Mengenal Manfaat Masker Mugwort Untuk Kecantikan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Mengenal Manfaat Masker Mugwort Untuk Kecantikan

Sudahkah Anda tahu manfaat masker mugwort? Masker mugwort merupakan salah satu produk perawatan kulit yang berasal dari Korea Selatan. Banyak orang menggemari produk ini karena dipercaya memiliki manfaat untuk wajah apabila digunakan dengan benar. Lantas, apa saja manfaat masker mugwort tersebut? Mari sama-sama mengenal berbagai manfaatnya di bawah ini. 

Apa Itu Mugwort?

Sebelum membahas mengenai manfaat masker mugwort, terlebih dahulu memahami apa itu mugwort. Mugwort merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Asia, Amerika utara, dan juga Eropa. Tanaman ini dikenal dengan nama Artemisia Vulgaris dan telah digunakan secara turun temurun di Korea Selatan untuk pengobatan, bahan makan dan perawatan kulit. Di dalam tanaman mugwort terdapat kandungan senyawa antibakteri, antijamur dan juga antiradang. Selain itu, mugwort juga memiliki kandungan berupa vitamin dan antioksidan yang dapat memperkuat lapisan yang melindungi kulit. 

Manfaat Masker Mugwort

Setelah mengetahui apa itu mugwort, selanjutnya akan dijelaskan mengenai manfaat masker mugwort. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu menyimak penjelasan di bawah ini hingga akhir. 

  1. Mengatasi Jerawat

Manfaat masker mugwort yang pertama yaitu dapat mengatasi jerawat. Hal ini karena masker mugwort memiliki kandungan antibakteri yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, kandungan antiradang di dalam mugwort juga dapat meredakan beberapa jenis jerawat seperti jerawat kistik dan jerawat kemerahan. 

  1. Melembapkan Kulit

Manfaat masker mugwort yang selanjutnya yaitu dapat melembapkan kulit. Hal ini karena mugwort memiliki kandungan vitamin E yang akan membantu mempertahankan kelembapan kulit wajah. Apabila Anda menggunakan masker mugwort dengan benar dan rutin, maka bukan hal yang mustahil wajah Anda akan menjadi terasa lembap. 

  1. Meredakan Peradangan

Masker mugwort juga dapat bermanfaat dalam meredakan peradangan. Hal ini karena masker mugwort memiliki kandungan senyawa antiradang yang sangat baik untuk kulit kering dan kulit iritasi. Tidak hanya itu, masker mugwort juga memiliki kandungan zat antiinflamasi yang dapat meringankan beberapa kondisi kulit seperti, dermatitis, psoriasis, dan rosacea. 

  1. Melindungi Kulit

Penggunaan masker mugwort juga dapat memberikan manfaat berupa perlindungan kulit dari paparan sinar matahari. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa, masker mugwort dapat bertindak sebagai antioksidan yang akan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. 

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat masker mugwort yang terakhir yaitu dapat meningkatkan produksi kolagen. Meningkatnya produksi kolagen akan membantu mengatasi masalah penuaan seperti, gari-garis halus di wajah. Kolagen pada kulit manusia akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Dalam hal ini, masker mugwort akan membantu meningkatkan produksi kolagen. 

Tata Cara Menggunakan Masker

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat masker mugwort dengan maksimal, sebaiknya Anda menggunakan masker dengan benar. Pada dasarnya cara menggunakan masker mugwort sama seperti masker wajah pada umumnya. Akan tetapi, bagi Anda yang masih agak bingung bisa mengikuti cara di bawah ini. 

  1. Membersihkan wajah. Pertama-tama Anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu dan pastikan wajah telah bersih dan kering. Wajah yang bersih akan membantu proses penyerapan masker ke dalam pori-pori menjadi sempurna.  

  2. Membaca aturan pakai. Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya yaitu membaca aturan pakai. Hal ini karena, mungkin saja produk masker mugwort yang Anda gunakan memiliki cara pemakaian yang berbeda. 

  3. Menggunakan masker pada permukaan wajah. Terdapat dua tipe masker mugwort yaitu lembaran dan krim. Apabila Anda menggunakan masker yang lembaran, mulailah meletakkannya dari area dahi dan mata agar tidak menciptakan gelembung. 

  4. Menunggu beberapa saat. Setelah masker telah diaplikasikan ke wajah, tunggulah beberapa saat. Sembari menunggu masker meresap sempurna, Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya. 

  5. Mengoleskan pelembab. Setelah Anda selesai menggunakan masker, maka lanjutkan dengan menggunakan pelembab. Tujuan menggunakan pelembab yaitu untuk menghidrasi kulit dan membuat manfaat masker mugwort menjadi maksimal. 

Nah, itulah beberapa informasi untuk dapat mengenal manfaat masker mugwort serta cara menggunakannya. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati karena menggunakan masker mugwort bisa saja menimbulkan efek samping pada kondisi kulit tertentu. Apabila setelah menggunakan masker muncul kemerahan atau gatal, sebaiknya segera hentikan penggunaan masker mugwort. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pentingnya Moisturizer untuk Kecantikan Kulit


Sumber:

Cirino, Erica. How to Apply a Face Mask Correctly. (2019) 

Why You Should Add Mugwort To Your Skincare Routine (2018)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi