Bantuan

Wajib Tahu! Inilah Urutan Skincare Pagi yang Benar

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Mar 2022

Bagikan

urutan skincare pagi

Urutan skincare pagi yang Anda lakukan tidak boleh acak, karena bisa menghilangkan manfaatnya. Skincare adalah rutinitas untuk merawat wajah, yang mana tidak boleh dilewatkan. Namun, tahukah Anda bahwa urutan skincare tidak bisa asal-asalan, yang mana ternyata ada aturannya. Hal ini agar skincare yang Anda gunakan dapat memberikan hasil manfaat yang maksimal. Menjaga kulit wajah yang awet muda dan tentu saja sehat, maka urutan pemakaian skincare haruslah benar. Anda perlu memerhatikannya agar jangan sampai salah menggunakannya. 

Urutan skincare pagi

Skincare pagi sangat penting untuk dilakukan, yang mana bertujuan guna melindungi kulit dari radiasi sinar UV matahari dan juga polusi udara. Di bawah ini adalah urutan skincare pagi yang benar:

  1. Sabun pembersih wajah (Cleansing wash)

Urutan pertama adalah mencuci wajah menggunakan cleansing wash atau cleansing foam. Langkah ini memiliki tujuan guna menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk semalaman ketika Anda tidur. Bila wajah Anda sudah bersih maka produk skincare yang selanjutnya, akan menjadi lebih mudah menempel lalu meresap dalam kulit wajah Anda. 

  1. Toner 

Urutan kedua adalah toner wajah, yang mana berfungsi untuk membantu mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih. Dimana masih mungkin menempel saat Anda membersihkan wajah sebelumnya. Jika Anda memiliki kulit berjerawat maka, dapat menggunakan toner dengan kandungan yang bisa membantu meredakan peradangan, mengempiskan jerawat, dan juga mencegah munculnya jerawat baru nantinya. Menggunakan toner juga bisa membantu mengembalikan pH kulit yang hilang ketika mencuci wajah. Tak sampai disitu, toner juga membantu mempersiapkan kulit Anda untuk produk skincare yang selanjutnya. 

Baca juga: Apakah Penggunaan Toner Penting? Ketahui Jawabannya di Sini!

  1. Essence

Cairan berbahan dasar air yang memiliki konsentrasi bahan aktif tinggi ini, menjadi urutan skincare pagi yang selanjutnya. Penggunaan essence bertujuan untuk melembabkan dan juga membantu skincare selanjutnya, guna bisa meresap lebih baik dalam kulit. Bukan hanya itu, essence juga membantu mencegah penuaan, menenangkan serta menutrisi kulit Anda. Ini karena adanya kandungan asam hialuronat, gliserin, dan juga vitamin C didalamnya. Penggunaan essence bisa dalam urutan pemakaian sesudah toner atau juga, sebelum penggunaan serum wajah. Caranya sangat mudah dimana Anda hanya harus menuangkan beberapa tetes essence di telapak tangan, kemudian oleskan ke seluruh wajah Anda. Dengan menepuk wajah secara perlahan.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Essence bagi Kulit Wajah? Ini Dia Manfaatnya

  1. Serum

Cairan yang memiliki tekstur ringan ini mengandung konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi. Dipercaya bahwa serum lebih efekstif untuk meresap ke dalam kulit wajah daripada krim wajah atau pelembab. Serum wajah bisa Anda tuangkan ke telapak tangan secukupnya, atau bisa lebih besar dari ukuran kacang polong. Kemudian, oleskan serum wajah tersebut ke seluruh permukaan kulit wajah dengan merata. Anda dapat menepuk-nepuk area wajah dan leher dengan perlahan, guna serum menyerap dengan maksimal ke dalam kulit. 

Baca juga: Mengenal Seluk-Beluk Manfaat Serum Berdasarkan Jenis-jenisnya

  1. Pelembab (Moisturizer)

Pelembab atau moisturizer adalah urutan skincare pagi yang selanjutnya. Pelembab ini berfungsi guna melembabkan kulit wajah dan juga membuat kulit menjadi halus. Untuk Anda yang memiliki kulit wajah kering maka bisa memilih pelembab, yang memiliki tekstur krim. Tekstur krim ini lebih tebal dan juga dapat digunakan oleh Anda yang memiliki kulit wajah normal maupun kombinasi. Sedangkan pelembab yang memiliki tekstur gel atau cair baik digunakan oleh Anda yang kondisi kulitnya berminyak. 

  1. Tabir surya (Sunscreen)

Selanjutnya adalah menggunakan sunscreen, yang tentunya menjadi wajib untuk Anda lakukan. Sunscreen berfungsi untuk membantu melindungi wajah, dari penuaan karena paparan sinar matahari. Disarankan untuk Anda menggunakan sunscreen dengan 30 SPF. Anda hanya perlu mengoleskan sunscreen ke seluruh permukaan kulit wajah, sambil memijat dengan gerakan memutar. Oleskan sunscreen 15 sampai 30 menit sebelum Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini agar sunscreen dapat dengan maksimal meresap ke dalam kulit wajah.

Sangat penting untuk Anda mengetahui urutan skincare pagi yang seharusnya, mulai dari penggunaan produk skincare bertekstur ringan sampai paling berat. Urutan yang telah dijelaskan diatas belum tentu sesuai dengan semua orang. Maka dari itu, perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah Anda. 

Baca juga: Jangan Sampai Terlewatkan, Ini Ragam Manfaat Penting Sunscreen untuk Kulit

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sangat Mudah Diterapkan, Berikut Urutan Skincare untuk Kulit Kering!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Healthline, order of skincare

Web md

Health harvard publishing

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang