitian dan perbaikan kualitas.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang SNOMED CT, kita perlu memahami mengapa penting untuk memiliki sistem klasifikasi terminologi medis yang terstandarisasi. Dalam dunia kesehatan, informasi tentang pasien sangatlah penting dan berharga. Ini dapat mencakup riwayat medis, diagnosa, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, alergi, dan sebagainya. Informasi ini memungkinkan para profesional kesehatan untuk memberikan perawatan yang tepat dan efektif bagi pasien. Namun, informasi ini harus dikelola dengan hati-hati untuk memastikan bahwa data yang dihasilkan akurat dan dapat dipertukarkan dengan aman antara sistem informasi kesehatan.

Saat ini, banyak sistem informasi kesehatan yang digunakan di seluruh dunia. Namun, banyak sistem ini menggunakan terminologi medis yang berbeda-beda, yang dapat menyebabkan masalah dalam pertukaran data antara sistem tersebut. Selain itu, terminologi medis yang digunakan oleh para profesional kesehatan juga dapat bervariasi tergantung pada negara atau wilayah tempat mereka bekerja. Ini dapat menyebabkan kesulitan dalam memahami dan membandingkan data medis antara profesional kesehatan yang berbeda.

Inilah sebabnya mengapa SNOMED CT sangat penting. SNOMED CT menyediakan sebuah sistem terminologi medis yang terstandarisasi yang dapat digunakan oleh para profesional kesehatan di seluruh dunia. Dalam SNOMED CT, setiap konsep medis memiliki kode unik yang disebut konsep identifier (ID). Ini memungkinkan sistem informasi kesehatan untuk dengan mudah menemukan dan memproses data medis yang berkaitan dengan konsep tertentu, seperti suatu penyakit atau prosedur medis.

Misalnya, kata "flu" bisa merujuk pada berbagai jenis influenza yang berbeda-beda. Dalam SNOMED CT, "flu" diidentifikasi oleh konsep identifier yang unik, yang memungkinkan sistem informasi kesehatan untuk memproses data yang berkaitan dengan influenza dengan cara yang terstandarisasi dan mudah dipertukarkan antara sistem informasi kesehatan.

SNOMED CT juga dirancang untuk memfasilitasi analisis data medis untuk penelitian dan perbaikan kualitas. Dalam SNOMED CT, konsep medis diorganisasi ke dalam hirarki, di mana konsep yang lebih spesifik di bawah konsep yang lebih umum. Ini memungkinkan pengguna SNOMED CT untuk melakukan analisis data medis dengan cara yang lebih terperinci dan memungkinkan penemuan keterkaitan antara konsep-konsep medis yang berbeda.

SNOMED CT juga dapat digunakan untuk memfasilitasi pertukaran informasi kesehatan antara berbagai sistem informasi kesehatan. Dalam SNOMED CT, konsep medis diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, yang memungkinkan para profesional kesehatan dari berbagai negara dan wilayah untuk menggunakan sistem ini dengan mudah. Selain itu, SNOMED CT terintegrasi dengan sistem informasi kesehatan yang berbeda, memungkinkan pengguna untuk mengakses data medis dari berbagai sumber dengan mudah dan aman.

Salah satu keuntungan besar dari SNOMED CT adalah bahwa ia menghilangkan kesalahan penulisan dan pengertian konsep medis yang salah yang dapat terjadi saat para profesional kesehatan menggunakan terminologi medis yang berbeda. Dalam SNOMED CT, setiap konsep medis memiliki definisi yang jelas dan dapat dipahami dengan baik. Ini memungkinkan para profesional kesehatan untuk menggunakan terminologi medis yang terstandarisasi, yang mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan akurasi data medis.

Namun, ada beberapa kelemahan dalam penggunaan SNOMED CT. Salah satunya adalah bahwa SNOMED CT memiliki kurva belajar yang curam, yang berarti bahwa butuh waktu dan pelatihan untuk mempelajari dan menguasai terminologi medis ini. Selain itu, SNOMED CT juga memerlukan biaya yang tinggi untuk diterapkan dan dikelola, yang dapat menjadi hambatan bagi institusi kesehatan yang memiliki sumber daya terbatas.

Dalam kesimpulan, SNOMED CT adalah sistem klasifikasi terminologi medis yang penting dan berguna bagi para profesional kesehatan di seluruh dunia. SNOMED CT memfasilitasi pertukaran informasi kesehatan antara berbagai sistem informasi kesehatan, memfasilitasi analisis data medis untuk penelitian dan perbaikan kualitas, dan mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan akurasi data medis. Meskipun ada beberapa kelemahan dalam penggunaan SNOMED CT, manfaatnya jelas dan penting dalam meningkatkan kualitas perawatan pasien dan pengelolaan informasi kesehatan.

AIDO HEALTH dapat membantu meningkatkan efisiensi fasilitas kesehatan Anda dengan penyediaan sistem informasi manajemen rumah sakit, klinik, laboratorium dan apotek Anda!

Tag :
Referensi

Dari Pelbagai Sumber

Bagikan artikel ini