Bantuan
Bantuan

Apakah Anda Takut Saat Melihat Boneka, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Feb 2022

Bagikan

Fobia Boneka

Apakah Anda sering merasa takut saat melihat boneka, apa penyebabnya? Mungkin hal ini terjadi kepada Anda ataupun kerabat yang membuat Anda menjadi bingung. Cukup banyak orang yang merasa takut terhadap boneka bahkan ada yang sampai menderita serangan panik saat melihatnya. Padahal menurut beberapa penelitian kebanyakan anak kecil lebih menyukai boneka dibandingkan merasa takut. Lantas, kenapa orang bisa takut dengan boneka?

Rasa takut adalah bentuk dari emosi manusia yang kuat dan alami. Memiliki rasa takut berlebihan sering dikatakan sebagai fobia. Ada banyak jenis fobia yang ada di dunia ini, salah satunya adalah fobia terhadap boneka. Ada berbagai macam alasan kenapa seseorang takut boneka atau benda lainnya. Setiap orang mungkin memiliki alasannya masing-masing. Anda takut saat melihat boneka, apa penyebabnya? Mari simak terus penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Fobia?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika kita paham arti fobia itu sendiri. Fobia sering dikatakan sebagai reaksi ketakutan yang tidak rasional dan berlebihan. Ketakutan yang dirasakan bisa karena suatu tempat, situasi, atau pun objek tertentu. Fobia biasanya terhubung dengan sesuatu yang spesifik dan rinci, tidak seperti gangguan kecemasan yang bisa bersifat umum. Jika Anda mengalami rasa takut atau panik yang sangat besar ketika bertemu atau melihat sesuatu, mungkin saja Anda mengalami fobia.

Ada banyak jenis fobia yang ada dan setiap fobia terhadap sesuatu memiliki istilahnya tersendiri. Salah satunya adalah fobia Pediophobia, yang mana ini adalah istilah untuk seseorang yang memiliki ketakutan sangat besar terhadap boneka atau sering disebut juga fobia boneka. Pediophobia diyakini sebagai jenis authomatonophobia, atau ketakutan terhadap humanoid. Beberapa orang mungkin takut pada semua boneka dan beberapa lagi mungkin takut pada boneka tertentu.

Penyebab Takut Melihat Boneka

Faktanya, belum ada penyebab pasti mengenai bagaimana Pediophobia ini muncul. Namun, ada beberapa poin yang kemungkinan menjadi penyebab kenapa Anda takut saat melihat boneka. Berikut kemungkinan penyebab takut melihat boneka.

  1. Film Horror 

Tidak sedikit film horror yang mengangkat tema boneka menyeramkan sebagai cerita utamanya, misalnya, seperti boneka Chucky, Annabelle, dan masih banyak lagi. Hal ini mungkin bisa menimbulkan trauma dan membuat siapapun yang menontonnya merasa takut. Bahkan, mungkin mengubah persepsi Anda tentang sebuah boneka. 

  1. Berkaitan Dengan Trauma

Bisa saja Anda merasa takut karena pernah menghadapi suatu kejadian menyeramkan yang berkaitan dengan boneka. Mungkin juga hal lainnya yang bisa saja menimbulkan trauma, misalnya, karena waktu kecil sering ditakut-takuti boneka oleh teman atau kakak yang iseng. 

  1. Fobia Diturunkan Oleh Keluarga

Hal ini bisa terjadi, bisa karena adanya komponen genetik atau bahkan karena lingkungan dimana orang-orang merasa takut terhadap boneka membuat Anda jadi memiliki pemahaman yang sama dan sudah tertanam jauh di alam bawah sadar. Sebagaimana yang kita ketahui, lingkungan dapat memengaruhi perilaku seseorang,

Tips Mengatasi Fobia Boneka

Tahukan Anda bahwa fobia boneka atau pediophobia mudah untuk diobati? Anda bisa pergi ke psikolog ataupun psikiater untuk menentukan langkah yang tepat ke depannya. Namun, pada umumnya ada dua terapi yang mungkin bisa Anda gunakan, yaitu terapi perilaku-kognitif dan terapi paparan. Terapi paling umum untuk mereka dengan fobia spesifik, yaitu terapi perilaku-kognitif yang mana terapi ini bertujuan untuk mengubah pola pikir dan respons dari negatif ke positif.

Selain terapi perilaku-kognitif, ada terapi paparan yang mana dapat membantu Anda agar terbiasa dengan kehadiran boneka karena adanya paparan berulang-ulang antara Anda dan boneka. Hal ini dipercaya dapat membantu mengurangi atau menghilangkan rasa takut. Dalam keadaan terburuk, mungkin Anda dapat mengonsumsi obat tapi selalu dengan resep dokter yang merawat Anda.

Itulah penjelasan mengenai apakah Anda takut saat melihat boneka, apa penyebabnya? Selain poin yang sudah dijelaskan di atas, bisa saja ada penyebab lain yang memungkinkan membuat Anda mengalami fobia boneka. Oleh karena itu, jika rasa takut ini sudah cukup mengganggu hidup Anda, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke ahlinya seperti psikolog atau psikiater terdekat. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih menangani rasa takutnya dengan cara yang tepat.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Idap Tripofobia, Normalkah?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cafasso, J. 2019. Pediophobia: Fear of Dolls. https://www.healthline.com/health/mental-health/pediophobia

Fritscher, L. 2021. Pediophobia: The Fear of Dolls. https://www.verywellmind.com/fear-of-dolls-2671875

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang