Bantuan

Cari Kandungan Ini pada Produk Masker Jerawat yang Anda Pilih!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Feb 2022

Bagikan

masker jerawat

Masker jerawat adalah salah satu perawatan yang dapat Anda gunakan saat kulit mengalami jerawat. Munculnya jerawat menyebabkan rasa sakit dan dapat mengganggu penampilan. Hal ini dapat berpengaruh dalam menurunkan  kepercayaan diri seseorang. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat saat datang melanda salah satunya dengan menggunakan perawatan masker.  

Manfaat Masker untuk Kulit Berjerawat

Masker jerawat dapat membantu meredakan jerawat yang meradang. Penyebab peradangan adalah bakteri yang semakin memperparah infeksi, penggunaan masker dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi. Jerawat terjadi saat pori-pori tertutup atau tersumbat, maka untuk mempercepat proses penyembuhan pori-pori tersebut perlu untuk dibuka. 

Penggunaan masker dapat membantu membuka kembali pori-pori yang tersumbat. Oleh karena itu, selain menggunakan skincare khusus jerawat, menggunakan masker untuk mengatasi jerawat juga akan membantu dalam proses penyembuhan. 

Kandungan Masker Jerawat

Jangan salah memilih produk skincare yang akan Anda digunakan untuk membantu penyembuhan jerawat. Salah memilih produk dapat menyebabkan keadaan semakin parah. Perhatikan kandungan dari masker yang Anda pilih dan pastikan mengandung komposisi yang dibutuhkan. Lalu apa saja kandungan yang diperlukan dalam produk masker jerawat?

  1. Tea Tree Oil

Tea tree oil berperan penting sebagai antibakteri dan anti inflamasi. Kandungan tea tree oil pada produk masker yang Anda gunakan dapat meningkatkan efektivitas masker untuk memerangi bakteri yang menjadi penyebab infeksi. Kandungan ini dapat Anda temukan di berbagai produk acne care

  1. Salicylic Acid

Asam salisilat atau salicylic acid adalah kandungan yang dikenal mampu menangkal jerawat dan berfungsi sebagai anti inflamasi. Kandungan ini mampu membantu meredakan kemerahan pada kulit berjerawat yang sedang meradang dan mengalami iritasi. 

  1. Activated Charcoal

Activated charcoal atau arang aktif berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada kulit wajah. Kandungan activated charcoal tentu akan menjadi efektif untuk membantu mencegah terjadinya jerawat baru yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Saat ini banyak sekali masker wajah di pasaran yang mengandung activated charcoal. 

  1. Vitamin C

Kandungan vitamin C pada masker wajah akan memberikan antioksidan yang dibutuhkan oleh kulit. Vitamin C dapat membantu menetralkan radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen pada kulit, dan menjadikan kulit lebih sehat sehingga mampu mengurangi terjadinya jerawat serta membantu dalam penyembuhan jerawat. 

  1. Niacinamide

Kandungan niacinamide adalah kandungan yang populer pada produk-produk perawatan jerawat. Niacinamide adalah vitamin B yang telah terbukti sebagai anti inflamasi dan dapat membantu mengurangi, bahkan menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh radang pada kulit. 

  1. Bentonite clay

Bentonite clay adalah tanah liat alami yang membantu produk perawatan agar dapat menempel pada kulit. Bentonite clay mampu menyerap racun negatif pada kulit dan membatu untuk mendetox kulit Anda. 

Perawatan Lanjutan

Penggunaan masker jerawat memang dapat membantu Anda menyembuhkan jerawat yang sedang Anda alami. Akan tetapi, perawatan tidak dapat hanya berhenti sampai di sini. Penggunaan masker hanya berperan membantu bukan solusi praktis menyembuhkan jerawat. 

Setelah Anda mendapatkan manfaat dari masker yang digunakan, jangan lupa untuk tetap melakukan perawatan wajah sebagai sebuah rutinitas agar kesehatan kulit Anda dapat tetap terjaga dengan baik. Anda juga perlu memperhatikan kandungan skincare yang dipakai setelah penggunaan masker. Seperti menghindari menggunakan produk skincare lain yang mengandung asam setelah menggunakan masker yang juga memiliki kandungan asam. Memakai produk dengan kandungan asam berlapis bisa menyebabkan kulit Anda mengalami iritasi. 

Hindari mencuci muka menggunakan scrub atau mencuci muka terlalu berlebihan. Serta jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab dan sunscreen untuk menjaga kulit Anda tetap lembab dan terlindungi dari sinar UV. 

Menggunakan masker jerawat memang dapat memberikan manfaat dan membantu melawan jerawat. Namun, perlu diingat, pemakaian masker tidak disarankan untuk digunakan setiap hari. Penggunaan secara berlebihan dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan malah merusak lapisan kulit. Gunakanlah masker maksimal dua kali dalam seminggu, serta gunakanlah skincare khusus untuk kulit berjerawat lainnya sebagai perawatan rutinitas harian Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Agar Terhindar dari Jerawat, Ini Dia Pilihan Jenis Skincare untuk Kulit Acne Prone

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Konstantinovsky, Michelle. 2019. 15 Best Masks for Acne-Prone Skin. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-mask-for-acne

Watson, Kathryn. 2019. What Is Calcium Bentonite Clay?. https://www.healthline.com/health/calcium-bentonite-clay

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang