Bantuan

Beberapa Kandungan yang Umum Ada di Skincare Day cream Anti aging

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Mar 2022

Bagikan

cream anti aging

Produk skincare day cream anti aging sekarang ini sedang menjadi tren. Sebenarnya skincare anti aging mempunyai bahan aktif dan kandungan yang sama, baik itu produk mahal ataupun ekonomis. Sering kali orang beranggapan bahwa anti aging yang mahal lebih baik daripada produk yang nilainya ekonomis. Namun, Anda perlu tahu bahwa kandungan dari krim anti aging adalah sama saja. Harga tidak selalu menjadi acuan apakah produk tersebut bagus atau tidak, yang menjadi tolak ukurnya adalah efektif atau tidaknya produk tersebut. Jadi, kembali lagi ke bagaimana kondisi kulit masing-masing orang yang menggunakan produk anti aging

Kandungan Day cream Anti aging

Walau harga anti aging ada yang mahal dan ekonomis, tetapi efektivitas dan fungsinya umumnya adalah sama dan tidak jauh berbeda. Supaya day cream anti aging dapat memberi Anda hasil yang optimal, guna membantu mengurangi dan mencegah tanda penuaan. Maka, sudah sebaiknya Anda dapat menemukan produk skincare yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. Dibawah ini adalah kandungan yang ada dalam produk krim anti aging:

  1. Antioksidan

Day cream anti aging memiliki kandungan antioksidan, yakni seperti polifenol, flavonoid, serta glutathione. Dimana bisa membantu melindungi kulit wajah dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas. Bukan hanya itu, antioksidan juga dapat mengurangi kerutan, memperlambat proses penuaan kulit wajah, mengurangi risiko kanker kulit, serta kerusakan kulit karena paparan sinat matahari. 

  1. Retinol

Manfaat dari kandungan retinol dalam day cream anti aging, yakni guna menghambat proses penuaan kulit, memacu pembentukan kolagen, mengurangi keriput, menyamarkan flek hitam atau bintik-bintik karena paparan sinar matahari, serta merangsang elastisitas kulit wajah Anda. 

  1. Asam hialuronat

Kandungan yang umumnya ada dalam day cream anti aging lainnya, yakni hyaluronic acid atau asam hialuronat. Hyaluronic acid ini memiliki banyak manfaat, yakni seperti meningkatkan elastisitas kulit, mencegah dan juga mengatasi keriput, melembapkan kulit, dan memicu produksi kolagen. 

  1. AHA atau alpha hidroxy acid

Untuk kandungan satu ini bisa Anda temukan di banyak produk skincare. Dimana AHA memiliki manfaat dalam bantu memicu pembentukan jaringan kulit yang baru, mengurangi munculnya kerutan dan bintik bekas jerawat, serta eksfoliasi atau membersihkan kulit dari sel kulit mati. Disarankan agar lebih aman, maka pilihlah produk skincare yang memiliki kandungan AHA 5 sampai 10 persen. Hal ini karena kandungan AHA yang tinggi dapat membuat kulit wajah Anda menjadi iritasi dan kering. 

  1. Vitamin C 

Supaya kulit wajah terus mulus dan sehat, maka kulit memerlukan kolagen yang cukup. Dimana protein ini dapat terbentuk jika vitamin C terpenuhi dengan baik. Bukan hanya itu, kandungan antioksidan didalam vitamin C memiliki peran penting untuk mengurangi garis halus dan kerutan di kulit wajah. 

  1. Niasinamid

Kandungan niasinamid ini menjadi zat turunan dari vitamin B3, yang mana diklaim cukup efektif dalam menghambat kulit mengalami penuaan. Niasinamid juga memiliki manfaat dalam mencegah dan mengatasi kulit kering, menjaga kelembapan kulit, mencerahkan kulit wajah, serta meningkatkan elastisitas kulit. 

  1. Vitamin E

Vitamin E dalam day cream anti aging memiliki manfaat, yakni mencegah dan mengatasi kerutan serta penuaan dini kulit wajah. Selain itu, vitamin E juga berperan dalam mengurangi kerusakan kulit karena sinar matahari. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dalam vitamin E. 

Disarankan untuk Anda juga menggunakan pelembab guna mencegah kulit menjadi lebih kering, ketika akan beraktivitas di luar rumah. Kulit yang kering akan mengakibatkan sel menjadi rentan mengalami kerusakan. Di mana dapat menyebabkan munculnya kerutan atau garis halus di kulit wajah Anda. Beberapa kebiasaan seperti merokok juga dapat meningkatkan risiko jaringan kulit Anda mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghentikan 

Dengan mengetahui kandungan yang ada dalam krim anti aging, maka sudah seharusnya Anda lebih bijak lagi ketika akan membeli dan menggunakan produk skincare anti aging. Tidak lupa untuk mengatur pola makan yang lebih sehat dan olahraga rutin karena kedua hal tersebut diyakini juga efektif untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sering Jadi Bagian Rutinitas Skincare, Berikut Ini Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

American Academy of Dermatology Association. How To Select Anti-Aging Skin Care Products. 

American Academy of Dermatology Association. Retinoid Or Retinol? 

Samaranayaka, S. DermNet New Zealand (2021). Topical Retinoids. 

Mayo Clinic (2021). Wrinkle Creams: Your Guide to Younger Looking Skin. 

Migala, J. Everyday Health (2021). 10 Ingredients that Can Help Fight Signs of Premature Skin Aging. 

Everyday Health. 7 Anti-Aging Skin Care Myths and Truths. 

Aswell, S. Healthline (2020). 6 Ways to Maximize Your Beauty Sleep for #WokeUpLikeThis Skin. 

Cherney, K. Healthline (2020). How Does Retinol Work on the Skin? 

Watson, K. Healthline (2019). How Can Vitamin E Oil Help the Appearance and Health of My Face? 

Whelan, C. Healthline (2018). Vitamin E and Your Skin, Friends Through Food.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang