Bantuan
Free Tele x

Mari Kenalan dengan 5 Tipe Love Language Ini, dan Tentukan Mana Karakter Anda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Apr 2022

Bagikan

tipe love language

Sudahkah Anda mengetahui apa tipe love language Anda? Berbicara mengenai cinta sepertinya memang tidak pernah ada ujungnya. Mulai dari rasanya jatuh cinta, hingga cara mengekspresikan rasa cinta tersebut yang ternyata bisa berbeda-beda antara masing-masing individu.

Mengetahui tipe love language adalah hal penting untuk mengetahui apakah pasangan merasa puas dalam suatu hubungan. Selain itu, Anda juga dapat memberi perlakuan-perlakuan yang sesuai dengan tipe love language pasangan untuk membahagiakannya. Lantas apa saja tipe love language tersebut? Simak penjelasannya pada pembahasan mengenai tipe-tipe bahasa cinta atau love language berikut ini.

Sekilas tentang Love Language

Love language atau bahasa cinta sejatinya merupakan suatu konsep yang pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman. Melalui konsepnya ini, ia membahas tentang prinsip komunikasi dalam hubungan yang dapat diaplikasikan ke setiap pasangan. 

Pada dasarnya, love language sendiri merupakan cara yang dilakukan oleh seseorang dalam mengekspresikan rasa cinta dan sayangnya terhadap orang lain. Bahasa cinta yang dimaksud dalam hal ini tidak selalu berbicara tentang hubungan romantis saja, melainkan juga dapat diterapkan ke dalam hubungan lainnya, baik itu antar teman maupun keluarga. 

Dengan memperlakukan seseorang sesuai dengan tipe love language, ia mungkin akan merasa disayangi dan dicintai dengan baik. Oleh karena itulah, penting bagi Anda mengetahui apa saja tipe-tipe love language tersebut dan bagaimana karakteristik dari masing-masing tipenya.

Tipe-Tipe Love Language

Pada pembahasan sebelumnya mungkin Anda sudah bisa menangkap bahwa love language adalah hal yang penting untuk disadari. Menurut Dr. Gary Chapman, tipe love language sendiri terbagi menjadi lima jenis yang masing-masingnya adalah sebagai berikut.

  1. Quality Time

Bagi Anda yang senang sekali menghabiskan waktu bersama dengan orang tercinta, maka dapat dikatakan bahwa Anda memiliki tipe love language ini. Pemilik tipe love language berupa quality time senang sekali menghabiskan waktu dengan fokus penuh bersama pasangannya, tanpa ada gangguan atau distraksi apa pun, termasuk oleh gawai. Waktu bersama orang tercintanya ini kerap digunakan untuk saling berbagi cerita, bercanda bersama, bahkan hingga membicarakan hal yang serius.

  1. Acts of Service

Pemilik tipe love language yang satu ini lebih suka dengan pasangan yang mampu menunjukkan tindakan dibanding banyak berkata-kata saja. Oleh karena itu, kata-kata romantis seperti “aku mencintaimu” menjadi suatu hal yang tidak begitu berarti baginya. Sebaliknya, tindakan-tindakan yang menunjukkan cinta dan kasih sayang, baik itu berupa tindakan kecil maupun tindakan besar, akan menjadi sangat berarti bagi pemilik tipe love language berupa act of service. 

  1. Words of Affirmation

Tipe yang satu ini jelas sangat berbeda dengan pemilik tipe acts of service, di mana justru kata-kata pujian, apresiasi, dan kalimat sayang lainnya lah yang sangat berarti. Jika orang tercinta Anda memiliki tipe love language yang satu ini, apresiasi seperti “Terima kasih telah membuat aku bahagia” akan sangat membuatnya senang. Mereka percaya bahwa kalimat afirmasi menjadi salah satu wujud apresiasi dan cinta terhadap dirinya. 

  1. Physical Touch

Banyak yang masih salah paham dengan tipe love language yang satu ini, karena selalu dianggap berhubungan dengan seksualitas. Padahal, sentuhan fisik yang dimaksud dalam hal ini tidak selamanya berbicara tentang hubungan intim saja. Tindakan seperti menggenggam tangan, memeluk dengan tulus, hingga duduk berdekatan saja sudah mampu membuat pemilik tipe love language ini merasa dicintai sepenuh hati.

  1. Receiving Gifts

Orang tercinta Anda selalu senang menerima hadiah? Bisa jadi ia memiliki tipe love language berupa receiving gifts. Hadiah yang diberi dalam hal ini tidak selalu bernilai materi yang besar. Dalam artian, memberi pasangan hadiah berupa sweater yang dirajut sendiri saja dapat membuatnya senang tak terkira. 

Nah demikianlah penjelasan mengenai 5 tipe love language yang perlu diketahui. Untuk mengetahui tipe bahasa cinta dari pasangan Anda, cobalah untuk mengenalnya dengan lebih dalam. Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya berdiskusi dan saling bertukar pendapat mengenai apa tindakan-tindakan yang disukai dan tidak disukai, atau perlakuan seperti apa yang ia inginkan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi

Gordon, Sherri. 2022. What Are the Five Love Languages?. https://www.verywellmind.com/can-the-five-love-languages-help-your-relationship-4783538

Nguyen, Julie. 2020. What Are The Five Love Languages? Everything You Need To Know. https://www.mindbodygreen.com/articles/the-5-love-languages-explained

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami